Sukses

Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Minum Kopi Saat Perut Kosong

Kopi menjadi salah satu minuman yang disukai oleh masyarakat. Namun, para ahli mengatakan bahwa jika Anda minum kopi saat perut kosong, ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Selain air putih, kopi menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Setidaknya, mereka meminum satu cangkir kopi setiap harinya. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meminum kopi setiap hari dapat membantu mencegah penyakit kronis, bahkan menurunkan risiko kematian dini.

Namun, para ahli mengatakan bahwa jika Anda minum kopi saat perut kosong, ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan bagi kesehatan lambung Anda.

Dilansir dari Best Life, Senin (22/1/2023), seorang dokter spesialis penyakit dalam di Columbisa Primary Care, Chantel Strachan, mengatakan bahwa beberapa orang yang secara naluriah meminum kopi di pagi hari mungkin mengalami serangkaian gejala yang tidak menyenangkan.

Beberapa minuman tertentu dapat memicu naiknya asam lambung dan mulas sehingga menyebabkan rasa sakit yang membakar di dada dan perut bagian atas. Bagi banyak orang, kopi memiliki efek seperti ini.

"Kopi berkontribusi terhadap peningkatan produksi asam di lambung dan dapat mengendurkan penghalang yang disebut juga sfingter yang memisahkan lambung dan kerongkongan," jelas Strachan. Hal ini dapat menyebabkan tingkat asam, yang menghasilkan sensasi mulas.

Bahkan bagi sebagian orang, refluks kronis dapat meningkatkan risiko berkembangnya esofagus barrett- suatu kondisi di mana lapisan esofagus menjadi rusak, menebal, dan meradang akibat refluks asam.

Meskipun hal ini jarang terjadi, esofagus barret dapat berkembang menjadi kanker esofagus dalam beberapa kasus. Namun, hal ini belum tentu terbukti berhubungan langsung dari mengonsumsi kopi saat perut kosong, catat dokter tersebut.

"Namun, tidak semua orang yang meminum kopi saat perut kosong akan merasakan dampaknya. Banyak orang menikmati kopi di pagi hari dan tidak menunjukkan gejala. Penggunaan bahan pencampur, seperti krimer atau susu dapat membantu mengurangi potensi peningkatan produksi asam yang terkait dengan kopi," kata Strachan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Selalu Buruk, Kopi Juga Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

Strachan mengatakan bahwa sebelum Anda merubah kebiasaan meminum kopi di pagi hari, perlu diketahui bahwa kopi memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan berbagai jenis kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi juga dapat menurunkan risiko penyakit Parkinson, mencegah penyakit Alzheimer, memerangi obesitas, melindungi hati, dan beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Daripada menghentikan atau bahkan menguranginya, sarapan sedikit sebelum meminum kopi akan membantu melindungi sistem lambung Anda dari asam lambung. Namun, Strachan mengingatkan pentingnya untuk melihat reaksi tubuh Anda.

"Jika mengonsumsi kopi di pagi hari menimbulkan gejala buruk pada pecernaan Anda,, maka sebaiknya hentikan," sarannya. Namun, jika mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari tidak menimbulkan gejala pada pencernaan, tidak mengapa jika Anda ingin mengonsumsinya setiap hari.

3 dari 4 halaman

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Meminum Kopi di Pagi Hari

1. Sarapan

Tubuh setiap orang berbeda, dan banyak orang dapat meminum kopi dengan perut kosong tanpa mengalami konsekuensi apa pun. Namun, beberapa orang lainnya yang minum kopi pertama kali di pagi hari mengalami tingkat keasaman yang lebih tinggi di perut dan kerongkongan, yang dapat menyebabkan refluks.

Oleh karena itu, penting untuk sarapan sebelum minum kopi. Sarapan di pagi memberikan nutrisi dan energi penting, menstabilkan kadar gula darah, mendukung fungsi kognitif, dan membantu menghindari potensi ketidaknyamanan pencernaan yang mungkin dialami beberapa orang saat perut kosong. 

2. Minum Air Putih

Ketika sedang menikmati secangkir kopi di pagi hari, seringkali kita tidak menyadari perlunya menjaga hidrasi dengan cara lain. Meskipun konsumsi kopi dan minuman berkafein lainnya dihitung sebagai bagian dari asupan cairan total Anda, tetapi air putih tetap menjadi metode terbaik untuk menjaga tingkat hidrasi Anda tetap optimal.

Mengonsumsi air putih di pagi hari dapat membantu merehidrasi tubuh Anda, meningkatkan metabolisme, membantu pencernaan, dan mencegah dehidrasi yang disebabkan oleh efek diuretik kopi.

3. Berolahraga

Berolahraga di pagi hari sebelum meminum kafein dapat memberikan keuntungan seperti meningkatkan sirkulasi, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan suasana hati, dan berpotensi meningkatkan efek pembakaran lemak dengan memanfaatkan simpanan energi tubuh secara lebih efisien.

Berolahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan tingkat energi dan fokus sepanjang hari, sehingga dapat mengganti secangkir kopi dengan aktivitas fisik yang membantu mengurangi asupan kafein Anda.

4 dari 4 halaman

4. Sikat Gigi

Terdapat perdebatan mengenai apakah lebih baik menyikat gigi sebelum atau sesudah minum kopi, tetapi banyak ahli yang menyarankan untuk menyikat gigi terlebih dahulu dan menunggu setidaknya 30 menit sebelum menikmati secangkir kopi pertama di pagi hari.

Disarankan untuk menyikat gigi sebelum meminum kopi untuk menghilangkan plak dan bakteri, sehingga mengurangi risiko noda pada gigi.

5. Pertimbangkan Kesehatan dan Kondisi Anda

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu dan rutin mengonsumsi obat di pagi hari, Anda harus berdiskusi dengan dokter apakah obat tersebut dapat dikonsumsi bersamaan dengan kopi atau tidak.

Jika Anda mengidap diabetes atau kondisi lain yang memengaruhi gula darah, penting untuk memeriksa kadar gula Anda di pagi hari jika Anda mengonsumsi kopi karena kafein dapat berdampak pada kadar gula darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.