Sukses

6 Manfaat Kesehatan Jika Anda Mandi di Malam Hari

Ternyata, ada banyak manfaat mandi malam bagi kesehatan dan penampilan Anda, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Dermatologis merekomendasikan untuk menghabiskan sekitar 5 hingga 10 menit sehari untuk mandi. Meskipun sebagian dari kita tidak dapat membayangkan menghadapi hari tanpa mandi pagi hari, sebagian lainnya lebih memilih untuk menghilangkan stres sehari-hari dengan mandi malam hari.

Meskipun waktu mandi tergantung pada preferensi pribadi Anda, mereka yang memilih melakukannya di malam hari sebenarnya dapat memperoleh lebih banyak manfaat kecantikan dan kesehatan.

Kalian bisa mempertimbangkan untuk mengubah beberapa kebiasaan mandi setelah melakukan penelitian ini. Ternyata, ada banyak manfaat mandi malam bagi kesehatan dan penampilan Anda. Dilansir dari Brightside, Rabu (20/12/2023) berikut ini deretan manfaat yang kalian dapat jika mandi di malam hari.

1. Bisa membantu Anda tertidur lebih cepat

Mandi malam membuat tubuh dan pikiran Anda rileks, dan jika Anda melakukannya pada waktu yang tepat, itu juga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Mandi 90 menit sebelum tidur dengan air hangat dapat membantu Anda tertidur 10 menit lebih cepat dari biasanya. Hal ini terjadi karena air hangat sedikit menurunkan suhu tubuh, yang pada gilirannya mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa sudah waktunya tidur.

2. Lebih baik untuk kulit Anda

Mandi sebelum tidur juga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Rambut kita mengumpulkan bakteri dan penumpukan produk sepanjang hari, dan saat kepala Anda menyentuh bantal, semua kotoran ini berpindah ke sarung bantal, dan kemudian ke wajah Anda. Karena kulit kita beregenerasi saat kita tidur, tidur dengan kulit yang bersih dan segar juga berarti sel-sel kulit baru Anda akan sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Dapat meredakan alergi

Jika Anda menderita alergi musiman, mandi malam dapat membantu meringankan gejalanya. Berada di luar berarti alergen, seperti serbuk sari dan debu, akan mengenai kulit dan pakaian Anda, dan kecuali Anda mandi sebelum tidur, alergen tersebut mungkin akan menempel di tempat tidur Anda. Jika Anda memiliki kebiasaan mandi di pagi hari, pertimbangkan untuk mengubah rutinitas Anda dan mandi malam untuk menghindari gejala yang tidak menyenangkan.

3 dari 5 halaman

4. Rambut Anda akan lebih sehat

Jika Anda mencuci rambut di malam hari, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengeringkannya secara alami. Hal ini, pada gilirannya, akan membuat rambut Anda berkilau dan berkilau lebih lama, karena membantu mengunci kelembapan. Mengeringkan rambut secara terburu-buru di pagi hari dapat merusak helaian rambut, membuatnya lemah dan kusam.

4 dari 5 halaman

5. Membantu melawan keringat berlebih

Meskipun mandi pagi adalah cara yang bagus untuk menyegarkan diri sebelum menghadapi hari, mandi di malam hari sebenarnya dapat membantu Anda mencegah bau badan. Mandi air dingin sebelum tidur mungkin bisa membantu mengurangi keringat malam yang banyak diderita orang.

5 dari 5 halaman

6. Membantu mencegah kram otot

Jika otot Anda terasa nyeri dan pegal setelah seharian bekerja, mandi air hangat dapat membantu meredakan sensasi tidak menyenangkan tersebut. Saat air hangat mengenai tubuh Anda, ini membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan kualitas tidur malam. Mandi air hangat juga dapat mencegah kram kaki di malam hari, suatu kondisi umum yang memengaruhi hingga 60 persen orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.