Sukses

Benarkah Memelihara Kucing Meningkatkan Risiko Skizofrenia? Ini Jawaban Ahli

Sebuah tinjauan baru menemukan bahwa pemilik kucing mempunyai risiko dua kali lipat terkena gangguan terkait skizofrenia. Inilah semua yang perlu Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan bagi para pencinta kucing. Bisakah memelihara kucing meningkatkan risiko skizofrenia? Demikian kesimpulan ulasan terbaru terhadap 17 penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Queensland, Australia seperti yang kami lansir dari Sciencealert, Minggu (24/12/2023). Peneliti Australia melakukan analisis terhadap 17 penelitian yang diterbitkan selama 44 tahun terakhir, dari 11 negara termasuk Amerika Serikat dan Inggris.

“Kami menemukan hubungan antara kepemilikan kucing secara luas dan peningkatan kemungkinan terjadinya gangguan terkait skizofrenia,” tulis psikiater John McGrath dan rekan peneliti, semuanya dari Queensland Centre for Mental Health Research.

Gagasan bahwa kepemilikan kucing dapat dikaitkan dengan risiko skizofrenia diajukan dalam sebuah penelitian tahun 1995, dengan paparan parasit yang disebut Toxoplasma gondii diduga sebagai penyebabnya. Namun penelitian sejauh ini menghasilkan kesimpulan yang beragam.

Penelitian menemukan bahwa berada di dekat kucing selama masa kanak-kanak dapat membuat seseorang lebih mungkin terkena gangguan kesehatan mental seperti skizofrenia. Namun, tidak semua penelitian menemukan hubungannya.

Beberapa penelitian juga mengaitkan paparan kucing dengan skor yang lebih tinggi pada skala yang mengukur ciri-ciri yang berkaitan dengan skizofrenia – yang memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang dan pengalaman psikotik. Namun sekali lagi, penelitian lain tidak menunjukkan hubungan ini.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, McGrath dan timnya mengatakan perlunya tinjauan dan analisis menyeluruh terhadap semua penelitian tentang topik ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Toxoplasma Menyebabkan Gejala Psikotik

T. gondii adalah parasit yang sebagian besar tidak berbahaya dan dapat ditularkan melalui daging yang kurang matang atau air yang terkontaminasi. Gigitan kucing yang terinfeksi atau kotoran kucing yang terinfeksi juga dapat menularkan T. gondii.

Diperkirakan sekitar 40 juta orang di AS mungkin terinfeksi, biasanya tanpa gejala apa pun. Sementara itu, para peneliti terus menemukan efek yang lebih aneh dari infeksi.

Begitu masuk ke dalam tubuh kita, T. gondii dapat menyusup ke sistem saraf pusat dan memengaruhi neurotransmiter. Parasit ini telah dikaitkan dengan perubahan kepribadian, munculnya gejala psikotik, dan beberapa gangguan neurologis, termasuk skizofrenia.

Namun, tautan tersebut tidak membuktikan T. gondii menyebabkan perubahan ini atau bahwa parasit tersebut ditularkan ke manusia melalui kucing. Meskipun begitu, analisis baru terhadap 17 penelitian menemukan “hubungan positif yang signifikan antara kepemilikan kucing secara luas dan peningkatan risiko gangguan terkait skizofrenia”.

“Setelah menyesuaikan kovariat, kami menemukan bahwa individu yang terpapar kucing memiliki kemungkinan dua kali lipat terkena skizofrenia,” tulis tim tersebut.

Ada beberapa hal penting yang perlu diingat di sini, seperti fakta bahwa 15 dari 17 penelitian merupakan case-control studies. Di mana penelitian semacam ini tidak dapat membuktikan sebab dan akibat, dan seringkali tidak melihat hal-hal yang mungkin mempengaruhi baik paparan maupun hasilnya. Sejumlah penelitian yang diteliti memiliki kualitas rendah, yang juga menjadi sorotan penulis.

 

3 dari 4 halaman

Hubungan Antara Skizofrenia dan Waktu Bermain Bersama Kucing

Temuannya tidak konsisten di seluruh penelitian, tapi penelitian dengan kualitas lebih tinggi menunjukkan bahwa keterkaitan dalam model yang tidak disesuaikan mungkin disebabkan oleh faktor-faktor yang dapat memengaruhi hasil.

Sebuah penelitian tidak menemukan hubungan yang signifikan antara memiliki kucing sebelum usia 13 tahun dan kemudian mengembangkan skizofrenia. Namun penelitian tersebut menemukan adanya hubungan yang signifikan ketika mempersempit kepemilikan kucing ke periode tertentu, seperti pada usia 9 hingga 12 tahun. Ketidakkonsistenan ini menunjukkan bahwa kerangka waktu penting untuk paparan terhadap kucing tidak ditentukan dengan jelas.

Sebuah penelitian di AS yang melibatkan 354 mahasiswa psikologi tidak menemukan hubungan antara memiliki kucing dan schizotypy scores. Namun, mereka yang pernah menerima gigitan kucing memiliki skor lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Studi lain, yang melibatkan orang-orang dengan dan tanpa gangguan kesehatan mental, menemukan hubungan antara gigitan kucing dan skor yang lebih tinggi pada tes yang mengukur pengalaman psikologis tertentu.

Namun mereka menduga patogen lain seperti Pasteurella multocida mungkin menjadi penyebabnya. Para peneliti sepakat bahwa penelitian yang lebih baik dan lebih luas diperlukan sebelum kita dapat membuat interpretasi yang tegas.

“Kesimpulannya, tinjauan kami memberikan dukungan terhadap hubungan antara kepemilikan kucing dan gangguan terkait skizofrenia,” tulis para penulis.​

4 dari 4 halaman

Apa Itu Skizofrenia?

Melansir dari Cleveland Clinic, skizofrenia adalah suatu kondisi kejiwaan yang berdampak parah pada kesejahteraan fisik dan mental Anda. Ini mengganggu cara kerja otak Anda, mengganggu hal-hal seperti pikiran, ingatan, indra, dan perilaku Anda.

Akibatnya, Anda mungkin mengalami kesulitan dalam banyak aspek kehidupan sehari-hari. Skizofrenia yang tidak diobati sering kali mengganggu hubungan Anda baik secara profesional, sosial, romantis, dan lainnya. Hal ini juga dapat menyebabkan Anda kesulitan mengatur pikiran, dan Anda mungkin berperilaku sedemikian rupa sehingga berisiko mengalami cedera atau penyakit lainnya.

Skizofrenia bisa terlihat antara usia 15 hingga 25 tahun untuk dan antara usia 25 hingga 35 tahun untuk wanita. Penyakit ini juga cenderung mempengaruhi laki-laki dan perempuan dalam jumlah yang sama. Sekitar 20% kasus skizofrenia baru terjadi pada orang yang berusia di atas 45 tahun. Kasus ini cenderung lebih banyak terjadi pada pria.

Skizofrenia pada anak jarang terjadi tetapi mungkin terjadi. Jika skizofrenia dimulai pada masa kanak-kanak, biasanya penyakit ini menjadi lebih parah dan lebih sulit diobati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.