Sukses

5 Kota Tertua di Indonesia, Ada yang Usianya Lebih dari 1000 Tahun

Indonesia merdeka sejak tahun 1945. Namun nyatanya, beberapa kota di Tanah Air berusia jauh lebih tua, bahkan mencapai lebih dari 1000 tahun. Tak heran jika beberapa kota dijuluki sebagai kota tertua di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merdeka sejak tahun 1945, yang kini menginjak usia 78 tahun. Namun nyatanya, beberapa kota di Tanah Air berusia jauh lebih tua, bahkan mencapai lebih dari 1000 tahun.

Tak heran jika beberapa kota dijuluki sebagai kota tertua di Indonesia. Beberapa kota ini juga kental dengan sosok dan sejarah berdirinya. Penasaran kota mana saja yang termasuk dalam kota tertua di Indonesia? Ini dia, seperti merangkum dari berbagai sumber.

1. Kediri, Jawa Timur

Kediri menjadi salah satu kota tertua di Indonesia. Kediri berdiri sejak 27 Juli 879 Masehi, yang kini berumur 1144 tahun.

Kediri menjadi kota terbesar ketiga di Jawa Timur, pertama diduduki Surabaya dan kedua Kota Malang.

Kota Kediri terdiri atas tiga kecamatan dan 46 kelurahan. Ketiga kecamatan itu adalah Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Kota Kediri, dan Kecamatan Pesantren.

2. Palembang, Sumatera Selatan

Palembang merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan dan menjadi ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan. Salah satu kota tertua di Kepulauan Melayu dan ASEAN ini memiliki luas wilayah 369,22 kilometer persegi.

Kota ini sempat menjadi ibu kota dari Kerajaan Sriwijaya yang juga merupakan kerajaan terkuat di Melayu dan kerajaan pertama di Nusantara. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan arca dan juga prasasti, di antaranya prasasti Kedukan Bukit di Bukit Siguntang.

Bukti awal keberadaan Palembang adalah ketika pada abad ke-7, biksu Tiongkok, Yjing mengunjungi Kerajaan Sriwijaya selama enam bulan.

Dalam prasasti yang ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Melayu Kuno ini, dijelaskan bahwa Palembang sudah menjadi sebuah kota sejak 16 Juni 682M yang didirikan oleh Dapunta Hyang. Kini Palembang telah berusia 1341 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Banda Aceh, Aceh

Kota Banda Aceh dibangun oleh Sultan Johan Syah pada 22 April 1205 Masehi. Kini Banda Aceh telah berusia 817 tahun.

Banda Aceh merupakan salah satu kota Islam Tertua di Asia Tenggara. Kota Banda aceh juga memerankan peranan penting dalam penyebaran islam ke seluruh Nusantara/ Indonesia. Oleh karena itu, kota ini juga dikenal sebagai Serambi Mekkah.

4. Magelang, Jawa Tengah

Magelang berdiri sejak 11 April 907 Masehi, dan kini usianya 1.117 tahun.Magelang mengawali sejarahnya sebagai desa perdikan Mantyasih atau yang saat ini dikenal sebagai Kampung Meteseh. Karena letaknya yang strategis, kota ini pernah dijadikan pusat lalu lintas perekonomian oleh pemerintah Belanda.

Pada abad ke-18, Inggris memerintahkan Magelang untuk menjadi pusat pemerintah di kabupaten. Saat itu, Mas Ngabehi Danurukmo diangkat menjadi bupati pertama yang mempelopori pengembangan Magelang dengan membangun sebuah masjid, alun-alun kota, dan kantor bupati.

Lalu, pada 1818, Magelang menjadi ibu kota Kabupaten Kedu. Kini, Magelang terkenal karena menjadi lokasi Candi Borobudur yang terkenal hingga ke mancanegara. 

3 dari 3 halaman

5. Salatiga, Jawa Tengah

Berdasarkan temuan dalam Prasasti Plumpungan, Salatiga merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Terletak di Provinsi Jawa Tengah, Salatiga sudah ada sejak 750 masehi.

Salatiga memiliki 4 kecamatan dan 23 kelurahan. Kota ini juga memiliki luas wilayah sebesar 57,36 km² serta jumlah penduduk mencapai 186.859 jiwa dengan kepadatan penduduk sebesqr 3.257 jiwa/km².

Kota Salatiga merayakan hari jadinya setiap tanggal 24 Juli. Dari 750 masehi hingga sekarang, Salatiga sudah berusia 1269 tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.