Sukses

5 Manfaat Mandi Bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Meski mandi menjadi rutinitas yang sering dilakukan individu, tapi banyak dari kita tidak mengetahui manfaat mandi untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Mandi menjadi salah satu rutinitas wajib yang dilakukan individu untuk menjaga kebersihan tubuh dan kesehatan kulit.

Jika Anda menjalani hari yang berat di tempat kerja atau sekadar ingin merasa lebih segar, mandi bisa menenangkan tubuh, pikiran dan jiwamu. 

Meski mandi menjadi rutinitas yang sering dilakukan individu, tapi banyak dari kita tidak mengetahui manfaat mandi untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat mandi, seperti melansir dari Bright Side, Senin (19/2/2024).

1. Membuatmu tetap bugar

Mandi air dingin bisa  membantu meningkatkan penurunan berat badan. Menurut klaim ini, sel lemak cokelat menghasilkan panas dengan membakar lemak ketika terkena kondisi dingin, seperti saat mandi.

2. Menurunkan gula darah

Mandi bisa menurunkan gula darah, terkadang lebih baik daripada olahraga. Meskipun hal ini bukan merupakan ajakan untuk tidak berolahraga, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika partisipan mandi air panas alih-alih berolahraga, kadar gula darah puncak individu setelah makan kira-kira 10% lebih rendah.

Meskipun reaksi total gula darah terhadap kedua aktivitas tersebut serupa, perlu disebutkan bahwa hal ini memiliki pengaruh yang besar terhadap kadar gula darah setelah makan. 

3. Meredakan kecemasan

Jika Anda mengalami hari yang buruk, salah satu solusi terbaik adalah mandi dalam waktu lama. Jika hal itu tidak memungkinkan, mandi air pasan sebentar saja sudah cukup.

Selain memberikan kulit bersih dan lembut, mandi air panas juga mampu mengurangi rasa cemas dan stres akibat pelepasan oksitosin. Hormon ini diketahui terkait dengan efek anti-stres. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Melemaskan otot-otot yang kaku

Terapi rumahan yang sederhana dan efektif untuk pemulihan otot adalah mandi air panas. Penelitian mengklaim mandi air panas bisa meredakan ketegangan otot di seluruh tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini menghasilkan otot yang lebih lentur dan rentang gerak yang lebih luas.

5. Meningkatkan ketahanan tubuh

Menurut sebuah penelitian, mandi air dingin sebelum berolahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan untuk berolahraga dengan tingkat intensitas yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang lama.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Kesehatan Jika Anda Mandi di Malam Hari

Dermatologis merekomendasikan untuk menghabiskan sekitar 5 hingga 10 menit sehari untuk mandi. Meskipun sebagian dari kita tidak dapat membayangkan menghadapi hari tanpa mandi pagi hari, sebagian lainnya lebih memilih untuk menghilangkan stres sehari-hari dengan mandi malam hari.

Meskipun waktu mandi tergantung pada preferensi pribadi Anda, mereka yang memilih melakukannya di malam hari sebenarnya dapat memperoleh lebih banyak manfaat kecantikan dan kesehatan.

Kalian bisa mempertimbangkan untuk mengubah beberapa kebiasaan mandi setelah melakukan penelitian ini. Ternyata, ada banyak manfaat mandi malam bagi kesehatan dan penampilan Anda. Dilansir dari Brightside, Rabu (20/12/2023) berikut ini deretan manfaat yang kalian dapat jika mandi di malam hari.

1. Bisa membantu Anda tertidur lebih cepat

Mandi malam membuat tubuh dan pikiran Anda rileks, dan jika Anda melakukannya pada waktu yang tepat, itu juga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Mandi 90 menit sebelum tidur dengan air hangat dapat membantu Anda tertidur 10 menit lebih cepat dari biasanya. Hal ini terjadi karena air hangat sedikit menurunkan suhu tubuh, yang pada gilirannya mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa sudah waktunya tidur.

2. Lebih baik untuk kulit Anda

Mandi sebelum tidur juga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Rambut kita mengumpulkan bakteri dan penumpukan produk sepanjang hari, dan saat kepala Anda menyentuh bantal, semua kotoran ini berpindah ke sarung bantal, dan kemudian ke wajah Anda.

Karena kulit kita beregenerasi saat kita tidur, tidur dengan kulit yang bersih dan segar juga berarti sel-sel kulit baru Anda akan sehat.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.