Sukses

Ilmuwan Sebut Tidur Siang Bisa Jadi Kunci Otak Sehat

Sebuah penelitian menemukan hubungan antara tidur siang yang teratur dan total volume otak yang lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang lebih baik daripada tidur sejenak di tengah hari untuk bersantai dan memulihkan tenaga. Namun jika Anda merasa bersalah karena tidur siang setiap hari, jangan khawatir pasalnya sebuah penelitian baru menemukan bahwa tidur siang yang teratur mungkin berhubungan dengan kesehatan otak.

Penelitian yang dipublikasikan di Sleep Health ini mengamati data dari UK Biobank yang mengumpulkan informasi kesehatan, genetik, dan gaya hidup dari 500.000 orang berusia antara 40 dan 69 tahun di Inggris.

Dilansir dari Good Housekeeping, Kamis (21/12/2023) para peneliti dari University College London dan Universitas Republik di Uruguay mengevaluasi data dari 35.080 peserta Biobank Inggris untuk melihat apakah ada hubungan antara tidur siang yang teratur dan kognisi serta struktur otak.

Hasil penelitian menemukan hubungan antara tidur siang yang teratur dan total volume otak yang lebih besar. Volume total otak merupakan ukuran kesehatan yang penting, dan mungkin merupakan indikator risiko kematian, menurut para ilmuwan. Namun perlu diingat bahwa tidak ada hubungan yang ditemukan antara tidur siang dan hasil kognitif serta memori visual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lantas apakah tidur siang baik untuk Anda?

Ini bukanlah studi pertama yang melihat dampak dan dampak tidur siang serta kesehatan. Penelitian sebelumnya yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatrics Society sebelumnya menemukan bahwa individu yang tidur siang selama 30 hingga 90 menit memiliki daya ingat kata yang lebih baik, sebuah tanda ingatan yang baik, dibandingkan peserta yang tidak tidur siang atau yang tidur siang lebih dari 90 menit.

Penelitian tambahan terbaru mengenai tidur siang, sebuah kata dalam bahasa Spanyol yang mengacu pada tidur siang atau istirahat, menemukan bahwa orang yang sering tidur siang selama 30 menit atau kurang, 21% lebih kecil kemungkinannya mengalami peningkatan tekanan darah dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang sama sekali.

3 dari 4 halaman

Berapa lama seharusnya tidur siang yang ideal?

Studi yang sama mengenai tidur siang menemukan bahwa individu yang tidur siang lebih dari 30 menit cenderung memiliki berat badan lebih tinggi, kadar gula darah lebih tinggi, dan tekanan darah tinggi. Penelitian lain menunjukkan bahwa tidur siang yang berlebihan dapat memprediksi peningkatan risiko Alzheimer di masa depan.

Pakar kesehatan mengatakan bahwa tidur siang sekitar 20 menit, namun tidak lebih dari 30 menit, sangat ideal untuk orang dewasa. Durasi ini akan memungkinkan Anda memperoleh manfaat dari "power nap" yang singkat dan memulihkan tanpa jatuh ke tahap tidur nyenyak dan mengganggu tidur malam.

4 dari 4 halaman

Langkah apa yang dapat kita ambil untuk mendapatkan tidur yang lebih baik?

Tidur siang singkat yang menyegarkan sangat ideal jika Anda lebih suka tidur sebentar di siang hari. Namun jika Anda sering tidur siang dalam jangka waktu lama, hal ini mungkin merupakan indikator kurang tidur di malam hari atau kualitas tidur yang buruk.

Cobalah untuk menetapkan rutinitas waktu tidur di mana Anda pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam. Jagalah kamar tidur tetap gelap, tenang dan sejuk untuk menciptakan lingkungan yang optimal untuk tidur, dan idealnya hindari layar selama satu atau dua jam sebelum tidur. 

Terakhir, cobalah menghindari kafein setidaknya enam jam sebelum tidur, dan bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menyingkirkan kondisi mendasar seperti apnea tidur yang mungkin memengaruhi tidur Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.