Sukses

Untuk Kaum Mager, Ikuti 7 Tips Ini Agar Rajin Berolahraga

Masih malas untuk berolahraga? Coba ikuti semua tips ini supaya bersemangat!

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti sudah tau kalau aktif bergerak, khususnya berolahraga secara teratur itu sangat penting bagi kesehatan. Bukan hanya untuk tubuh, tapi juga baik bagi pikiran dan jiwa. Walaupun begitu, ternyata praktiknya tidak semudah kelihatannya.

Pasti ada masanya Anda merasa malas atau bosan berolahraga. Bahkan rasa mager sering sekali melanda, karena terkadang sudah merasa lelah dengan rutinitas sehari-hari. Kalau sudah begini, begitu sulit memprioritaskan kebugaran dan kesehatan dengan memulai berolahraga.

Bagi yang masih belum menemukan alasan kenapa harus berolahraga rutin, rasanya artikel ini wajib dibaca! Seperti yang Liputan6.com lansir dari Healthline, Selasa (18/4/2023), ada cara-cara yang dapat membantu Anda tetap termotivasi, cocok bagi kaum mager. 

1. Tetapkan tujuan

Memang rasanya sulit memulai sesuatu yang baru tanpa tahu "why?" untuk melakukan hal tersebut. Nah, agar motivasi olahraga tetap terjaga, tetapkan goal sesuai prioritas. Pastikan kondisikan juga dengan kemampuan Anda.

Misalnya, ingin menurunkan berat badan, maka buatlah dengan berolahraga seminggu 3 kali atau rencana lainnya yang menyesuaikan dengan aktivitas Anda. Catat juga rencana ini pada buku atau memo yang bisa Anda lihat setiap waktu sebagai pengingatnya.

2. Ikuti aturan 3x10

Hanya punya waktu sebentar berolahraga? Tidak masalah. Sebagai permulaan, Anda bisa berjalan kaki 10 menit, selama 3 kali sehari. Jika sudah mulai rutin, ganti dengan beberapa kali squat, push-up, dan crunch agar mendapatkan latihan di seluruh tubuh. Coba rasakan perbedaannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Fokus pada proses, bukan hanya tujuan

Banyak orang yang berolahraga, hanya untuk mencapai tujuan akhir, seperti menurunkan berat badan. Namun jika hanya terfokus pada hal tersebut, seiring berjalannya waktu, Anda bisa kehilangan motivasi setelah mencapai target.

Supaya tetap on-track, Anda bisa menerapkan SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time-based) saat ingin merutinkan olahraga.

Beberapa contoh penerapan SMART seperti:

  • Saya akan berjalan cepat selama 30 menit dalam 5 hari ke depan.
  • Saya hanya mengonsumsi kopi satu cangkir di minggu ini.
  • Saya akan makan porsi sayuran lebih banyak setiap hari pada bulan ini.

4. Siapkan tas khusus berolahraga

Pastikan Anda punya tas khusus untuk berolahraga, entah untuk gym atau olahraga lainnya. Letakkan tas itu di dalam mobil atau tempat yang mudah terlihat oleh mata. Di dalamnya bisa dimasukkan pakaian ganti dan sepasang sepatu. Siapa tahu, saat Anda juga sedang bosan, Anda ingin berjalan kaki di sekitar tempat kerja.

3 dari 4 halaman

5. Beri hadiah untuk diri sendiri

Hal sederhana tapi sering terlupakan, yaitu merayakan perubahan-perubahan kecil dari diri sendiri. Untuk itu, Anda jangan lupa juga memberikan hadiah karena sudah mau rutin berolahraga. Seperti contohnya, kalau berat badan Anda bisa turun 2 kg dalam sebulan, coba makan makanan yang sempat dihindari saat diet atau beli barang apapun yang Anda sukai.

6. Dengarkan musik saat berolahraga

Luangkan waktu dengan membuat daftar putar (playlist) semua lagu favorit. Pilih lagu-lagu pembangkit semangat agar menginspirasi untuk terus bergerak. Selain itu, dengan mendengarkan musik bisa membuat semangat dan suasana hati menjadi baik.

7. Kenakan pakaian olahraga terbaik

Malas berolahraga? Coba ganti pakaian yang dipakai dengan pakaian olahraga dulu. Cara ini bisa membantu Anda mendapatkan motivasi untuk bergerak. Kan sayang sekali, jika sudah mengenakan pakaian olahraga, tapi malah duduk-duduk saja, kan?

4 dari 4 halaman

Cara Agar Tetap Terus Termotivasi Berolahraga

Berhasil melawan mager? Selamat untuk Anda! Berarti ini sebuah pertanda jika Anda sudah berhasil untuk memiliki rutinitas baru yang ditetapkan. Nah, satu hal yang tidak kalah penting yaitu jagalah komitmen untuk tetap hidup sehat ini. 

Coba pikirkan tentang hasil yang nantinya bisa Anda dapatkan dari berolahraga rutin setiap hari, misalnya pikiran jauh lebih tenang dengan bonus mendapatkan bentuk tubuh yang diidam-idamkan sejak lama.

Dengan begitu, Anda tetap fokus pada tujuan akhir, sehingga dapat terus bersemangat berolahraga. Agar tidak bosan, Anda juga dapat mengajak teman atau keluarga berolahraga bersama biar semakin bersemangat! 

Namun, jika Anda memiliki suatu penyakit dan juga kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Hal ini supaya dokter dapat memberikan informasi berupa jenis olahraga dan durasi yang sesuai untuk dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.