Sukses

Membaca Kepribadian Kucing, Kenali 5 Tipe Ini Agar Tak Menyesal Saat Memeliharanya

Berikut ini 5 tipe kepribadian kucing untuk membantu Anda saat memeliharanya

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta kucing, kucing memiliki reputasi sebagai hewan yang penyendiri dan rendah hati, tetapi faktanya tidak semua kucing mengikuti stereotip itu.

Peneliti di Australia dan Selandia Baru melakukan penelitian untuk mengetahui apakah kucing memiliki tipe kepribadian yang berbeda. Mereka kemudian memberikan survei online kepada pemilik kucing yang mewakili 2.802 kucing domestik.

Pemilik kemudian menilai kucing mereka dalam skala dari "tidak sama sekali" hingga "sangat suka" pada 52 pertanyaan berbeda. Pertanyaannya mencakup hal-hal seperti "bersahabat dengan kucing lain", "rakus", dan "sepertinya mudah takut". Mengambil data dari survei, peneliti dapat mengkategorikan hasilnya menjadi salah satu dari lima kepribadian kucing.

Tipe kepribadian kucing mencerminkan ciri kepribadian manusia dalam banyak hal. Salah satu tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu pemilik kucing lebih memahami tipe kepribadian kucing mereka.

Dengan cara ini, pemilik dapat memberikan rumah dan pengalaman terbaik untuk hewan peliharaan mereka. Pemilik dapat "meningkatkan kualitas hidup kucing mereka".

Apa saja 5 Jenis Kepribadian Kucing?

5 jenis kepribadian kucing disebut "Lima Kucing". Setiap kucing diberi skor pada survei 52 pertanyaan. Hasilnya mengilustrasikan perilaku berdasarkan lima sifat yang berbeda.

Berikut ini tipe-tipe kepribadian kucing tersebut seperti dihimpun dari a-z-animals.com:

1. Kucing ekstrovert

Kucing ekstrovert mirip dengan orang ekstrovert. Mereka tampaknya mendapat energi dengan berada di sekitar orang lain dan/atau hewan lain. Mereka tampak penasaran dan waspada.

Ini adalah kucing yang berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya dengan cepat, membutuhkan banyak rangsangan. Jika pengunjung mampir, mereka mungkin keluar untuk menyelidiki vs berlari bersembunyi di bawah tempat tidur.

Mereka mungkin sengaja mencari hewan peliharaan lain jika mereka tinggal di rumah dengan banyak kucing atau banyak hewan peliharaan. Mereka mungkin memulai permainan atau mencari tempat yang bagus untuk meringkuk bersama teman berbulu mereka.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda memiliki Kucing Ekstrovert?

Jika Anda memiliki kucing ekstrovert, Anda harus memastikan mereka mendapat banyak sosialisasi. Mungkin tidak sulit untuk memberikan banyak cinta dan perhatian pada kucing pencari perhatian ini.

Peneliti juga menyarankan agar Anda memberikan stimulasi ekstra seperti berbagai mainan dan pengalaman. Mereka mendorong pemilik untuk memberikan “stimulasi tambahan dan pengayaan lingkungan yang lebih kompleks untuk menghindari kebosanan.”

Jika Anda bekerja dari rumah, Anda dapat menyetel pengatur waktu untuk istirahat dan menghabiskan beberapa menit bermain dengan kucing favorit Anda. Setiap istirahat, pindah ke ruangan berbeda di rumah Anda untuk variasi.

Saat Anda jauh dari rumah, sediakan mainan interaktif, sekali lagi letakkan mainan yang berbeda di ruangan yang berbeda di rumah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kucing ramah

Mereka menyenangkan dan mudah bergaul. Kucing-kucing ini mengikuti arus dan sepertinya tidak keberatan berbagi "rumah mereka" dengan hewan peliharaan lainnya. Mereka digambarkan sebagai "ramah" dan seringkali merupakan kucing terapeutik.

Ini adalah kucing yang dinanti-nantikan orang untuk pulang dan dipeluk untuk malam Netflix. Kucing yang berada di tempat penampungan dan menunjukkan kepribadian yang menyenangkan lebih mungkin untuk diadopsi (logis). Jika pengunjung datang, kucing Anda mungkin tidak langsung keluar seperti kucing ekstrover, tetapi mereka biasanya akan datang untuk menyelidiki dan menawarkan "meringkuk" menggosok kaki mereka dengan dengkuran lembut.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda memiliki Kucing yang Ramah?

Kucing yang ramah biasanya senang dan menunjukkan bahwa Anda melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk merawat hewan peliharaan Anda. Tetap lakukan apa yang sedang kamu lakukan!

