Sukses

12 Makanan Sehat yang Baik Untuk Meningkatkan Konsentrasi Otak, Apa Saja?

Sel-sel otak tumbuh subur apabila diberi makanan yang bergizi dan terlebih lagi bila makanan tersebut kondusif untuk perkembangan lebih lanjut otak dan fungsinya.

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata, makanan juga dapat memengaruhi fungsi otak kamu, loh. Misalnya, untuk meningkatkan memori, konsentrasi, dan kewaspadaan. Hal ini menjadikan mengonsumsi makanan yang sehat untuk otak itu penting, supaya dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga kesehatan mental.

Tubuh manusia terdiri dari triliun sel. Untuk menjaga sel tetap hidup dan mempertahankan tatanan biologisnya, sel memerlukan pasokan energi yang konstan. Energi yang dibutuhkan ini berasal dari energi ikatan kimia dalam molekul makanan yang kemudian berfungsi sebagai bahan bakar bagi sel-sel tubuh.

Selama proses ini, tubuh memecah protein, lipid, dan polisakarida yang membentuk sebagian besar makanan yang kamu konsumsi dan mereduksinya menjadi molekul yang lebih kecil sebelum sel tubuhmu menggunakannya sebagai sumber energi atau bahan pembangun molekul lain. Proses pembangkitan energi ini memungkinkan sel-sel tubuh dan otak manusia agar tetap sehat.

Rata-rata otak manusia mengandung 100 miliar sel dan beroperasi secara kongruen dengan triliunan sel dalam seluruh tubuh manusia. Sel-sel otak tumbuh subur apabila diberi makanan yang bergizi dan terlebih lagi bila makanan tersebut kondusif untuk perkembangan lebih lanjut otak dan fungsinya. Berdasarkan informasi yang dilansir dari halaman Life Hack pada Kamis (19/10/23), terdapat 12 makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan otak, berikut ulasannya.

1. Air

Minum lebih banyak air dapat dikategorikan sebagai solusi terbaik untuk banyak kondisi dan meningkatkan fungsi kognitif. Menurut HH Mitchell dalam Journal of Biological Chemistry, otak dan jantung terdiri dari 73% air. Kamu tidak hanya harus mempertimbangkan berapa banyak air yang kamu minum, tetapi juga kualitas dari yang kamu minum. 

2. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan yang paling penting untuk kesehatan otak. Ikan merupakan sumber asam lemak dan omega-3 yang membantu membangun membran di sekitar sel-sel tubuh, termasuk sel otak. Oleh karena itu, ikan dapat memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron.

Dalam sebuah penelitian tahun 2017, orang dengan kadar omega-3 yang tinggi mengalami peningkatan aliran darah di otak. Para peneliti juga mengidentifikasi hubungan antara tingkat omega-3 dan kognisi atau kemampuan berpikir yang lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kopi

Terdapat dua komponen utama dalam kopi yang membantu otak kamu, yaitu kafein dan antioksidan. Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan suasana hati, dan mempertajam konsentrasi. Antioksidan yang terkandung dalam kopi, dalam jangka panjang juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit saraf, seperti parkinson dan alzheimer.

4. Blueberry

Studi yang dilakukan di South Dakota State University membuktikan bahwa pembekuan bluberry membuat antioksidan lebih bermanfaat bagi tubuh manusia. Hal ini disebabkan antosianin yang merupakan senyawa antioksidan yang membuat blueberry berwarna biru, sering ditemukan di kulit buah beri.

Blueberry dan buah beri berwarna gelap lainnya menghasilkan antosianin yang merupakan sekelompok senyawa tanaman dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan. Manfaat antioksidan blueberry ialah dapat menunda penuaan otak dan meningkatkan daya ingat.

5. Kunyit

Kurkumin yang merupakan bahan aktif dalam kunyit telah terbukti melewati darah di otak, artinya dapat langsung masuk ke otak dan bermanfaat bagi sel-sel otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit dan kurkumin dapat membantu meningkatkan daya ingat pada penderita alzheimer. Ini juga dapat membantu membersihkan plak amiloid yang merupakan ciri khas dari penyakit alzheimer. 

Selain itu, kunyit juga dapat meningkatkan serotonin dan dopamin untuk meningkatkan suasana hati. Kunyit juga dapat membantu mengambangkan sel-sel otak baru karena kurkumin dapat meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, yaitu sejenis hormon pertumbuhan yang membantu pertumbuhan sel-sel otak.

 

3 dari 4 halaman

6. Teh Hijau

Teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak dalam hal kewaspadaan, kinerja, memori, dan fokus. Teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang dapat melewati aliran darah otak, meningkatkan aktivitas neurotransmitter GABA sehingga membantu mengurangi kecemasan dan mendorong relaksasi.

Manfaat lain dari L-theanine adalah dapat meningkatkan frekuensi gelombang alfa di otak, yang kemudian membantu kamu rileks tanpa membuat kamu mengantuk. Teh hijau juga kaya akan polifenol dan antioksian yang dapat melindungi otak dari penurunan mental dan mengurangi risiko penyakit mental, seperti alzheimer dan parkinson.

7. Telur

Telur merupakan contoh makanan sehat untuk otak yang paling umum dan terkenal. Telur sangat bagus untuk otak karena kaya akan vitamin B-6 dan bitamin B-12 serta asam folat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin ini dapat mencegah penyusutan otak dan menunda penurunan kognitif.

8. Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C yang baik dan merupakan faktor penting dalam mencegah penurunan mental terkait usia dan penyakit alzheimer. Vitamin C juga merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak.

 

4 dari 4 halaman

9. Brokoli

Brokoli kaya akan senyawa tanaman, termasuk antioksidan dan vitamin-K yang dapat menghasilkan lebih dari 100% asupan harian. Vitamin-K merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan penting untuk membentuk sphingolipid, sejenis lemak yang padat dalam sel otak.

Brokolo juga kaya akan senyawa yang disebut glukosinolat. Ketika tubuh memecahnya, senyawa tersebut akan menghasilkan isothiocyanates yang dapat mengurangi stres dan menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif. Brokoli juga mengandung vitamin C dan flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan otak manusia secara keseluruhan.

10. Cokelat Hitam

Coklat hitam dapat menyehatkan otak karena kaya akan kakao yang mengandung flavonoid. Secara keseluruhan, flavonoid yang terkandung dalam kakao tampak baik untuk otak karena dapat mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang terlibat dalam pembelajaran dan memori. Selain itu, antioksidan dalam coklat hitam juga bermandaat untuk menurunkan kognitif terkait usia dan berbagai penyakit otak, salah satunya stres.

11. Kenari dan Kacang-kacangan

Banyak kacang-kacangan yang bermanfaat bagi otak, salah satunya kenari yang merupakan kacang teratas untuk kesehatan otak secara keseluruhan. Kenari memiliki konsentrasi DHA yang sangat tinggi, sejenis asam lemak omega-3. Manfaat lainnya ialah DHA telah terbukti mampu melindungi kesehatan otak pada bayi yang baru lahir. Hal ini juga dapat meningkatkan kinerja kognitif pada orang dewasa dan membantumencegah atau memperbaiki penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

12. Alpukat

Tidak hanya lezat, alpukat juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang menyehatkan dan dapat membantu mendukung fungsi otak. Mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan tekanan darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.