Sukses

7 Tips Untuk Hubungan yang Lebih Sehat dengan Ponselmu

Berikut ini beberapa tips yang dapat dicoba untuk hubungan yang lebih sehat dengan ponselmu

Liputan6.com, Jakarta Berapa lama Anda menghabiskan menatap layar  setiap hari? Menurut sebuah laporan, rata-rata orang menghabiskan sekitar tujuh jam sehari di layar yang terhubung ke internet. Dan angka itu akan semakin tinggi jika pekerjaan Anda lebih banyak dilakukan di depan komputer.

Agar jelas, perangkat digital seperti gawai menawarkan manfaat yang signifikan – pikirkan koneksi, pendidikan, hiburan. Bahayanya adalah ketika kita terlalu sering menggunakannya menjadi racun bagi kesehatan kita.

Ketegangan mata, sakit leher, kurang tidur, stres, cedera regangan berulang dari segala jenis dan gangguan fungsi tangan hanyalah beberapa gejala yang dapat dialami seseoang akibat penggunaan layar dan perangkat yang berlebihan.

Jika salah satu dari gejala ini menggambarkan Anda (atau siapa pun yang Anda kenal), atau Anda merasa terlalu banyak menghabiskan hidup Anda dengan menatap layar, sebaiknya Anda mendapatkan kembali kendali atas teknologi yang digunakan.

Bagaimana mendapatkan kembali kontrol tersebut? Dihimpun dari The Conversation, berikut beberapa tips untuk mendapatkan hubungan yang lebih sehat dengan ponselmu.

1. Berlatih meletakkan perangkat digital Anda secara sadar

Jauhkan dari pandangan dan simpan saat Anda tidak menggunakannya, terutama di malam hari. 'Usir' mereka dari kamar tidur, dapatkan jam alarm (jadi Anda tidak menggunakan alarm ponsel) dan Anda akan tidur lebih nyenyak tanpa bermain ponsel hingga larut malam. Dan hentikan kebiasaan menonton TV dengan ponsel di samping Anda. Fokus saja pada satu tugas pada satu waktu tanpa gangguan layar lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tetapkan sendiri batas waktu layar

Terlalu banyak waktu layar dapat membuat Anda sakit kepala. Berhati-hatilah dengan cara Anda menggunakan teknologi dan manfaatkan fitur seperti catatan suara, yang memungkinkan Anda tetap mengikuti perkembangan komunikasi tanpa menatap layar dalam waktu lama.

3. Berhenti mengizinkan gangguan digital

Gangguan konstan dapat menyebabkan stres fisik dan mental. Matikan notifikasi dan peringatan saat Anda ingin fokus sepenuhnya pada suatu tugas. Dan jauhkan ponsel Anda dari meja Anda. Penelitian menunjukkan bahwa meletakkan ponsel di dekat Anda, meskipun tidak berdengung atau berdering, dan meskipun daya dimatikan, dapat mengganggu kinerja Anda.

 

3 dari 4 halaman

4. Jadwalkan waktu bebas digital yang tepat

Depresi dan kecemasan adalah salah satu akibat dari penggunaan perangkat digital secara berlebih. Jadi menjauh dari dunia digital Anda untuk sementara waktu itu penting. Berjalan-jalan di alam, membaca buku, bersepeda – apa pun yang membuat Anda menjauh dari layar untuk sementara waktu.

5. Buat layar lebih nyaman di mata

Penggunaan layar yang berlebihan dapat membuat mata kita tegang dan memengaruhi penglihatan kita. Jangan menyipitkan mata ke layar kecil untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dilakukan di laptop layar besar.

Kurangi cahaya biru pada perangkat dan manfaatkan semua fitur aksesibilitas bermanfaat lainnya. Mulailah dengan silau layar itu. Dan juga pastikan volumenya tidak memecahkan gendang telinga Anda.

 

4 dari 4 halaman

6. Kendalikan kekacauan informasi yang berlebihan

Atur ponsel, komputer, dan tablet agar Anda dapat menggunakannya dengan lebih efisien. Beberapa aplikasi benar-benar membantu Anda mengendalikan hidup Anda dan bekerja dengan lebih tenang dan efektif.

Aplikasi pelacak waktu mengukur berapa banyak waktu yang Anda habiskan (buang) di layar Anda – bersiaplah untuk ngeri! Kita bisa memperoleh kembali penguasaan atas perangkat digital saat kita menjadi lebih proaktif dalam penggunaannya.

7. Duduklah dengan baik

Membungkuk di atas telepon atau membungkuk di atas laptop Anda akan membahayakan leher dan punggung Anda. Duduk tegak, lakukan peregangan secara teratur, dan sering berolahraga – tanpa ponsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.