Sukses

5 Buah Kering yang Bisa Bantu Penurunan Berat Badan, Cocok Buat Diet

Untuk menurunkan berat badan, perubahan kecil dalam gaya hidup Anda dapat memainkan peran yang besar. Makan segenggam buah kering dapat membantu dalam mencapai hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sampai saat ini masih semangat untuk berdiet? Sudah melakukan apa saja untuk mencapai berat ideal? 

Nah, sudah tahu belum jika ada satu tambahan kecil pada diet Anda yang dapat membawa hasil besar? Salah satu caranya yaitu dengan memasukkan buah-buahan kering ke dalam rutinitas pagi atau malam harimu.

Selama melakukan penurunan berat badan, menyiapkan camilan yang sehat rasanya lebih sulit daripada menyiapkan makanan sehari-hari. Sebab, apa yang dikonsumsi juga akan memengaruhi kalori dan bisa saja dapat menggagalkan upaya Anda berdiet dan gaya hidup kembali menjadi tidak sehat.

Oleh karenanya, cobalah untuk mengonsumsi buah kering. Sebab, melansir dari Hindustan Times, Kamis (15/2/2024), mengonsumsi buah-buahan kering mulai dari almond, walnut, pistachio, hingga kismis dapat berperan penting dalam mencegah rasa lapar, kesehatan pencernaan, dan pengelolaan kalori.

Hal ini juga dapat membantu mengendalikan lonjakan gula darah. Tidak hanya itu, buah-buahan kering juga bermanfaat untuk kesehatan tulang, daya ingat, rambut, kulit, dan juga dalam pencegahan kanker. Mereka kaya akan serat dan mikronutrien yang dapat menjaga otak tetap tajam dan kesehatan tubuh. 

Meskipun padat kalori, buah-buahan memberikan nutrisi penting, lemak sehat, dan serat, sehingga meningkatkan rasa kenyang. Menggabungkan almond, kenari, atau kacang-kacangan dalam jumlah sedang ke dalam makananmu dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan.

Lalu, lemak sehat dalam buah-buahan kering berkontribusi pada peningkatan metabolisme dan tingkat energi, mendukung gaya hidup aktif. Selain itu, kandungan serat membantu pencernaan dan membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, mengurangi kemungkinan dari ngemil yang tidak sehat, dan sangat cocok untuk penurunan berat badan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buah Kering untuk Menurunkan Berat Badan

Penasaran apa saja buah kering yang cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan? Ini dia daftar buah-buahan kering yang bisa mempercepat penurunan berat badan Anda:

1. Biji chia

Biji kecil ini mengembang di dalam air atau cairan, sehingga bisa menciptakan rasa kenyang dan membantu pencernaan. Maka dari itu, biji chia sangat bagus untuk dijadikan sebagai tambahan untuk diet dalam penurunan berat badan.

Selain itu, karena kaya serat, antioksidan, mineral, dan asam lemak omega-3, biji chia dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Termasuk juga bermanfaat untuk pencernaan dan kesehatan usus.

2. Camilan rumput laut

Rendah kalori dan tinggi nutrisi, camilan rumput laut menawarkan kerenyahan yang memuaskan sekaligus menyediakan mineral penting, sehingga dapat mendukung pengelolaan berat badan.

3 dari 3 halaman

3. Kacang almond

Dikemas dengan protein dan lemak sehat, almond membuat Anda kenyang, mengekang nafsu makan, dan mendorong penurunan berat badan.

Selain itu, kacang almond juga membantu mengurangi kolesterol, mengatur gula darah dan juga membantu mengendalikan tekanan darah. Segenggam almond yang direndam atau dipanggang merupakan bagian penting dari diet seimbang.

4. Buah-buahan kering lainnya

Pilihlah buah-buahan kering seperti aprikot atau kismis. Buah ini memberikan rasa manis dan serat alami, membantu mengendalikan rasa lapar dan mencegah makan berlebihan.

5. ⁠Tomat yang dijemur

Tomat yang dijemur rendah kalori dan tinggi antioksidan. Mereka dapat meningkatkan cita rasa hidangan tanpa menambah kalori ekstra, sehingga sangat bagus dalam mendukung diet untuk penurunanan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.