Sukses

5 Tanda Anda Berada di Pertemanan yang Salah, Jangan Diabaikan

Banyak teman belum tentu merasa Anda lebih baik. Cek tanda-tanda kalau pertemanan Anda ternyata membuat Anda terlihat buruk.

Liputan6.com, Jakarta Memang jika membicarakan tentang hubungan, terutama hubungan pertemanan orang dewasa, tentunya kita berharap bisa bertemu dengan mereka yang bisa berbagi pandangan serta pengalaman yang kurang lebih sama.

Termasuk teman tersebut mampu membawa kita ke arah kesuksesan yang lebih baik dari sebelumnya. Selain tentunya, pertemanan ini bisa berlangsung dalam jangka panjang hingga tua nanti.

Namun sayangnya, tidak semua hal bisa sesuai dengan apa yang kita ekspektasikan. Seperti misalnya, Anda mungkin akan bertanya-tanya apakah teman-teman yang dimiliki saat ini sudahkah tepat atau belum untuk Anda pribadi. Sebab, bukan tidak mungkin sebenarnya Anda pun menjalani pertemanan beracun dan tidak menyadari hal tersebut.

Maka, untuk menghindari hal tersebut, coba cek lima tanda Anda sedang dikelilingi oleh orang yang salah, seperti yang sudah kami himpun dari Hack Spirit, Kamis (21/12/2023) sebagaimana berikut.

1. Mereka Tidak Memberikan Inspirasi untuk Anda

Peer pressure teman sebaya adalah hal yang sangat kuat. Jika semua orang di kelompok teman Anda belajar dengan giat agar bisa menyelesaikan ujiannya dengan baik, kemungkinan besar Anda akan bergabung karena Anda ingin mengikutinya.

Tidak ada seorang pun yang ingin menjadi orang aneh.

Sayangnya, logika yang sama juga berlaku sebaliknya. Jika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang malas dalam hidup, tidak pernah berusaha mencapai tujuan apa pun, dan mencemooh ambisi Anda, kemungkinan besar Anda akan menyerah pada impian Anda karena Anda hanya ingin menyesuaikan diri.

Padahal, Anda berhak mendapatkan teman yang memotivasi Anda untuk berbuat lebih baik dan mendukung Anda. Tidak semua teman Anda harus menjadi mesin produktivitas sukses yang memimpin dengan memberi contoh. Namun masing-masing harus mendukung Anda dalam mencapai potensi penuh Anda, apa pun kondisinya.

Persahabatan itu tentang saling mengangkat, bukan menjatuhkan satu sama lain.​

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Anda Hanya Nongkrong Demi Kenyamanan

Seperti yang kita tahu, persahabatan juga harus mempunyai tujuan. Tentu saja hal ini bukan bermaksud untuk mengatakan bahwa setiap teman adalah alat untuk mencapai tujuan. Namun, tentunya kenyamanan saja tidak akan menghasilkan ikatan yang kuat.

Pasti Anda pernah mempunyai pengalaman dengan seseorang yang sering bergaul dengan Anda. Kalian sering melakukan diskusi panjang yang menarik, menikmati menghabiskan waktu bersama, dan bahkan merasa cukup terinspirasi oleh kepribadian satu sama lain.

Rasanya seperti sudah menemukan anggota keluarga baru saat dewasa. Namun rupanya dia tidak merasakan hal yang sama seperti yang Anda rasakan.

Di mana saat Anda meminta bantuan kepadanya, dia justru menolak dengan keras. Padahal, apa yang diminta pun berupa hal-hal sederhana dan tidak akan menganggunya sepanjang waktu. Saat itulah Anda tahu persahabatan ini akhirnya bisa hancur.

3 dari 5 halaman

3. Terikat dengan Hal-hal yang Negatif

Menjalani hubungan pertemanan harusnya membawa ke arah yang lebih baik dan bukan sebaliknya. Namun ada kalanya, Anda menyadari bahwa hubungan yang sedang Anda lakukan dengan teman Anda justru dihubungkan dengan hal-hal yang berbau negatif.

Apakah Anda selalu mengeluh saat bersama sehingga dunia tiba-tiba menjadi abu-abu? Apakah Anda bergosip tentang orang lain selama berjam-jam karena tidak ada hal lain yang perlu dibicarakan? Apakah Anda terikat pada seberapa besar Anda membenci sesuatu tetapi jarang membicarakan hal-hal yang Anda sukai?

Walaupun kedengarannya seperti persahabatan Anda mendengarkan dengan baik, tapi ini juga bisa menjadi hal-hal yang negatif. Hubungan seperti ini tidak hanya cenderung tidak bertahan lama, tapi juga beracun.

4 dari 5 halaman

4. Anda Merasa Lelah Setelah Bertemu Mereka

Apa yang Anda rasakan setelah bertemu dengan teman-teman selama beberapa jam dan pulang ke rumah? Seharusnya merasa bahagia dan senang luar biasa. Lantaran Anda tidak hanya saling berbagi cerita satu sama lain dan mendapatkan semua energi positif yang ditukarkan bersama-sama.

Akan tetapi, tidak semua teman bisa seperti ini. Terkadang, Anda mungkin akan merasakan rasa sangat lelah setelah berinteraksi dengan mereka sehingga menghindari semua sosialisasi selama seminggu ke depan. Bisa jadi Anda pun tidak menyadarinya karena mereka sudah terbiasa dengan hal tersebut, padahal penyebabnya ternyata teman Anda sendiri.

Ingatlah bahwa tidak semua interaksi sosial ditujukan untuk Anda. Beberapa orang baik-baik saja. Namun masih ada sesuatu yang hilang di antara Anda berdua, dan itu tidak masalah.

Jika Anda tidak merasa puas dan didengarkan setelah berkumpul dengan teman-teman Anda, mereka mungkin orang yang salah untuk bergaul dengan Anda.

5 dari 5 halaman

5. Anda Banyak Mengeluh tentang Mereka

Satu hal yang bisa diperhatikan apakah Anda berteman dengan orang-orang yang salah yaitu cara Anda membicarakan mereka dengan orang lain. Misalnya, apakah Anda pernah mengeluhkan tentang sahabat Anda kepada orang lain atau tidak?

Jika iya, mungkin Anda sendiri tidak terlalu yakin dengan pertemanan ini. Sebab, sekalipun kalian tidak sepakat dalam beberapa masalah, pasti akan menyelesaikannya dengan cepat dan maju untuk mengatasinya. Alhasil tidak ada orang lain yang akan mengetahui masalah itu karena sudah terselesaikan dengan baik.

Sebaliknya, beberapa pertemanan bisa menjadi buruk. Di mana Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menceritakannya kepada orang lain karena merasa frustrasi, bingung, dan marah terhadap mereka.

Jadi, pertanyaan terakhir kepada Anda adalah: Seberapa sering Anda mengeluh tentang teman Anda? Jika jawaban Anda seperti “Ups” atau “Ya Tuhan, banyak”, itu mungkin pertanda Anda berada di sekitar diri Anda dengan orang yang salah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.