Sukses

9 Cara Mengetahui Seseorang sedang Berbohong kepada Anda Lewat Teks

da 9 cara yang biasa digunakan pembohong untuk mencoba menutupi dirinya melalui pesan teks.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian yang dilakukan di AS, menunjukkan bahwa kita berbohong 11 kali seminggu, sementara penelitian lain mengungkapkan bahwa 60% orang akan berbohong dalam percakapan 10 menit. 

Ternyata, berbohong melalui ponsel jauh lebih mudah dibandingkan melakukannya secara tatap muka. Namun di sisi lain, teks tampaknya merupakan bentuk komunikasi yang paling jujur, dan paling sedikit orang yang berbohong.

Melalui teks orang bisa mengetahui apakah lawan bicaranya sedang berbohong atau tidak. Ada 9 cara yang biasa digunakan pembohong untuk mencoba menutupi dirinya melalui pesan teks. Dilansir dari Brightside, Kamis (5/10/2023), berikut deretan tanda seseorang berbohong dilihat dari pesan teksnya.

1. Mereka mencoba mengubah topik pembicaraan

Seorang pembohong akan mencoba mengubah topik pembicaraan Anda dan fokus pada topik yang sama sekali berbeda. Mereka bahkan mungkin berpura-pura tak nyaman atau mungkin marah karena sindiran Anda bahwa mereka berbohong. 

Ini disebut gangguan eksternal, dan saat memusatkan perhatian pada gangguan tersebut, pembohong mungkin menuduh orang lain berbohong tentang sesuatu. Mereka bahkan mungkin mencoba segala cara untuk menghindari menjawab pertanyaan awal yang menempatkan mereka di bawah mikroskop.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Mereka memuji Anda setelah memberi Anda jawaban singkat

Sanjungan adalah metode manipulasi yang dipraktikkan banyak orang dalam kehidupan profesional dan pribadi mereka. Ini dapat digunakan oleh pembohong untuk mengendalikan pembicaraan dan mengarahkannya ke arah yang baru. 

Dan hal ini cenderung berhasil hanya karena kita semua senang diberi tahu hal-hal baik tentang diri kita sendiri. Manipulator atau pembohong mengenal kita dengan cukup baik dan dapat mengatasi rasa tidak aman kita jika mereka mau.

3. Mereka memberikan informasi dengan tidak jelas

Ketika seseorang tidak takut untuk mengatakan kebenaran, mereka akan mengingat detail yang mudah diingat yang mendukung cerita mereka. Sebaliknya, seorang pembohong akan berusaha menyembunyikan informasi dengan tidak mengungkapkannya secara jelas.

Mereka tidak mau memberikan rincian spesifik yang bisa dengan mudah dibuktikan sebagai kebohongan. Dengan menceritakan setengah cerita, mereka merasa yakin bahwa mereka belum tentu berbohong tetapi hanya mengatakan setengah kebenaran.

3 dari 5 halaman

4. Mereka mengaku jujur ​​dan tidak pernah berbohong

Dalam upayanya untuk meyakinkan, pembohong akan terlalu menekankan kejujurannya. Ungkapan seperti, “jujur”, “percayalah padaku”, dan “katakan yang sebenarnya” sangat umum digunakan.

Jika seseorang jujur, dia tidak perlu mengulangi lagi dan lagi betapa jujurnya dia. Dengan menggunakan trik itu, mereka jelas-jelas berusaha menyembunyikan kebenaran dari Anda dengan terlalu menegaskan kebenarannya.

5. Mereka menciptakan cerita yang kompleks dan sangat detail

Seseorang yang cukup berbakat untuk menciptakan cerita yang mendetail dan penuh warna mungkin adalah pembohong yang patologis. Kisah-kisah mereka biasanya sangat meyakinkan, namun terkadang rumit dan dramatis. 

Detail kecil membuat cerita mereka terdengar jujur, dan mereka bahkan mungkin mempercayai cerita palsu mereka sendiri. Hal ini membuat sangat sulit bagi Anda untuk menghadapinya karena mereka bahkan tidak sepenuhnya sadar bahwa mereka berbohong tetapi menganggap mereka mengatakan yang sebenarnya.

4 dari 5 halaman

6. Mereka melompat dari cerita masa lalu dan masa kini

Ketika seseorang benar-benar mengarang sebuah cerita, kemungkinan besar mereka akan mengacaukan kata-katanya. Anda mungkin memperhatikan bahwa mereka berbicara tentang masa lalu ke masa kini dan sebaliknya.

Pasalnya, otak mereka terlalu sibuk memikirkan cerita palsu hingga lupa bagaimana membentuk kalimat yang tata bahasanya akurat. Kecuali seseorang melakukan hal ini secara teratur, jika Anda tiba-tiba melihat perubahan seperti itu, Anda harus curiga bahwa mereka berbohong.

7. Mereka mencoba mengakhiri pembicaraan dengan tiba-tiba

Anda mungkin mengirim pesan kepada seseorang dan menanyakan sesuatu yang membuat mereka diperhatikan. Jawaban mereka bisa jadi sangat singkat dan tidak jelas, dan tiba-tiba mereka terburu-buru melakukan sesuatu.

Mereka akan mengakhiri percakapan, membiarkan pertanyaan Anda tidak terjawab dan Anda bertanya-tanya apakah mereka menyembunyikan sesuatu. Hal terbaik yang harus dilakukan dalam kasus seperti ini adalah bertemu orang lain dan berbicara langsung dengannya, melihat reaksinya.

5 dari 5 halaman

8. Mereka tidak menggunakan kata ganti orang pertama

Terkadang pembohong tidak bisa menghadapi tindakannya sendiri dan bertanggung jawab atas tindakannya. Itu sebabnya mereka tidak akan menggunakan kata ganti orang pertama, melainkan akan membuat pernyataan yang lebih umum.

Misalnya, jika atasan Anda terlalu sering menggunakan istilah “kami” dan “kita,” mereka mungkin berusaha menjauhkan diri dari tanggung jawabnya. Dengan cara ini, mereka membuat Anda merasa bertanggung jawab atas sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan.

9. Mereka menggunakan bahasa yang penuh empati

Meskipun bahasa empati bukanlah sesuatu yang buruk, ketika seseorang mulai menggunakannya secara tiba-tiba, bahasa tersebut harus ditanggapi dengan hati-hati. 

Jika orang itu berbohong, dia akan bersikap ekstra emosional kepada Anda daripada menjawab pertanyaan Anda secara detail. Ini karena mereka dapat memahami emosi Anda saat ini dan mencoba memanipulasinya dengan menunjukkan emosi palsu itu sendiri.

Penularan emosi ini bertujuan untuk mempengaruhi penilaian Anda dan mengalihkan perhatian Anda dari pertanyaan awal Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.