Sukses

Bisa Berbahaya, 7 Produk Kecantikan Ini Sebaiknya Tidak Mengenai Wajah

Ini dia daftar beberapa produk kecantikan yang tidak boleh sampai terkena wajah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Tidak dipungkiri kalau pastinya banyak produk kecantikan yang Anda pakai sebagai upaya untuk merawat tubuh sehari-hari. Bukan hanya menggunakan skincare, tapi juga perawatan tubuh lainnya seperti hair spray, body lotion, deodoran, dan lain sebagainya.

Hal ini tentunya supaya Anda tetap bisa tampil percaya diri, sebagai salah satu bentuk dari self love, dan untuk menarik seseorang agar menyukai Anda. Namun sayangnya, sekalipun punya banyak manfaat untuk merawat kulit atau bagian tubuh lainnya, ternyata tidak semua produk kecantikan yang dipakai ramah dan aman untuk kulit wajah, lho. 

Maka, saat membaca aturan pemakaian suatu produk, Anda mungkin akan menemukan imbauan untuk tidak menggunakannya pada area wajah karena bisa menyebabkan iritasi dan gangguan kesehatan lainnya. Dilansir dari Cosmopolitan, Sabtu (5/8/2023), ini dia daftar produk kecantikan yang sebaiknya tidak menyentuh wajah Anda.

1. Hair spray

Anda sering melihat atau mungkin memakainya sendiri kalau ketika menyemprotkan hair spray, kepala harus ditutupi dan dihalangi menggunakan tangan. Kenapa begitu? Ternyata ada alasan di baliknya, lho. Rupanya, hair spray mempunyai kandungan lacquers atau alkohol yang dapat membuat kulit menjadi kering dan terlihat kusam.

Sayangnya, saat terkena kulit bisa membuat kulit wajah mengalami dehidrasi sehingga terkesan terlihat menua lebih cepat. Selain itu, hair spray juga kerap menimbulkan reaksi alergi seperti bengkak atau kemerahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Deodoran

Produk lain yang tidak boleh menyentuh kulit wajah yaitu deodoran. Ya, selain karena fungsinya untuk membuat ketiak tidak berkeringat berlebih, bukan berarti Anda bisa mengoleskannya ke area wajah Anda.

Apalagi jika berpikir wajah yang berkeringat bisa dioleskan dengan deodoran supaya makeup tidak luntur. Hal yang terjadi justru sebaliknya, kandungan yang ada di deodoran justru bisa membuat makeup luntur dan kulit menjadi susah bernapas. 

3. Cat rambut

Jika Anda rutin mengecat rambut, pasti ada anjuran di dalam kotak untuk tidak mengenai kulit wajah. Alasannya karena saat terkena kulit bisa timbul bahaya, seperti mengiritasi kulit di sekitar area mata. Bahkan efek samping yang tidak kalah hebat yaitu membuat mata Anda terasa panas dan berair.

3 dari 4 halaman

4. Cat kuku

Sempat kepikiran untuk berkreasi dengan memanfaatkan cat kuku sebagai face painting untuk Halloween atau beauty challenge di media sosial? Jika iya, sebaiknya niat itu jangan sampai dilakukan. Penyebabnya karena cat kuku memiliki zat yang dsebut molekul acrylic yang dapat membuat kulit terasa kering.

Seandainya Anda memiliki niat untuk face painting, sebaiknya hanya gunakan cat yang memang dirancang khusus untuk wajah, ya. 

5. Body lotion

Memang sangat menyenangkan apabila bisa memiliki lotion untuk keseluruhan anggota tubuh. Namun, body lotion memang tidak diciptakan untuk kulit wajah, karena biasanya mengandung wewangian yang dapat mengiritasi kulit.

Sayangnya, body lotion yang Anda pakai sebenarnya berfungsi untuk mengisi kelembapan yang hilang. Bukan untuk mengatasi masalah kulit wajah Anda, seperti anti-penuaan.

4 dari 4 halaman

6. Serum rambut

Hanya karena suatu formula memiliki kata "serum" pada labelnya, bukan berarti itu adalah jenis serum yang sama yang bisa dipakai untuk kulit. Anda mencoba melapisi batang rambut dengan berbagai jenis bahan yang biasanya tidak digunakan untuk mengatasi garis halus atau masalah kulit lainnya. Ditambah, banyak produk serum rambut yang mengandung wewangian yang dapat sangat mengiritasi kulit wajah.

7. Sampo

Walaupun memiliki surfaktan yang sama untuk membersihkan rambut, menghilangkan minyak berlebih dan kotoran, tidak sama dengan yang Anda gunakan untuk membersihkan kulit. Sampo diproduksi untuk membersihkan dan melakukan sesuatu pada batang rambut Anda, tapi tidak dirancang untuk menangani molekul halus pada kulit Anda. Jika Anda mencuci muka dengan sampo, itu akan membuat kulit terasa sangat kering dan bersisik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.