Sukses

5 Buah yang Bisa Bikin Kulit Glowing dan Sehat, Dijamin Nggak Boros

Mau kulit glowing? Jangan lupa konsumsi buah-buahan berikut, ya.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sering mengalami masalah kulit, seperti jerawat, kulit kusam, kulit kering dan terasa pecah-pecah? Termasuk mencoba banyak cara dari memakai skincare atau mencoba treatment tertentu tapi tidak juga menunjukkan hasilnya? Jika iya, sudahkah untuk mencoba mengecek makanan yang Anda konsumsi sehari-hari?

Percaya atau tidak, perjalanan untuk menuju kulit sehat dan glowing sebenarnya bisa dimulai dengan nutrisi yang tepat, lho. Walaupun produk perawatan kulit bisa memperbaiki kulit Anda dari luar, tapi perawatan dari dalam pun tidak boleh diabaikan begitu saja.

Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda perlu memasukkan vitamin dan mineral penting ke dalam makanan Anda sehari-hari. Nah, salah satu cara termudah yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan hal tersebut.

Apalagi, buah-buahan memiliki banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat menjaga sel-sel kulit tetap sehat dan membantu hidrasi yang cukup.

Seperti yang dikutip dari Stylecraze, Minggu (8/10/2023), kesehatan kulit Anda bisa "terpancar" dari pola makan harian Anda. Di mana jika pola makan Anda termasuk sering mengonsumsi makanan olahan, gula, dan karbohidrat sederhana rupanya hal tersebut dapat menyebabkan masalah kulit yang bisa timbul.

Selain itu, tanpa buah yang cukup, Anda mungkin mengalami penuaan dini, jerawat dan bekas jerawat, bahkan kulit kering. Anda mungkin kehilangan nutrisi seperti zinc, zat besi, copper, serta vitamin A dan D yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Untuk itu, supaya Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat, maka segala hal perlu diupayakan. Termasuk mengonsumsi buah-buahan di bawah ini! Bahkan beberapa buah-buahan yang kami sebutkan bisa dibilang cukup murah dan gampang didapatkan, lho.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, C, B, asam pantotenat, dan folat, serta mineral seperti copper, kalium, dan magnesium. Mereka juga mengandung enzim seperti papain dan chymopapain yang membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dan memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Mengonsumsi pepaya dapat membantu mencegah sembelit yang merupakan salah satu penyebab buruknya kesehatan kulit. Ini juga dapat membantu mengobati kutil, eksim, dan cutaneous tubercles. Selain itu, para ilmuwan juga menemukan bahwa pepaya dapat membantu menyembuhkan luka dan bisul kulit kronis.

Jadi, jika memiliki masalah pencernaan, bekas luka, dan pigmentasi, Anda harus memasukkan pepaya ke dalam menu makanan dan kecantikan Anda.

3 dari 4 halaman

2. Nanas

Nanas yang manis kaya akan serat makanan, vitamin A, C, K, dan folat, serta mineral seperti kalsium, potasium, dan fosfor. Tidak cuma itu, nanas juga mengandung enzim yang disebut bromelain, yang memiliki sifat antiinflamasi, antikanker, dan penyembuhan luka. 

3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, serat makanan, dan vitamin E, A, C, K, B6, niasin, folat, dan asam pantotenat. Alpukat juga memiliki sifat antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan oksidatif, yang pada gilirannya mencegah kerusakan DNA.

Mengonsumsi alpukat dapat mendorong penuaan yang sehat karena kaya akan lutein dan zeaxanthin yang melindungi kulit Anda dari radiasi UV. Lemak sehat dalam alpukat membantu menjaga elastisitas kulit, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka.

4 dari 4 halaman

4. Semangka

Merah, berdaging, berair, manis, dan menyegarkan. Ya, itulah deskripsi buah semangka.

Buah semangka sangat bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Semangka memiliki serat makanan (0,4%), air (92%), karbohidrat (7,55%), gula (0,4%), vitamin C, A, B1, dan B6, karotenoid, flavonoid, dan lycopene .

Selain itu, semangka tidak mengandung lemak dan bebas kolesterol. Lycopene membantu membersihkan radikal oksigen bebas dan mencegah kerusakan kulit. 

5. Mentimun

Mentimun juga memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Di mana ada efek mendinginkan tubuh dan memiliki sifat antioksidan. Mentimun yang tidak dikupas juga kaya akan vitamin K dan C serta serat makanan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa timun dapat digunakan untuk mengurangi kerutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.