Sukses

Studi: Jalan Kaki 2 Menit Sehari Dapat Meningkatkan Kesehatanmu

Studi membuktikan jalan kaki 2 menit sehari dapat meningkatkan kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta Berolahraga secara teratur sangat penting bagi kesehatan Anda, mengurangi risiko penyakit kronis dan menambah usia hidup Anda. Disarankan untuk melakukan setidaknya 150 menit olahraga intensitas sedang per minggu, meskipun manfaatnya hanya bertambah seiring bertambahnya menit gerakan. 

Namun, para peneliti yang menelusuri lebih dalam manfaat olahraga minimal juga menemukan hasil yang menggembirakan.  Secara khusus, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa berolahraga jalan kaki selama beberapa menit saja dapat meningkatkan kesehatan Anda secara signifikan—dengan asumsi Anda melakukannya pada waktu yang tepat. 

Jalan kaki adalah cara yang bagus untuk berolahraga secara teratur

Segala jenis aktivitas fisik dapat memberikan efek positif pada kesehatan Anda, menurunkan kemungkinan Anda terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, jenis kanker tertentu, dan banyak lagi. 

Semakin banyak penelitian yang menunjukkan manfaat jalan kaki—bahkan untuk jangka waktu singkat—dapat memberikan cara yang sederhana dan mudah diakses untuk meningkatkan kesehatan Anda pada tingkat kebugaran apa pun.

“Berjalan kaki adalah gerakan dasar manusia, dan manfaatnya telah terbukti selama berabad-abad,” kata Andrew White, CPT, pelatih pribadi bersertifikat dan pemilik Garage Gym Pro seperti dihimpun dari Best life

“Olahraga ini melibatkan banyak kelompok otot, mulai dari kaki hingga otot core, tanpa memberikan tekanan berlebihan pada persendian. Jalan kaki adalah olahraga menahan beban, yang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.”

White menambahkan bahwa jalan kaki juga bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda. “Saat kita berjalan, jantung memompa lebih cepat, yang meningkatkan sirkulasi darah, menyediakan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke sel dan membantu pembuangan produk limbah. Peningkatan sirkulasi ini membantu menjaga kesehatan jantung yang baik,” katanya kepada Best Life.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahkan berjalan kaki dua menit pun dapat membantu mengubah kesehatan Anda

Para peneliti telah mencatat manfaat luar biasa dari berjalan kaki, dan beberapa diantaranya menetapkan misi mereka untuk menentukan dengan tepat dari mana manfaat tersebut dimulai.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam European Journal of Preventative Cardiology menemukan bahwa berjalan kaki selama 30 hingga 45 menit setiap hari (kira-kira 4.000 langkah) dapat secara signifikan memperbaiki penyakit jantung dan semua penyebab kematian.

Bertahun-tahun sebelumnya, sebuah penelitian pada tahun 2008 menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit setelah makan dapat membantu pencernaan dan membantu menurunkan gula darah seseorang.

Kini, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine menemukan bahwa orang dapat menikmati beberapa manfaat yang sama dengan berjalan kaki selama dua menit—asalkan mereka bergerak segera setelah makan.

Meta-analisis mengamati tujuh penelitian berbeda pada subjek dan menyimpulkan bahwa subjek yang berjalan-jalan ringan selama dua hingga lima menit setelah makan mengalami kadar gula darah yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang duduk atau berdiri.

 

3 dari 4 halaman

Anda harus berjalan dalam waktu 60 hingga 90 menit setelah makan

Subjek penelitian yang berjalan-jalan sebentar setelah makan mengalami perubahan gula darah secara bertahap, membantu mereka menghindari lonjakan gula darah yang pada beberapa orang dapat memicu resistensi insulin—pendahulu diabetes.

Namun para peneliti mencatat bahwa ada jangka waktu di mana berjalan kaki paling efektif dalam membantu mengatur gula darah. Dengan menggerakkan tubuh dalam waktu 60 hingga 90 menit setelah makan, Anda akan merasakan hasil yang optimal.

 

4 dari 4 halaman

Jalan kaki singkat juga memberikan manfaat

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American Heart Association, tidak masalah bagaimana Anda menghentikan olahraga. Berjalan kaki 15 kali selama dua menit dalam sehari sama dengan berjalan kaki selama dua kali selama 15 menit dalam hal kesehatan dan umur panjang Anda.

Hal ini dapat membantu beberapa orang mengambil langkah awal untuk mengintegrasikan kebugaran ke dalam jadwal sibuk mereka. Meskipun Anda mungkin tidak dapat meluangkan waktu tanpa henti untuk berolahraga, olahraga ringan hingga berat apa pun dapat membantu Anda menuju kesehatan yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.