Sukses

7 Cara Ampuh Cegah Penuaan di Area Leher, Mau Melakukannya?

Selain wajah, jangan lewatkan juga area kulit agar terhindar dari penuaan, ya!

Liputan6.com, Jakarta - Selain kulit wajah, kulit area leher sebenarnya juga menjadi bagian tubuh yang paling rentan terhadap penuaan dini. Hal ini dikarenakan kondisi kulit yang cenderung lebih tipis. Makanya, jika kulit leher tidak diberikan perhatian, risiko penurunan elastisitas sebagai efek penuaan dini menjadi lebih tinggi.

Nah, biasanya setelah memakai sunscreen atau skincare apakah area leher sering terlewat atau tidak? Lalu, coba perhatikan wajah Anda di cermin. Apakah terlihat kulit area leher terlihat kontras dari kulit wajah yang kenyal dan terlindungi dari sinar matahari?

Dari situ situ, pada area leher mulai terlihat tanda "tech neck" atau belum? Tech neck sendiri merupakan tampilan garis horizontal yang berada di leher, akibat dari Anda terlalu sering melihat ponsel dan menelusuri Facebook, Instagram, atau TikTok.

Jika iya, mulai sekarang, yuk, perhatikan area leher! Namun, kira-kira perawatan kulit apa yang tepat untuk mengusir penuaan dini di leher? Yuk, simak caranya seperti yang sudah dihimpun dari Byrdie, Rabu (2/8/2023).

1. Jangan Lupakan Sunscreen di Area Leher

Ya, ini menjadi tips pertama yang wajib sekali Anda lakukan. Selain genetik, paparan sinar matahari adalah faktor terbesar dalam perkembangan garis halus dan kerutan. Pasalnya, paparan sinar matahari dapat memecah kolagen, sehingga menyebabkan datangnya keriput pada area leher dan area lain yang sering terlewat diaplikasikan sunscreen.

Jadi, mulai sekarang, jangan sampai ketinggalan untuk memakai sunscreen di leher juga area sekitar dada yang tidak tertutupi oleh pakaian Anda, ya sebagai upaya mencegah penuaan kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Cek Postur Tubuh Anda

Coba jawab jujur, kira-kira berapa banyak waktu yang dihabiskan dengan kepala mengarah ke komputer atau ponsel Anda hingga otot leher anterior Anda berkontraksi? Karena kandungan kolagen kulit kita secara alami berkurang di usia akhir dua puluhan, garis yang tidak sengaja terbuat pada posisi ini perlahan bisa menjadi tetap hingga lebih dalam.

Posisi ini tidak dapat sepenuhnya dihilangkan dari rutinitas Anda. Akan tetapi, cara yang cukup efektif sebagai upaya mencegah penuaan dini yaitu dengan memperbaiki postur tubuh saat menggunakan ponsel atau mengurangi screentime.

3. Pakai Serum Vitamin C di Pagi Hari

Tabir surya membantu melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet, tetapi tidak ada tabir surya yang 100% efektif melindungi kulit. Oleh karenanya, agar kulit terbebas dari penuaan dini Anda bisa menggunakan serum vitamin C sebelum penggunaan sunscreen. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu menetralkan sinar matahari melalui perlindungan SPF dari sunscreen Anda.

3 dari 4 halaman

4. Konsumsi Minuman Kolagen

Walaupun masih banyak perdebatan dan pertanyaan ilmiah terkait suplemen kolagen dalam membantu meningkatkan produksi kolagen, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba dan membuktikannya sendiri. Meskipun manfaatnya mungkin tidak memperbaiki tekstur kulit secara langsung, setidaknya suplemen kolagen masih akan memberikan manfaat, terutama bagi sistem pencernaan Anda.

5. Aplikasikan Juga Retinol pada Area Leher

Apakah saat ini Anda sudah menggunakan retinol dalam rangkaian skincare sehari-hari? Jika iya, tentu ada alasan mengapa wajah Anda bisa terlihat lebih glowing daripada area leher. Mungkin saja karena Anda sendiri tidak menggunakannya sampai ke sana. 

Padahal, retinol telah terbukti secara klinis membantu merangsang produksi kolagen. Dengan penggunaan secara rutin, retinol dapat memperlambat munculnya garis-garis halus dan kerutan. Terlebih kulit leher lebih halus dan sensitif daripada kulit wajah, jadi Anda harus memulai retinol dengan durasi satu atau dua kali seminggu. 

4 dari 4 halaman

6. Lakukan Microneedling dengan Radiofrequency

Sayangnya, penggunaan skincare tidak selalu membantu untuk mengatasi penuaan dini. Untuk itu, Anda juga membutuhkan treatment seperti microneedling dengan radiofrequency karena kemampuannya merangsang produksi kolagen tanpa merusak kulit di atasnya.

Ini membuatnya relatif aman di semua warna kulit. Treatment yang satu ini bisa menjadi pencegahan yang sangat baik untuk menjaga agar produksi kolagen kulit tetap berjalan maksimal.

7. Pertimbangkan untuk Botox

Karena bagian leher adalah otot yang lebih besar daripada otot wajah, melakukan botox bisa Anda lakukan sebagai tindakan pencegahan dalam mengatasi penuaan dini. Walaupun hal ini mungkin akan menguras kantong, tapi botox sendiri dapat membantu mengurangi munculnya kerutan leher horizontal dini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.