Sukses

Rekomendasi Film Tentang Perjuangan Pahlawan yang Cocok Ditonton Saat HUT ke-78 RI

DI momen HUT ke-78 RI, masyarakat biasanya turut menyemarakkan dengan berbagai kegiatan yang mengingatkan akan perjuangan para pahlawan dan nilai-nilai penting dalam suatu kemerdekaan, salah satunya dengan menonton film yang dapat menumbuhkan semangat patriotisme.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan merayakan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus. Peringatan HUT Kemerdekaan RI menjadi perisiwa bersejarah yang patut diperingati untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia menjadi momen yang penting bagi rakyat Indonesia. Pada momen ini, masyarakat biasanya turut menyemarakkan dengan berbagai kegiatan yang mengingatkan akan perjuangan para pahlawan dan nilai-nilai penting dalam suatu kemerdekaan, salah satunya dengan menonton film yang dapat menumbuhkan semangat patriotisme.

Merayakan kemerdekaan dengan menonton film yang mengangkat tema kemerdekaan menjadi salah satu cara untuk mengenang dan menghormati para pahlawan yang telah berjuang dalam memperoleh kemerdekaan.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa rekomendasi film tentang kemerdekaan yang dapat Anda tonton untuk rayakan HUT ke-78 RI, yang dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (15/8/2023).

1. Soekarno (2013)

Soekarno merupakan film biografi yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo yang rilis pada tahun 2013. Film yang dibintangi oleh Ario Bayu, Maudy Koenaedi, dan Lukman Sardi mengisahkan tentang kehidupan dan perjuangan Soekarno, tokoh proklamator dan presiden pertama Republik Indonesia.

Tidak hanya menceritakan mengenai perjalanan hidupnya dari masa muda hingga memimpin kemerdekaan, film ini juga mengupas sedikit tentang kisah romansa Soekarno.

Secara keseluruhan, film ini berusaha untuk menggambarkan semua perjuangan Soekarno dengan cara memperlihatkan perjalanan hidupnya hingga menjadi seorang pemimpin. Film yang dirilis pada 11 Desember 2013 ini meraih empat penghargaan dalam Festival Film Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Buya Hamka (2023)

Buya Hamka adalah film drama biografi Indonesia yang disutradarai oleh Fajar Bustomi dan dibintagi oleh Vino Bastian sebagai Hamka. Film ini juga diperankan oleh Laudya Cynthia Bella sebagai Siti Raham, istri Hamka.

Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal dengan nama Buya Hamka adalah seorang pahlawan nasional dan merupakan ulama terkenal dari Sumatera Barat. Ia dikenal sebagai seorang yang memiliki perjalanan hidup yang luar biasa karena banyak berkontribusi dalam segala bidang kehidupan.

Secara keseluruhan, film ini mengisahkan tentang perjuangan Hamka dalam melawan penjajah terutama di tanah Minang. Ancaman dan masalah muncul, suatu kali, Hamka difitnah terlibat dalam usaha pemberontakan Soekarno. Dalam film ini, terlihat bagaimana perjuangan Hamka untuk membangun Islam di Indonesia. Dalam perjalanannya, Hamka bertemu dengan Perempuan bernama Siti Raham.

3 dari 4 halaman

3. Kartini (2017)

Film Kartini mengisahkan tentang perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, terutama dalam hal pendidikan. Selama perjalanannya mewujudkan kesetaraan, Kartini menghadapi berbagai konflik, termasuk dari tradisi yang sudah ada turun-temurun.

Secara keseluruhan, film ini menggambarkan perjuangan Kartini dalam melawan norma sosial yang membatasi seluruh perempuan. Film ini juga menggambarkan perjuangan Kartini dalam membuka pintu pendidikan bagi perempuan. Kartini menjadi pionir dalam perjuangan emansipasi perempuan di Indonesia sehingga semangatnya terus hidup hingga saat ini.

4 dari 4 halaman

4. Jenderal Soedirman

Film ini merupakan film biopik Indonesia yang mengisahkan tentang perjuangan Jenderal Soedirman dalam melawan penjajahan Belanda. Film ini menggambarkan perjalanan hidupnya dari awal keterlibatannya saat memimpin perang gerilya walau pada saat itu Jenderal Soedirman sedang mengidap penyakit paru-paru.

Film yang dibintangi oleh Adipati Dolken sebagai Jenderal Soedirman, Ibnu Jamil sebagai Tjokropranolo, Mathias Muchus sebagai Tan Malaka, Baim Wong sebagai Soekarno, dan Nugie sebagai Mohammad Hatta sangat cocok untuk Anda tonton bersama keluarga atau teman dalam memperigati hari kemerdekaan Indonesia karena film ini tidak hanya memberikan wawasan mengenai semangat perjuangan, namun juga tekad untuk meraih kemerdekaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.