Sukses

Gelombang Panas Landa India, Lakukan 7 Hal Ini untuk Lindungi Diri dari Paparan Panas

Gelombang panas tengah melanda India, berikut ini hal-hal yang harus dilakukan untuk melindungi dari paparan panas

Liputan6.com, Jakarta Delhi tengah dilanda gelombang panas terik dengan suhu maksimum menembus angka 40 derajat Celsius. Menurut laporan University of Cambridge, sekitar 90 persen India tengah berada di zona bahaya dampak gelombang panas.

Gelombang panas, dehidrasi, kelelahan akibat panas, dan kram akibat panas hanyalah beberapa masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh suhu tinggi. Selama musim panas, beberapa kematian akibat sengatan panas terjadi di India.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan dalam keadaan ini untuk menghindari efek negatif dari panas yang tinggi. Berikut tips untuk melindungi diri dari paparan panas seperti dihimpun dari Indiatvnews:

1. Kenakan pakaian ringan

Selama bulan-bulan panas dalam setahun, kulit Anda juga harus bisa bernapas. Kenakan pakaian tipis, kain tipis, dan warna terang untuk menghindari terperangkapnya panas dalam situasi ini.

2. Mandi Air Dingin

Strategi fantastis lainnya untuk tetap aktif di musim panas adalah mandi air dingin. Cobalah bangun pagi untuk mandi air dingin meskipun air di dalam tangki mungkin memanas karena panas yang menyengat.

3. Tetap terhidrasi

Karena panas menyebabkan hilangnya elektrolit, Anda mungkin merasa terlalu lelah di musim panas. Dengan mencegah dehidrasi dan mendorong penurunan berat badan, tetap terhidrasi dapat membantu mengganti kehilangan elektrolit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Buah musim panas

Makan semangka atau buah lain yang tinggi air akan membantu Anda merasa lebih berenergi jika Anda mengalami kelelahan terkait gula darah rendah. Bersama dengan vitamin C, antioksidan, dan serat, buah-buahan memiliki salah satu kandungan air terbesar, mencegah kelelahan akibat musim panas dan gelombang panas.

5. Tabir surya

Orang bisa berpikir bahwa ini tidak ada hubungannya dengan kelelahan musim panas. Padahal, sebenarnya sunburn bisa dihindari dengan memakai tabir surya ber-SPF tinggi.

6. Diet Ringan

Makan makanan ringan adalah komponen penting yang dapat membantu orang merasa berenergi selama musim panas dapat melelahkan, dapat memengaruhi tingkat energi, dan bahkan dapat menyebabkan kembung.

7. Jaga agar rumah Anda tetap sejuk

Agar rumah Anda tetap sejuk selama gelombang panas, tutup gorden atau kerai Anda di siang hari untuk mencegah sinar matahari. Jika Anda tidak memiliki AC, coba gunakan kipas angin untuk mengedarkan udara dan menciptakan angin sepoi-sepoi. Anda juga dapat mencoba mandi air dingin untuk membantu menurunkan suhu tubuh.

3 dari 3 halaman

Gelombang Panas Landa Dunia, Ini Doa Saat Cuaca Panas

Fenomena alam berupa gelombang panas menerpa sejumlah negara di dunia. Saking panasnya, di India, suhu mencapai 46 derajat Celsius.

Suhu panas juga dirasakan di Indonesia. Sempat diduga akibat dampak gelombang panas, suhu panas di Indonesia lebih banyak disebabkan oleh siklus gerak semu matahari.

Meski tak sampai panas ekstrem, namun cuaca panas ini membuat tak nyaman dan seringkali menyebabkan kondisi kesehatan menurun jika tak diantisipasi dengan baik.

Cuaca panas bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Misalnya, menyebabkan orang mudah jatuh sakit, hingga berisiko terhadap kesehatan kulit.

Sebagai umat Islam, selain upaya-upaya untuk mencegah dampak buruk gelombang panas atau cuaca, ada baiknya kita berdoa. Berikut ini adalah doa cuaca panas, dikutip dari kanal Cahaya Hati - Islami Liputan6.com:

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.