Sukses

Tanpa Direbus Terlebih Dahulu, Begini Cara Mudah Bikin Singkong Goreng Renyah, Merekah dan Gurih

Coba cara simpel berikut ini untuk bikin singkong goreng gurih, renyah dan merekah.

Liputan6.com, Jakarta Singkong goreng adalah camilan dengan tekstur renyah dan cita rasa yang menggugah selera. Kelezatan cemilan gurih ini cocok disantap dalam berbagai situasi, bukan hanya sebagai camilan santai, tapi juga sebagai pengganti nasi yang mengenyangkan.

Dalam proses pembuatannya, singkong tidak langsung digoreng tanpa melalui tahap pengolahan awal untuk mencapai tekstur empuk. Umumnya, langkah yang diambil untuk membuat singkong empuk adalah dengan merebusnya terlebih dahulu. Meskipun merebus singkong bisa memberikan tekstur empuk, cara ini sering memakan waktu lama dan banyak gas. Selain itu, penggunaan peralatan dapur yang banyak juga bisa menumpuk cucian piring.

Padahal, untuk mendapatkan tekstur singkong yang empuk, tidak selalu harus merebus. Ada cara lain yang bisa diterapkan agar singkong tetap empuk, renyah, dan berkulit renyah. Salah satu cara ini dibagikan oleh pengguna TikTok dengan akun @yuk_masakkk melalui video.

Dalam video tersebut, diungkapkan bahwa singkong hanya perlu digoreng, tetapi untuk mencapai tingkat keempukan yang optimal, singkong tersebut digoreng dua kali. Selama proses penggorengan, singkong direndam dengan bumbu di antara dua kali penggorengan untuk mendapatkan kelezatan yang maksimal.

Yuk simak informasi selengkapnya, dirangkum dari salah satu pengguna TikTok, @yuk_masakkk, pada Senin (08/01/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Langkah Pertama

Persiapkan singkong terlebih dahulu, sebaiknya pilih singkong yang masih segar agar cepat empuk dan renyah. Selanjutnya, lakukan kupas kulit dan potong-potong singkong menjadi beberapa bagian. Pastikan membersihkan singkong dengan mencucinya dan menggosok bagian luarnya untuk menghindari rasa pahit.

3 dari 12 halaman

Langkah Kedua

Setelah itu, siapkan bumbu marinasi. Dalam video TikTok tersebut, pengguna menggunakan 4 siung bawang putih yang dihaluskan.

4 dari 12 halaman

Langkah Ketiga

Selanjutnya, masukkan bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam mangkuk yang berisi air dingin. Selain bawang putih, tambahkan pula garam, micin, dan ketumbar bubuk sesuai dengan selera Anda. Aduk hingga merata.

5 dari 12 halaman

Langkah Keempat

Dalam panci, tuangkan minyak secukupnya dan panaskan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan singkong yang telah dicuci bersih sebelumnya. Goreng singkong hingga berwarna kuning, pastikan untuk membalik-balik singkong.

6 dari 12 halaman

Langkah Kelima

Setelah itu, angkat dan tiriskan singkong. Sesaat setelah ditiriskan, celupkan singkong ke dalam wadah yang berisi air bumbu yang telah disiapkan. Aduk-aduk dan rendam singkong hingga merekah.

Biasanya, singkong akan segera merekah karena perbedaan suhu yang signifikan dari proses penggorengan ke air dingin. Inilah yang juga membuat singkong semakin empuk.

7 dari 12 halaman

Langkah Keenam

Setelah beberapa bagian singkong merekah, angkat dan pindahkan ke dalam wadah lain. Jika masih ada bagian yang masih keras, rendam lebih lama.

8 dari 12 halaman

Langkah Ketujuh

Setelah itu, lakukan penggorengan kedua pada singkong yang telah direndam tadi dalam wajan berisi minyak panas. Goreng singkong dengan api kecil hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan.

9 dari 12 halaman

Langkah Kedelapan

Terakhir, setelah singkong matang, angkat dan tiriskan. Singkong yang telah digoreng dapat langsung disajikan dan dinikmati bersama sambal atau saus sesuai selera.

10 dari 12 halaman

Apakah Singkong Bisa Dikonsumsi Secara Langsung?

Riset dari Frontiers in plant science (2017) menyarankan untuk menghindari konsumsi singkong mentah karena terdapat kandungan racun sianida yang dapat berakibat fatal. Penelitian lain menyatakan bahwa singkong dapat menyerap racun tanah jika ditanam di daerah industri.

11 dari 12 halaman

Kenapa Singkong Harus Direndam Dulu?

Sebelum dikukus atau direbus, singkong bisa direndam terlebih dahulu untuk mempercepat proses pemasakannya. Lamanya perendaman dapat disesuaikan sekitar 15 menit atau disesuaikan dengan kebutuhan.

12 dari 12 halaman

Berapa Kalori Dalam Singkong Goreng?

Jumlah kalori pada 100 gram ubi rebus adalah sebanyak 100 kkal. Sedangkan, kalori pada 100 gram singkong goreng mencapai 197,2 kkal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.