Sukses

Jelang Idul Adha, Begini 5 Cara Mengolah Daging Kurban Agar Tidak Bau dan Keras

Ada beberapa tips sederhana yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan bau dan membuat daging kambing empuk ketika diolah.

Liputan6.com, Jakarta Sesuai hasil sidang isbat dan pengamatan hilal, hari raya Idul Adha di Indonesia tahun ini jatuh pada Kamis (29/6/2023) besok. Sementara, Muhammadiyah telah merayakan hari raya Idul Adha terlebih dahulu yaitu pada Rabu (28/6/2023) hari ini. 

Selain menjalani ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah, umat Islam juga dapat menyambut hari raya Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban. Ya, hari raya Idul Adha tentu identik dengan beragam olahan daging kurban mulai dari sapi, kambing dan juga domba. Mungkin bagi sebagian orang, mengolah daging kurban seperti sapi cukup mudah dilakukan, namun berbeda dengan kambing.

Pasalnya, mengolah daging kambing butuh keterampilan khusus, terutama untuk menghilangkan bau khasnya. Tak hanya itu, untuk membuat daging kurban seperti daging kambing menjadi empuk ketika diolah juga bukan hal yang cukup mudah.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips sederhana yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan bau dan membuat daging kambing empuk ketika diolah. Dikutip dari berbagai sumber berikut cara mengolah daging kurban agar tidak keras dan bau. 

1. Buang lemak pada daging kambing

Seperti yang kita tahu bahwa daging kambing identik dengan baunya yang khas. Rupanya bau prengus pada daging kambing nyatanya berasal dari lapisan lemak yang menempel. Lantas untuk menghilangkannya, kalian bisa membuang bagian lemak pada daging kambing yang akan diolah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Taburi garam

Usai membersihkan daging kambing, kalian bisa menaburi daging kambing dengan garam. Hal ini tak hanya menambah rasa pada daging, tapi juga menghilangkan aroma tak sedap pada daging. Agar garam terserap sempurna, diamkan beberapa saat.

3. Baluri daging dengan nanas

Selain menaburi garam, nanas dikatakan mengandung rasa asam yang dapat membantu mengurangi rasa prengus pada daging. Terlebih lagi, nanas juga dapat membantu daging terasa lebih empuk. Caranya ialah dengan menghaluskan nanas dan lumuri pada daging, lalu diamkan selama beberapa jam.

 

3 dari 4 halaman

4. Rebus daging kambing dengan rempah

Bau tak sedap pada daging kambing tentu cukup mengganggu. Namun jangan khawatir, pasalnya seperti yang kita ketahui rempah-rempah memiliki aroma tajam dan juga khas yang mampu mengatasi aroma tak sedap pada kambing. Jadi, melumuri daging kambing dengan rempah-rempah bisa jadi cara yang efektif untuk menghilangkan baunya.

5. Rebus dengan cuka

Selain rempah, kita juga bisa memanfaatkan cuka untuk menghilangkan bau prengus atau amis pada kambing. Caranya, ialah dengan merebus daging kambing pada air yang diberi cuka selama beberapa saat sebelum dimasak atau dibumbui.

4 dari 4 halaman

6 Tips Konsumsi Daging Kurban saat Idul Adha Agar Tetap Aman untuk Kesehatan

Hari Raya Idul Adha segera tiba, hari besar yang juga disebut Lebaran Haji ini identik dengan hidangan daging kurban. Baik daging sapi maupun daging kambing.

Sebelum mengonsumsi banyak daging, dokter spesialis gizi klinik Eka Hospital BSD Elia Indrianingsih membagikan tips agar konsumsi daging kurban tetap dalam batas aman. Kiat-kiat itu adalah:

 

Makan dengan Porsi Secukupnya

“Jika mendapatkan daging kurban yang cukup banyak, pastikan olah dan konsumsi secukupnya,” kata Elia dalam keterangan pers, dikutip Selasa (27/6/2023).

Pemilihan Area Daging

Biasakan pilih area daging yang tidak berlemak seperti has dalam misalnya, serta hindari area perut apalagi jeroan.

Pengolahan Daging

Dari sisi pengolahan, umumnya daging dimasak dengan menggunakan banyak minyak, santan, dan pembakaran.

Menurut Elia, pengolahan menjadi sup bening akan lebih baik. Jika dimasak dengan santan, batasi kuahnya. Dan, jika dibakar jangan dipilih yang gosong.

Lengkapi dengan Konsumsi Serat

Jangan lupakan konsumsi serat yang bisa didapat dari sayuran dan juga buah-buahan sebagai penyeimbang.

Lengkapi dengan Olahraga

“Satu hal yang juga bisa Anda lakukan yaitu dengan tetap melakukan olahraga, tidak hanya setelah Idul Adha, tapi lakukanlah secara rutin. Sebaiknya hindari menyantap makanan (terutama daging) 2 jam sebelum Anda tidur,” imbau Elia.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.