Sukses

5 Bahan Dapur yang Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Bahan-bahan dapur yang secara ampuh mengatasi rambut rontok.

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok merupakan masalah umum yang berdampak pada tingkat kepercayaan diri dan kesehatan kulit kepala. Rambut rontok dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti ketidakseimbangan hormon, kekurangan nutrisi yang tepat, tingkat stres, dan penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia yang agresif.

Agar rambut yang terus-menerus rontok dapat diatasi, penting untuk mencari solusi yang efektif. Salah satu pendekatan yang dapat diambil adalah dengan menggunakan bahan alami yang tersedia di dapur untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Berikut cara mengatasi rambut rontok dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur yang dapat ditemukan dengan mudah, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber pada hari Rabu (6/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah lama dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi masalah rambut rontok. Kandungan tinggi vitamin E dan K dalam minyak zaitun memiliki peran penting dalam memperbaiki dan menguatkan helai rambut. Selain itu, minyak zaitun juga berfungsi sebagai pelindung terhadap faktor eksternal yang dapat merusak rambut, terutama paparan sinar matahari.

Tidak hanya itu, minyak zaitun memiliki kemampuan melembabkan dan memberikan nutrisi pada rambut, juga berkontribusi dalam perbaikan kulit kepala. Penggunaannya pun sangat sederhana, hanya dengan mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun pada rambut dan melakukan pijatan lembut selama lima belas menit.

3 dari 9 halaman

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung protein kompleks yang mirip dengan keratin, protein yang membentuk struktur rambut. Kandungan tersebut efektif dalam memperkuat folikel rambut, sehingga dapat mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kemampuan melawan ketombe dan memberikan kelembapan pada rambut.

Penggunaan lidah buaya sebagai solusi untuk mengatasi rambut rontok dapat dilakukan dengan mengoleskannya dan membiarkannya menyerap pada rambut. Alternatif lainnya adalah dengan melakukan pijatan atau menyemprotkannya untuk berfungsi sebagai kondisioner.

4 dari 9 halaman

Lemon

Menurut informasi dari Healthline, jus lemon segar atau minyak lemon terbukti dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Minyak lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Caranya cukup sederhana, yakni dengan mengoleskan jus lemon segar ke kulit kepala dan rambut sekitar 15 menit sebelum melakukan keramas.

5 dari 9 halaman

Minyak Kelapa

Mengacu pada informasi dari PharmEasy, minyak kelapa dianggap sebagai obat tradisional di India yang efektif untuk mengatasi rambut rontok. Minyak kelapa berfungsi sebagai kondisioner alami yang dapat mencegah kehilangan protein dari rambut, sehingga rambut tampak lebih berkilau.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki peran dalam mencegah kerusakan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Penggunaan minyak kelapa sebagai solusi untuk rambut rontok dapat dilakukan dengan mengaplikasikannya langsung pada rambut dan diosleskan ke kulit kepala.

6 dari 9 halaman

Bawang Putih

Selain berfungsi sebagai bumbu masakan, bawang putih juga terbukti efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut. Proses pengolahan bawang putih sebagai obat untuk rambut rontok yaitu dengan menghancurkan bawang putih dan mencampurkannya bersama yoghurt sebelum mengoleskannya ke kulit kepala.

Alternatifnya, minyak bawang putih juga dapat digunakan dengan cara dioleskan langsung pada kulit kepala. Metode ini diyakini memiliki manfaat dalam memperkuat folikel rambut dan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

7 dari 9 halaman

Rambut Rontok Disebabkan oleh Apa?

Kurangnya konsumsi vitamin B dapat menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap masalah rambut rontok. Vitamin B memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Kekurangan vitamin B dapat mengakibatkan kelemahan pada helai rambut, membuatnya lebih rentan terhadap kerontokan, dan memperlambat pertumbuhan rambut.

8 dari 9 halaman

Berapa Kali Keramas agar Rambut Tidak Rontok?

Keramas setiap hari tidak disarankan bagi pemilik rambut yang rentan rontok. Terlalu sering keramas dapat mengakibatkan rambut menjadi lebih rapuh dan mudah rontok karena dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi dan melembabkan rambut.

Sebagai alternatif, disarankan untuk keramas dengan frekuensi yang lebih rendah, misalnya 2-3 hari sekali, sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambut individu. Hal ini dapat membantu menjaga keseimbangan minyak alami di kulit kepala dan rambut, serta mencegah kekeringan yang dapat memperparah masalah rambut rontok.

9 dari 9 halaman

Biar Rambut Ga Rontok Pakai Apa?

Minyak zaitun dapat menjadi pilihan alami untuk mengatasi masalah rambut rontok. Minyak zaitun kaya akan nutrisi dan dapat membantu melembapkan serta memperkuat rambut. Selain itu, menjaga pola hidup sehat juga berperan penting dalam mencegah kerontokan rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.