Sukses

6 Misteri Sejarah yang Akhirnya Dipecahkan Ilmuwan di Tahun 2023

Berikut 6 misteri sejarah yang akhirnya dipecahkan ilmuwan di tahun 2023

Liputan6.com, Jakarta Sains merevolusi pemahaman kita tentang masa lalu. Paleogenetika mengungkap rahasia menakjubkan dari DNA yang tersembunyi di tulang dan kotoran. Kecerdasan buatan menerjemahkan teks-teks kuno yang ditulis dalam aksara yang terlupakan. 

Analisis kimia terhadap residu molekuler yang tertinggal pada gigi, panci masak, pembakar dupa, dan bahan bangunan mengungkapkan rincian tentang pola makan, bau, dan teknik konstruksi di masa lalu.

Berikut 6 misteri sejarah manusia yang berhasil dipecahkan para ilmuwan pada tahun 2023 seperti dihimpun dari berbagai sumber:

1. Penampakan sebenarnya dari Ötzi si Manusia Es

Para pendaki menemukan tubuh mumi Otzi di selokan tinggi di Pegunungan Alpen Italia pada tahun 1991. Jenazahnya yang membeku mungkin merupakan temuan arkeologis yang paling banyak dipelajari di dunia, mengungkap dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya seperti apa kehidupan 5.300 tahun yang lalu.

Isi perutnya memberikan informasi tentang apa makanan terakhirnya dan dari mana asalnya, sementara senjatanya menunjukkan bahwa dia tidak kidal, dan pakaiannya memberikan gambaran langka tentang apa yang sebenarnya dikenakan orang-orang zaman dahulu.

Namun analisis baru terhadap DNA yang diambil dari panggul Ötzi mengungkapkan pada bulan Agustus bahwa penampilan fisiknya tidak seperti yang diperkirakan para ilmuwan.

Studi tentang susunan genetiknya menunjukkan bahwa Ötzi si Manusia Es memiliki kulit gelap dan mata gelap - dan kemungkinan besar botak. Penampilan yang direvisi ini sangat kontras dengan rekonstruksi terkenal Ötzi yang menggambarkan seorang pria berkulit pucat dengan rambut lebat dan janggut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Bahan di balik kekuatan beton Romawi yang legendaris

Beton Romawi telah terbukti lebih tahan lama dibandingkan beton modern, yang dapat rusak dalam beberapa dekade. Ambil contoh, Pantheon di Roma, yang memiliki kubah tanpa perkuatan terbesar di dunia.

Para ilmuwan di balik penelitian yang diterbitkan pada bulan Januari mengatakan mereka telah menemukan bahan misterius yang memungkinkan orang-orang Romawi membuat bahan konstruksi mereka begitu tahan lama dan membangun struktur yang rumit di tempat-tempat yang menantang seperti dermaga, selokan, dan zona gempa.

Tim peneliti menganalisis sampel beton berusia 2.000 tahun yang diambil dari tembok kota di situs arkeologi Privernum di Italia tengah dan memiliki komposisi yang mirip dengan beton lain yang ditemukan di seluruh Kekaisaran Romawi.

Mereka menemukan bahwa bongkahan putih pada beton, yang disebut sebagai klas kapur, memberi beton kemampuan untuk menyembuhkan retakan yang terbentuk seiring waktu. Bongkahan putih sebelumnya telah diabaikan sebagai bukti pencampuran yang ceroboh atau bahan mentah berkualitas buruk.

 

3 dari 6 halaman

3. Identitas sebenarnya dari seorang pemimpin prasejarah

Terkubur bersama belati kristal spektakuler dan artefak berharga lainnya, kerangka berusia 5.000 tahun yang ditemukan pada tahun 2008 di sebuah makam dekat Seville, Spanyol, jelas pernah menjadi seseorang yang penting.

Individu tersebut awalnya dianggap seorang pria muda, berdasarkan analisis tulang panggul, cara tradisional para ilmuwan menentukan jenis kelamin sisa-sisa kerangka manusia.

Namun, analisis email gigi, yang mengandung sejenis protein dengan peptida khusus jenis kelamin yang disebut amelogenin, menentukan bahwa sisa-sisa tersebut adalah perempuan, bukan laki-laki.

Dalam penelitian lain, teknik ini juga menghilangkan klise “manusia sebagai pemburu” yang telah memberikan banyak informasi tentang manusia purba.

