Sukses

Sulli Ungkap Realitas Idol di Mata Masyarakat Lewat Dear Jinri, Warganet: Ini Sangat Menyedihkan

Dear Jinri resmi rilis di Netflix pada Senin (13/11/2023), setelah penayangan perdananya banyak warganet yang berikan komentar kesedihan terhadap Sulli.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada Senin (13/11/2023) kemarin, film dokumenter Sulli bertajuk "Dear Jinri" telah resmi dirilis oleh Netflix, yang menjadi bagian akhir dari “Persona: Sulli”. Tayangan yang menjadi karya terakhir sebelum meninggalnya Sulli ini turut mengundang kesedihan bagi warganet.

Dear Jinri merupakan film dokumenter yang menampilkan kehidupan Sulli F(x) sebelum ia menutup usianya yang ke-25 tahun. Pada film ini Sulli ditampilkan sebagai individu yang menggambarkan kepribadiannya kepada penonton lewat sebuah wawancara. Penonton akan mendapat pandangan Sulli secara mendalam mengenai pengalaman, pemikiran, dan emosi dari sang aktris.

Dalam suatu scene film ketika diwawancara, Sulli mengungkapkan perjuangannya dan mengaku, "Sejak aku masih muda, aku merasa terkekang oleh kata 'Cantik'. Setiap kali orang mengatakan 'kamu cantik,' aku bertanya-tanya mengapa mereka berkata seperti itu padaku. Aku penasaran dengan pemikiran apa yang membuat mereka memanggilku cantik. Rasanya seperti aku diharapkan untuk hanya berperilaku cantik, dan jika aku tidak terlihat lembut atau seperti anak kecil yang cantik, aku akan mendapat masalah."

Lebih lanjut ia menjelaskan "Sepertinya (semua orang) tidak menganggap entertainer sebagai manusia. Saat memulai karirku sebagai entertainer, ada narasi umum yang kudengar, 'Anda adalah sebuah produk, dan Anda harus hadir sebagai produk terbaik dan papan atas bagi masyarakat.' Bahkan jika orang tidak secara eksplisit mengatakan saya adalah sebuah produk, semua orang memperlakukan saya sebagai sebuah produk. Saya harus bertindak sesuai selera mereka, dan harus takut bahwa nilai produk saya akan menurun."

Mendengar hal ini banyak warganet turut merasakan pilu yang dialami oleh mantan anggota F(x) tersebut. Seperti melansir dari laman Allkpop pada Selasa (14/11/2023)

"Ada kalanya aku tidak menyukai diriku yang cantik. Di lingkungan tempatku tumbuh, aku mendengar hal-hal seperti 'Kamu terlahir sebagai gadis cantik, jadi kamu tidak perlu mengetahui apa pun' dan 'Hanya duduklah di antara orang-orang dan ikuti suasana hati mereka. Jika kamu melakukannya, orang-orang akan menyukaimu. Kamu pada dasarnya menarik hanya dengan menjadi cantik.' Saya banyak memikirkan tentang penampilan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet untuk Sulli

Setelah penayangan perdana film dokumenter “Dear Jinri”, banyak warganet merasa patah hati dan mengungkapkan kesedihannya untuk Sulli lewat komentar.

 “Sulli…Aku merindukanmu”

“Saya pikir dia akan hidup bahagia sebagai orang biasa dengan lebih banyak kebebasan daripada sebagai selebriti”

“Bahkan setelah ini, orang-orang masih akan mengkritik idola yang saat ini aktif jika mereka mengatakan hal-hal yang menantang"

"Kata-kata terakhirnya membuat hatiku terasa berat"

"Ini sangat menyedihkan"

"Aku merasa para idola masih menjalani kehidupan seperti itu, dan Sulli, khususnya, sepertinya hidup di bawah tekanan"

"Aku bisa merasakan bahwa dia terlalu banyak merenung sendirian. Ini sangat menyedihkan, dan aku merindukanmu"

"Aku minta maaf karena mengira dia hanyalah orang cantik tanpa mengetahui apa yang dia pikirkan"

"Selebriti benar-benar membutuhkan persatuan...atau hukuman bagi pemberi komentar jahat...Semua orang berbicara tentang orang lain tetapi mereka yang berkomentar terlalu jauh harusnya bertanggung jawab. Aku juga merindukan Jinri dan yang lainnya."

3 dari 4 halaman

Profil Sulli

Melansir dari Wikipedia, Sulli lahir pada 29 Maret 1994 di Kota Yangsan, provinsi Gyeongsang Selatan, Korea Selatan. Ia memiliki nama asli Choi Jin Ri dan tinggal di Busan sejak kecil. Sulli merupakan seorang putri tunggal yang memiliki dua saudara lebih tua.

Mantan anggota F(x) ini mulai datang ke Seoul pada tahun 2014 untuk berakting sebagai princess Sunhwa muda dalam drama SBS berjudul “The Ballad of Seodong”. Ia beberapa kali menjadi cameo dalam drama SBS lain, seperti Love Needs Miracle.

Pada tahun 2006, ia membuat penampilan pendukung kecil sebagai penaksir masa kecil Micky dari TVXQ di drama teater Vacation. Sulli kemudian mendarat peran kecil dalam Punch Lady dan The Flower Girl is Here (2007) dan juga Babo (2008).

Berawal dari bermain drama, Sulli mulai bermimpi menjadi seorang penyanyi, yang kemudian mengikuti audisi SM acting audition dan menyanyikan lagu S.E.S berjudul “Chingu”. Setelah mengikuti audisi, ia lolos dan menjadi SM trainee bersama Taeyeon dan Tiffany SNSD.

4 dari 4 halaman

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat. 

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: 

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat. 

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.