Dengan kucing yang menyenangkan, Anda ingin tahu bahwa mereka tetap mendapat manfaat dari berbagai mainan dan aktivitas. Jadi jangan hanya menjaga semuanya tetap sama. Tambahkan mainan baru secara teratur.

Kucing membutuhkan interaksi yang merangsang agar pikirannya tetap aktif dan tetap sehat. Jadi, ambil ponsel Anda, rekam kucing Anda membuka kotak bola baru, dan lihat reaksi mereka… sangat menyenangkan!

 

3 dari 5 halaman

3. Kucing impulsif

Kucing impulsif adalah kucing yang digambarkan sembrono dan tidak menentu. Mereka adalah tipe kucing yang tidak bisa diam! Jika Anda melihat kucing yang impulsif sedang bermain, Anda mungkin merasa ngeri melihat beberapa akrobatnya. Anda mungkin yakin bahwa mereka akan jatuh pada saat mereka mencoba melompat dari atas lemari es ke atas dapur Anda.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda memiliki Kucing Impulsif?

Jika Anda memiliki kucing yang impulsif, pastikan mereka tidak bertindak impulsif karena stres. Kucing yang stres, diintimidasi oleh kucing lain, tidak memiliki cukup ruang untuk bermain, atau terkurung mungkin bertindak impulsif.

Jika menurut Anda kucing Anda terlalu stres, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter hewan. Jika kucing Anda memiliki banyak ruang dan mendapat banyak perhatian, maka mungkin secara alami ia adalah tipe kucing yang impulsif. Anda mungkin ingin sedikit mengamankan rumah Anda untuk keamanan.

Periksa situasi berbahaya yang mungkin dialami kucing Anda. Mungkin juga lebih aman untuk menjaga kucing impulsif Anda sebagai kucing di dalam atau membatasi waktu di luar ruangan mereka ke area berpagar demi keamanan.

 

4 dari 5 halaman

4. Kucing dominan

Kucing yang dominan adalah bos. Jika Anda memiliki banyak kucing, salah satunya mungkin menunjukkan dominasi terhadap yang lainnya.

Perilaku dominan ini berasal dari perilaku yang Anda lihat pada kucing liar yang hidup berkelompok. Betina biasanya bekerja sama untuk membesarkan anaknya, tetapi ada persaingan sengit antara jantan, jadi dominasi adalah sifat positif yang digunakan dalam perkawinan.

Salah satu penerapan pengetahuan tentang tipe kepribadian ini adalah jika Anda mempertimbangkan untuk memiliki lebih dari satu kucing, pastikan untuk memikirkan tipe kepribadian masing-masing kucing sehingga Anda tidak menciptakan situasi di mana satu atau lebih kucing Anda diintimidasi.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda memiliki Kucing Dominan?

Para peneliti dari studi Australia menyimpulkan bahwa perlu dilakukan lebih banyak penelitian untuk membantu pemilik kucing dominan meningkatkan kesejahteraan kucing mereka secara khusus. Jika Anda sudah memiliki beberapa kucing dan salah satunya menjadi dominan hingga memengaruhi kesejahteraan kucing Anda yang lain, bicarakan dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran untuk membantu menjaga kedamaian di rumah Anda.

 

5 dari 5 halaman

5. Kucing gelisah

Yang terakhir adalah kucing neurotik. Pada spektrum neurotisme, Anda mungkin memiliki kucing yang pemalu dengan kucing yang selalu gelisah. Ini adalah kucing yang lepas landas dan bersembunyi di bawah tempat tidur ketika pengunjung datang.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda memiliki Kucing Neurotik?

Jika kucing Anda neurotik, mintalah saran dari dokter hewan. Jika menurut Anda kucing Anda pemalu dan curiga, cobalah untuk menyadari situasi apa yang menyebabkan lebih banyak kecemasan. Misalnya, jika ada tamu yang datang ke pesta, pertimbangkan untuk membiarkan kucing Anda tinggal bersama pengasuh.

Rumah tangga dengan satu kucing mungkin merupakan pilihan terbaik untuk kucing neurotik, atau lebih banyak mengawasi interaksi di rumah dengan banyak kucing. Beri kucing Anda waktu sendirian dan waktu untuk bersantai sendiri.

Jauhkan mainan sederhana dan tenang. Tidak perlu mendapatkan mainan menghibur yang berdengung keras untuk kucing-kucing ini. Ciptakan rumah yang penuh kasih sayang, dan kucing neurotik Anda akan baik-baik saja. Mereka bahkan mungkin secara bertahap menjadi lebih anteng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.