Sukses

Agar Tidak Gampang Lupa, Ikuti 5 Tips Mudah Ini untuk Meningkatkan Memori Berikut

Masih muda tapi sering lupa? Coba ikuti tips-tips berikut ini, ya!

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sering mengalami lupa? Terlebih saat sedang sibuk, pasti banyak dari Anda yang sering melupakan hal penting. Memang tidak bisa dipungkiri, kalau setiap individu bisa mudah lupa. Baik usia muda hingga usia tua pastinya tidak pernah lepas dari hal ini. 

Meskipun hal ini lumrah dan normal dialami, akan tetapi memiliki ingatan yang buruk sedikit banyak bisa membuat frustasi dan cemas, ya. Apalagi seiring pertambahan usia, kemampuan mengingat dan konsentrasi bisa saja menurun. Selain itu, pengaruh genetik juga dapat berperan dalam menurunnya daya ingat, terutama pada kondisi neurologis yang serius seperti penyakit Alzheimer. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan dan gaya hidup juga berdampak besar pada daya ingat.

Nah, melansir dari Healthline, seperti ini cara untuk meningkatkan daya ingat Anda secara alami. Dengan adanya tips kesehatan ini, siapa tahu bisa membantu Anda dalam memperbaiki kemampuan memori dan menghadapi tugas-tugas dengan lebih percaya diri! Yuk, disimak selengkapnya.

1. Mengurangi asupan gula

Makan terlalu banyak gula tambahan telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan dan penyakit kronis, termasuk penurunan kognitif. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi gula tinggi dapat menyebabkan memori yang buruk dan volume otak berkurang, terutama di area otak yang menyimpan memori jangka pendek.

Satu penelitian terhadap lebih dari 4.000 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman manis seperti soda lebih tinggi, rupanya memiliki total volume otak yang lebih rendah dan rata-rata ingatan yang lebih buruk dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi lebih sedikit gula. Nah, mengurangi gula tidak hanya membantu ingatan Anda tetapi juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.​

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Sempatkan waktu untuk bermeditasi

Sudah bukan rahasia lagi jika meditasi dapat memengaruhi kesehatan secara positif dalam banyak cara. Seperi misalnya dapat membuat diri terasa jauh lebih tenang, mengurangi stres dan rasa sakit, menurunkan tekanan darah, dan juga mampu meningkatkan daya ingat. Tidak cuma sampai di situ, teknik meditasi serta relaksasi telah terbukti meningkatkan ingatan jangka pendek pada orang-orang dari segala usia, seperti orang berusia 20-an hingga orang dewasa yang jauh lebih tua.

Sebagai contoh, satu penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Taiwan yang terlibat dalam praktik meditasi seperti mindfulness memiliki memori kerja spasial yang jauh lebih baik daripada siswa yang tidak berlatih meditasi. Memori kerja spasial adalah kemampuan untuk menyimpan dan memproses informasi dalam pikiran Anda tentang posisi objek dalam ruang.​

3 dari 5 halaman

3. Tambahkan konsumsi kakao dalam diet Anda

Kakao atau cocoa tidak hanya enak tapi juga bergizi, termasuk menyediakan antioksidan dengan dosis yang tinggi yang dikenal juga dengan sebutan flavonoid. Penelitian telah menunjukkan flavonoid sangat bermanfaat bagi otak. Di mana dapat membantu merangsang pertumbuhan neuron dan meningkatkan aliran darah di bagian otak yang terlibat dengan memori. 

Sebuah studi terhadap 30 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung 720 mg flavonoid kakao menunjukkan daya ingat yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi cokelat putih tanpa flavonoid kakao ini.

Nah, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari cokelat, pilihlah cokelat hitam dengan kandungan kakao 70% atau lebih tinggi dari itu. Dengan begitu, antioksidan yang Anda dapatkan juga semakin besar.

4 dari 5 halaman

4. Meningkatkan level vitamin D dalam tubuh

Vitamin D merupakan nutrisi penting yang memiliki banyak peran penting bagi tubuh. Bila tubuh kekurangan vitamin D atau kadar vitamin D rendah, bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi kognitif.

Sebuah studi yang mengikuti 318 orang dewasa yang lebih tua selama 5 tahun menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin D dalam darah kurang dari 20 nanogram (ng) per mililiter (mL) kehilangan ingatan dan kemampuan kognitif lainnya lebih cepat daripada mereka yang memiliki kadar vitamin D normal.

Kadar vitamin D yang rendah juga dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena demensia. Kekurangan vitamin D sangat umum terjadi, terutama di iklim yang lebih dingin dan pada mereka yang berkulit lebih gelap. Bicaralah dengan dokter Anda tentang tes darah untuk mengetahui apakah Anda memerlukan suplemen vitamin D.

 

5 dari 5 halaman

5. Latih otak Anda dengan brain training 

Melatih keterampilan kognitif Anda dengan memainkan permainan otak adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan daya ingat. Sebagai contoh, bermain teka-teki silang, mengingat kata, tetris, dan bahkan aplikasi seluler yang untuk melatih memori adalah cara terbaik agar tidak mudah lupa.

Sebuah penelitian yang melibatkan 42 orang dewasa dengan gangguan kognitif ringan menemukan bahwa bermain game pada aplikasi pelatihan otak selama 8 jam selama periode 4 minggu meningkatkan kinerja dalam tes memori.

Studi lain terhadap 4.715 orang menunjukkan bahwa ketika mereka melakukan program pelatihan otak online selama 15 menit setidaknya 5 hari seminggu, memori jangka pendek, memori kerja, konsentrasi, dan pemecahan masalah mereka meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.