Sukses

Mengenal PFAS, 'Forever Chemicals’ dalam Makeup, Perlukah Khawatir?

PFAS sering dikenal di dalam makeup yang tidak gampang dihapus. Namun, apakah berbahaya? Cek faktanya.

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti sering mendengar kalimat, "Jika tidak bisa mengucapkannya, sebaiknya Anda tidak menggunakannya."

Hal ini dimaksudkan apabila ada istilah-istilah dalam produk tertentu yang dijual dan ternyata tidak familiar, sebaiknya tidak perlu digunakan. Kalimat itu sering sekali diucapkan oleh skincare dan makeup enthusiasts saat sedang me-review produk terbaru, terutama jika berkaitan dengan bahan kimia sintetis dan komponen lain yang terkandung di dalamnya.

Jadi bisa dikatakan kalau semakin panjang dan rumit nama bahannya, semakin besar kemungkinan produk tersebut mempunyai efek merusak pada kesehatan jangka panjang Anda. Termasuk salah satunya adalah mengenai kandungan PFAS yang dikenal juga sebagai 'forever chemical' dalam makeup. 

Dilansir dari Refinery29, Selasa (20/2/2024), tingkat paparan PFAS yang tinggi telah dikaitkan dengan cacat lahir, kanker, dan masalah tiroid pada manusia. Namun, apa sebenarnya forever chemical itu?

Lalu, apakah kita perlu khawatir terhadap bahaya kesehatan yang mungkin timbul dari penggunaan produk tersebut? Untuk itu, kita cek bersama-sama faktanya.

“PFAS, juga disebut polyfluorinated alkyl substances adalah bahan kimia multifungsi dengan beragam kegunaan,” jelas Esther Olu, ahli kimia kosmetik dan ahli kecantikan berlisensi.

Olu menambahkan bahwa bahan kimia ini digunakan di berbagai industri termasuk tekstil, pakaian, memasak, dan kosmetik. PFAS dipakai sebab tahan air dan minyak, sehingga sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Terkait kosmetik, kata Olu, PFAS lebih sering terlihat pada produk makeup yang tahan lama atau tahan air seperti maskara.

Dr. Emma Wedgeworth, konsultan dermatologis dan juru bicara British Skin Foundation, lebih lanjut menjelaskan bahwa bahan PFAS sering ditambahkan ke kosmetik untuk membantu memberikan kilau pada kulit atau untuk memperbaiki tekstur suatu produk, sehingga lebih mudah atau menyenangkan untuk digunakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Dimaksud dalam PFAS dalam Produk Kecantikan?

The US Food and Drug Administration (FDA) melaporkan bahwa PFAS yang umum digunakan dalam kosmetik meliputi: PTFE (polytetrafluoroethylene), perfluorooctyl triethoxysilane, perfluorononyl dimethicone, perfluorodecalin, dan perfluorohexane

Alasan mengapa PFAS disebut sebagai forever chemical, menurut The Cosmetic Regulator (pengatur produk kosmetik dan perawatan pribadi anonim yang berbasis di Inggris), adalah karena bahan-bahan tersebut terurai di lingkungan dengan sangat lambat.

“Ada sekitar 4.500 bahan kimia PFAS yang digunakan di berbagai industri,” kata The Cosmetic Regulator. “Dalam kosmetik hanya ada sembilan zat [PFAS] yang diizinkan untuk digunakan dalam produk kosmetik melalui peraturan kosmetik Inggris dan UE.”

Ini tidak berarti bahwa kesembilan bahan kimia PFAS digunakan dalam produk kosmetik.

“Zat-zat alternatif sebenarnya lebih banyak digunakan,” kata The Cosmetic Regulator, seraya menambahkan bahwa kesembilan zat ini juga ditinjau secara berkala oleh panel ahli yang terdiri dari regulator, ahli toksikologi, dan spesialis lingkungan.

Alasannya untuk memastikan keamanannya saat dimasukkan ke dalam makeup dan skincare favorit Anda yang tahan lama.​

3 dari 4 halaman

Perlukah Khawatir Terhadap PFAS dalam Produk Kecantikan?

Ahli Toksikologi terdaftar, Rani Ghosh, menunjukkan film dokumenter The Devil We Know yang menarik perhatian pada PFAS. Film dokumenter tersebut menyoroti dugaan pembuangan bahan kimia dengan konsentrasi sangat tinggi ke dalam air di West Virginia dari tahun 1950-an hingga awal 2000-an.

Investigasi tersebut dilakukan menyusul laporan adanya kelainan bentuk tubuh dan penyakit di kalangan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi dugaan pembuangan sampah.

Penelitian terbaru menemukan bahwa beberapa bahan kimia PFAS dimasukkan ke dalam produk kosmetik tertentu, sehingga tidak mengherankan jika kita merasa khawatir.

Ghosh mengatakan PFAS jarang digunakan dalam kosmetik, tapi bagaimana PFAS bisa sampai ke sana? Dia menjelaskan bahwa jika Anda melihat daftar INCI produk favorit Anda (daftar bahan), kemungkinan besar Anda tidak akan melihat PFAS tercantum di sana.

"'Ended up' belum tentu merupakan istilah yang tepat," jelas Olu, "karena istilah tersebut sengaja digunakan dalam formulasi, meskipun terkadang kontaminasi PFAS juga dapat terjadi."

Ghosh juga mengatakan bahwa PFAS terkadang bersifat sisa, artinya PFAS adalah bahan di dalam suatu bahan.

4 dari 4 halaman

Apakah PFAS Berbahaya Bagi Kesehatan?

Ghosh mengatakan kita tidak memiliki banyak penelitian mengenai PFAS mana yang aman atau berbahaya. Ia juga mengatakan tidak ada data yang menunjukkan bahwa hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan.

"Baik Ghosh maupun The Cosmetic Regulator mengatakan bahwa konsumen tidak perlu khawatir dengan zat PFAS dalam produk kosmetik. PFAS hadir dalam kosmetik dalam jumlah yang sangat rendah," kata Ghosh, sehingga tidak akan menimbulkan masalah kesehatan apa pun.

Ghosh, Olu, dan The Cosmetic Regulator semuanya sepakat bahwa dosislah yang menghasilkan racun. Regulator Kosmetik menyatakan bahwa saat ini, Inggris dan UE memiliki tinjauan keamanan yang ketat dan teratur, yang dilakukan ketika suatu zat (atau sekelompok zat) ditemukan mengkhawatirkan.

"Saya akan mengatakan tidak, Anda tidak perlu khawatir. Semua perusahaan layanan konsumen besar akan mematuhi peraturan kosmetik Eropa di Inggris dan Eropa. Itu adalah hukum," kata Ghosh.

Dia juga menambahkan bahwa Anda tidak diperbolehkan menjual produk yang tidak aman.

"PFAS atau tanpa PFAS, produk Anda pada dasarnya harus aman."

Rani mengatakan daerah lain tidak mengabaikan daftar bahan terlarang saat memformulasinya.

“Ilmu pengetahuan adalah sains, ke mana pun Anda pergi,” jelasnya. "Saya seorang ahli toksikologi dan saya telah bekerja secara global, mendukung peluncuran produk di Eropa dan Amerika. Kami tidak mengabaikan kerangka keselamatan yang ada di dunia."

Rani menambahkan bahwa AS secara khusus sedang menjalani pembaruan besar-besaran pada peraturan kosmetiknya, yang disebut Modernization of Cosmetics Regulation Act of 2022 (MoCRA).​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.