“Teknik ini, menurut kami, akan membuka era baru dalam analisis organisasi sosial masyarakat prasejarah,” kata Leonardo García Sanjuán, profesor prasejarah di Universitas Seville, kepada CNN pada bulan Juli ketika penemuan tersebut dipublikasikan.

 

4 dari 6 halaman

4. Pemakai liontin berusia 20.000 tahun terungkap

Para arkeolog sering kali menemukan perkakas tulang dan artefak lain dari situs kuno, namun sulit mengetahui secara pasti siapa yang pernah menggunakan atau memakainya.

Awal tahun ini, para ilmuwan menemukan DNA manusia purba dari liontin yang terbuat dari tulang rusa yang ditemukan di Gua Denisova di Siberia. Dengan petunjuk tersebut, mereka dapat mengungkap bahwa pemakainya adalah seorang wanita yang hidup antara 19.000 dan 25.000 tahun yang lalu.

Dia termasuk dalam kelompok yang dikenal sebagai Eurasia Utara Kuno, yang memiliki hubungan genetik dengan orang Amerika pertama.

DNA manusia kemungkinan besar terawetkan dalam liontin tulang rusa karena berpori sehingga lebih mungkin menyimpan materi genetik yang ada dalam sel kulit, keringat, dan cairan tubuh lainnya.

Tidak diketahui mengapa liontin gigi rusa itu mengandung DNA wanita purba dalam jumlah begitu besar (kira-kira sama jumlahnya dengan gigi manusia). Mungkin liontin tersebut sangat disukai dan dikenakan di dekat kulit dalam jangka waktu yang sangat lama, kata Elena Essel, ahli biologi molekuler di Institut Max Planck untuk Antropologi Evolusioner di Leipzig, Jerman, yang mengembangkan teknik baru untuk mengekstraksi DNA.

 

5 dari 6 halaman

5. Gulungan kuno yang rusak dan diterjemahkan oleh AI

Sekitar 1.100 gulungan terbakar hingga hangus selama letusan Vesuvius yang terkenal hampir 2.000 tahun yang lalu. Pada tahun 1700-an, beberapa penggali yang giat menemukan timbunan besar gulungan tertimbun lumpur vulkanik.

Koleksinya, yang dikenal sebagai gulungan Herculaneum, mungkin merupakan perpustakaan terbesar yang diketahui dari zaman klasik namun isi dokumen rapuh tersebut tetap menjadi misteri sampai seorang mahasiswa ilmu komputer Universitas Nebraska memenangkan kontes ilmiah awal tahun ini.

Dengan bantuan kecerdasan buatan dan pencitraan dengan tomografi terkomputerisasi, Luke Farritor adalah orang pertama yang memecahkan kode kata yang ditulis dalam bahasa Yunani kuno pada salah satu gulungan yang menghitam itu.

Farritor dianugerahi US $40.000 karena berhasil mengartikan kata “πορφυρας” atau “porphyras,” yang merupakan kata Yunani untuk ungu. Para peneliti berharap tidak akan lama lagi seluruh gulungan dapat diuraikan menggunakan teknik ini.

 

6 dari 6 halaman

6. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mumi

Dari pecahan pot yang dibuang di bengkel pembalseman, para ilmuwan telah menemukan beberapa bahan dan ramuan yang digunakan orang Mesir kuno untuk membuat mumi orang mati.

Dengan menganalisis secara kimiawi residu organik yang tertinggal di dalam bejana, para peneliti menentukan bahwa orang Mesir kuno menggunakan berbagai macam zat untuk mengurapi tubuh setelah kematian, untuk mengurangi bau tidak sedap dan untuk melindunginya dari jamur, bakteri, dan pembusukan. 

Bahan yang diidentifikasi termasuk minyak nabati seperti juniper, cemara dan cedar, serta resin dari pohon pistachio, lemak hewani, dan lilin lebah.

Meskipun para sarjana sebelumnya telah mempelajari nama-nama zat yang digunakan untuk membalsem orang mati dari teks-teks Mesir, mereka – sampai saat ini – hanya mampu menebak dengan tepat senyawa dan bahan apa yang mereka maksud.

Bahan-bahan yang digunakan dalam bengkel tersebut bervariasi dan bersumber tidak hanya dari Mesir, tetapi juga dari tempat yang lebih jauh, sehingga menunjukkan adanya pertukaran barang jarak jauh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.