Sukses

7 Resep Jus yang Bantu Menyehatkan Kulitmu dari Dalam

Jus yang terbuat dari paduan buah dan sayur segar merupakan makanan rendah kalori yang kaya akan nutrisi.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit yang sehat tentu merupakan dambaan setiap individu. Ketika kulit berada pada kondisi optimal, maka dapat menunjang penampilan yang menarik hingga dapat menjaga kesehatan mental pemiliknya.

Banyak cara untuk mendapatkan kulit yang sehat, seperti dengan melakukan perawatan (skincare) maupun menjaga makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang dikonsumsi akan memberikan pengaruh langsung kepada tubuh. Oleh karena itu, fokus pada pola makan dengan memperhatikan asupan nutrisi yang tepat merupakan hal yang penting jika ingin memiliki kulit yang sehat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuat jus atau smoothie.

Jus atau smoothie yang terbuat dari paduan buah dan sayur segar ini merupakan makanan rendah kalori yang kaya akan nutrisi. Selain itu, smoothie juga dapat menjadi pilihan sarapan atau cemilan yang tepat karena memiliki efek rasa kenyang yang lama.

Kombinasi smoothie yang seimbang dapat mengandung asupan nutrisi yang lengkap, mulai dari protein karbohidrat kompleks, lemak sehat, serta vitamin.

Nutrisi-nutrisi ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh kita dalam proses penyembuhan dan perawatan diri. Hal ini berkontribusi pada peningkatan kesehatan dan penampilan kulit kita.Berikut 7 resep jus yang dapat meningkatkan kesehatan kulitmu agar lebih optimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jus Daun Hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber karotenoid yang sangat baik. Karotenoid sendiri merupakan pigmen yang dapat memberikan manfaat langsung terhadap kulit karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Konsumsi vitamin A atau karotenoid ini tidak memiliki efek samping bagi tubuh, oleh sebab itu siapapun tidak perlu khawatir.

Untuk membuat jus daun hijau, kamu dapat mencampurkan satu cangkir daun kale dan bayam. Setelahnya, dapat ditambahkan beberapa daun mint, es batu, serta buah pilihan sebagai pemberi rasa manis alami.

2. Jus Jeruk dan Jahe

Seperti namanya, jus ini disiapkan dengan mencampurkan jeruk dan beberapa potongan jahe. Buah-buahan sitrus seperti jeruk dikenal dapat mendukung kesehatan kulit sebab kaya akan kandungan vitamin C.

Hal ini akan memberikan perlindungan lebih pada kulit yang terkena sinar UV. Di sisi lain, jahe yang memiliki rasa manis dan sedikit pedas, serta dapat membantu mengurangi peradangan kulit.

3 dari 4 halaman

3. Jus Bit dan Almond

Seperti vitamin A, vitamin E juga berperan mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Kandungan tersebut dapat kita temukan pada kacang almond.

Di sisi lain, bit dengan kandungan vitamin C yang tinggi dapat memberikan efek baik pula pada kulit. Dengan mencampurkan kedua hal ini, maka jus ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

4. Jus Apel dan Mint

Seperti namanya, jus ini terdiri dari campuran apel dan beberapa daun mint. Apel memiliki rasa manis yang menyenangkan, serta bersifat anti-inflamasi. Selain itu, apel juga mengandung pektin yang dapat membantu perkembangan bakteri baik pada usus.

Sedangkan daun mint dapat membersihkan pori-pori dari kotoran dan memberikan kulit warna yang lembut dan terhidrasi dengan baik. Selain itu, daun mint juga akan meningkatkan aliran darah ke kulit dan mengurangi tampilan garis halus dan kerutan.

5. Jus tomat

Vitamin C telah terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C merupakan zat kimia yang penting untuk kulit karena memiliki kandungan antioksidan yang berperan besar dalam pembentukan kolagen.

Namun, tahukah kamu bahwa jeruk bukanlah satu-satunya sumber vitamin C atau buah yang memiliki kandungan vitamin C paling baik. Selain jeruk, tomat juga kaya akan vitamin C dan antioksidan likopen yang membantu melindungi kulit dari sinar UV.

4 dari 4 halaman

6. Jus Semangka dan Jeruk Grapefruit

Menurut studi, jerawat rentan terjadi pada mereka yang kekurangan vitamin A. Untuk memenuhi nutrisi itu, kamu dapat mengkonsumsi semangka dan jeruk grapefruit sebagai sumber bagus dari vitamin A.

Meskipun tidak begitu umum, jeruk grapefruit memiliki bentuk seperti jeruk bali yang memiliki banyak manfaat untuk membantu melancarkan diet.

Selain semangka dan jeruk grapefruit, kamu juga dapat menambahkan bayam, alpukat, mangga, atau selada dalam jus ini. Dengan begitu, asupan vitamin A kamu dapat semakin meningkat.

7. Jus wortel dan Kunyit

Wortel memiliki kandungan vitamin dan mineral yang meningkatkan kesehatan kulit, termasuk biotin dan vitamin A. Apabila wortel dipadukan dengan sedikit kunyit, maka nutrisi yang diperoleh akan semakin maksimal. Diketahui kunyit memiliki anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat sehingga dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh.

Kurkumin, antioksidan kuat yang terdapat dalam kunyit, terbukti dapat mengurangi peradangan. Selain itu, hal ini juga dapat membantu merelaksasi kulit dan mengurangi bekas luka lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.