Sukses

Menjijikkan, Ini yang Terjadi Jika Kamu Tidak Rutin Membersihkan Botol Air

Ternyata ini yang terjadi jika kamu tidak rutin membersihkan botol air yang digunakan setiap hari

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada ikatan seperti yang Anda miliki dengan botol air pendukung emosional Anda. Itu setia di sisi Anda apakah Anda sedang bekerja, di gym, atau di luar kota. Botol air Anda praktis adalah teman terbaik. Tapi hei - kapan terakhir kali Anda mencucinya?

Menurut jajak pendapat oleh tim di situs sumber daya WaterFilterGuru, yang mensurvei lebih dari 1.000 pengguna TikTok, 15% responden mengakui bahwa mereka hanya membersihkan botol air yang dapat digunakan kembali beberapa kali dalam sebulan. Banyak orang berjalan-jalan dengan botol air yang tampak keren seperti Corckcircle, namun kebanyakan orang tidak tahu persis apa yang terjadi jika Anda tidak mencuci botol air. Apakah Anda benar-benar meminum virus, bakteri, dan jamur setiap teguk?

Ada baiknya mengetahui apa yang terjadi di dalam botol Anda, kata Brian Campbell, pendiri WaterFilterGuru. Ini sangat penting karena botol yang dapat digunakan kembali lebih rentan terhadap penumpukan bakteri. Ini benar bahkan jika Anda menyesap air biasa, karena bakteri benar-benar ada di mana-mana.

Apa yang Ada di Dalam Botol Air Kotor Anda?

Rata-rata botol air yang dapat digunakan kembali menjalani kehidupan yang sulit. Anda tidak hanya terus-menerus membukanya dan menyentuhkannya ke mulut Anda, tetapi Anda mungkin juga berpotensi berbagi tegukan dengan teman. Dengan semua yang terjadi, masuk akal jika mereka menjadi tempat berkembang biak bagi semua jenis kuman yang lengket dan lengket.

Menurut Jason Tetro, ahli mikrobiologi dan penulis The Germ Code, Anda melihat bakteri, jamur — terutama jika Anda membuka botol air di berbagai lingkungan berbeda — dan ada juga potensi virus, yang penting untuk tahu jika Anda berbagi botol air dengan orang lain.

Saat Anda menggunakan dan menggunakan kembali botol air Anda tanpa mencucinya, lapisan lengket akan mulai terbentuk di bagian dalam, dan itulah yang mengumpulkan kuman - bahkan jika Anda membilasnya dengan baik.

Begini cara kerjanya: Pertama, Anda akan mendapatkan jenis bakteri yang membentuk sesuatu yang disebut biofilm, kata Tetro kepada Bustle, yang pada dasarnya adalah perangkap lalat lengket untuk kuman. Hanya ada beberapa spesies bakteri yang diketahui dapat membuat biofilm. Dan coba tebak? Kebetulan beberapa di antaranya keluar dari mulut Anda.

Setelah Anda mengisi botol air dan meminumnya, kuman dari mulut Anda kembali ke botol, yang memperkenalkan bakteri, kata Tetro. Kemudian, bakteri lain dapat masuk ke dalam botol Anda dari buah, gula, es, atau sirup yang Anda tambahkan. Saat Anda menyesap sepanjang hari dan memaparkan botol Anda ke udara di lingkungan yang berbeda, kuman jahat lainnya dapat menemukan jalan masuk dan menetap di dalam botol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Botol air dengan sedotan lebih rentan mengumpulkan kuman

Tetro juga mengatakan tumbler dengan sedotan bawaan lebih rentan mengumpulkan kuman. “Sedotan tidak diragukan lagi akan memiliki tingkat mikroba yang lebih tinggi sebagai akibat dari fakta bahwa Anda menaruh banyak fokus pada mulut Anda, dan akibatnya akan ada pencucian balik,” katanya. "Bakteri mulut yang Anda miliki akan masuk ke dalam sedotan itu dan akan turun saat Anda melepas penyedot."

Sebagai catatan positif, biofilm biasanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk terbentuk. “Jika Anda mengambil botol air, mengisinya, meminumnya, dan kemudian membiarkannya di sana selama tujuh hari, Anda akan mulai melihat adanya lendir di dalam botol air itu sendiri,” kata Tetro. "Setelah seminggu adalah saat Anda membuat biofilm itu berjalan."

 

 

3 dari 5 halaman

Apa yang Terjadi Jika Anda Minum dari Botol Air Kotor?

Sebagian besar, tidak ada hal buruk yang akan terjadi jika Anda minum dari botol air minum yang kotor. “Jumlah bakteri dalam botol air Anda mungkin masih jauh lebih sedikit daripada jumlah bakteri yang saat ini hidup di mulut Anda,” kata Tetro. Itu sebabnya Anda bisa minum dari botol air yang agak kotor dan masih merasa baik-baik saja. Bagaimanapun, itu adalah bakteri mulut Anda sendiri.

“Risiko sebenarnya adalah masuknya bakteri yang tidak biasa Anda temui atau jamur, karena tidak ada yang mau makan jamur kecuali keju,” catat Tetro. "Itulah alasan untuk mencuci botol Anda - untuk mencegah masuknya spesies mikroba yang tidak diketahui ke dalam tubuh Anda."

Namun, penting untuk mencuci jika Anda berbagi botol air dengan teman atau jika Anda sakit. Bakteri, jamur, dan virus tertentu dapat memengaruhi kesehatan pernapasan, kesehatan mulut, dan kesehatan pencernaan Anda, kata Tetro, jadi yang terbaik adalah berhati-hati dan mencuci botol itu.

4 dari 5 halaman

Cara Terbaik Untuk Membersihkan Botol Air Anda

Sayangnya, mengocoknya dengan air keran tidak akan menghilangkan bakteri, terutama jika biofilm yang mengganggu itu telah terbentuk dan menjebak sejumlah buih. Tetro merekomendasikan untuk mencuci botol Anda (dan sedotan!) dengan air panas dari wastafel Anda - atau air mendidih dari ketel - setiap hari untuk membunuh bakteri yang menyebabkan biofilm agar tidak terbentuk. “Seminggu sekali selalu baik untuk mencucinya dengan sikat botol dan sedikit sabun cuci piring,” katanya.

Tetro mencatat bahwa botol air stainless steel akan paling mudah dibersihkan karena dapat menangani air yang mendidih, tetapi botol neoprene juga dapat digunakan untuk pencucian dengan air panas. Jika dikatakan aman untuk microwave, lanjutkan dan bilas dengan uap. Seperti yang dikatakan Tetro, "Panas akan membunuh kuman."

 

5 dari 5 halaman

Seberapa Sering Anda Harus Membersihkan Botol Air Anda?

Kenyataannya adalah botol air yang dapat digunakan kembali harus dibilas setiap hari, dan idealnya dibersihkan seminggu sekali untuk mencegah penumpukan bakteri. Seperti yang dikatakan Campbell, "Botol harus lebih sering dibersihkan jika Anda sakit, jika Anda minum sambil makan, atau jika Anda mengisinya dengan sesuatu selain air biasa."

Jika Anda merasa malas, uji cepat botol Anda untuk melihat apakah Anda dapat menunggu satu hari lagi sebelum mencuci. Tetro mengatakan Anda dapat memeriksa biofilm dengan menyorotkan senter ponsel Anda ke dalam dan mencari kotoran. “Anda juga bisa melakukan tes penciuman,” kata Tetro. Jika botol air Anda berbau aneh, Anda mungkin harus mencucinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.