Sukses

Persiapan Penting UTBK-SNBT 2023 dan 3 Jurus Belajar Anti Bosan

Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) untuk penerimaan mahasiswa baru telah dibuka dari tanggal 23 Maret hingga 14 April 2023 dengan 203.980 kursi yang diperebutkan.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) untuk penerimaan mahasiswa baru telah dibuka dari tanggal 23 Maret hingga 14 April 2023 dengan 203.980 kursi yang diperebutkan pada tahun ini. Peserta yang bisa mengikuti ujian UTBK-SNBT adalah siswa lulusan dan paket C tahun 2021 hingga 2023 dari jenjang SMA, MA, SMK, dan sederajat, dengan usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2023. 

Pelaksanaan UTBK-SNBT dilakukan dalam dua gelombang, yakni pada tanggal 8-14 Mei 2023 untuk gelombang pertama dan 22-28 Mei 2023 untuk gelombang kedua. Hasil SNBT akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2023, sementara sertifikat UTBK dapat diunduh pada periode 26 Juni hingga 31 Juli 2023.

Ujian UTBK-SNBT 2023 akan segera dilaksanakan pada bulan Mei mendatang untuk calon mahasiswa baru. Peserta ujian akan mengerjakan soal yang terdiri dari TPS (Tes Potensi Skolastik) dan tes literasi yang memiliki total tujuh subtes. Hal ini menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan para peserta dalam mempersiapkan ujian. 

Selama persiapan ujian pasti kamu ingin mendapatkan hasil yang terbaik dan memperoleh kesempatan untuk diterima di perguruan tinggi impianmu. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh kamu agar mendapatkan hasil yang terbaik dalam Ujian UTBK-SNBT 2023.

Pertama, pastikan kamu sudah memahami dengan baik materi yang akan diujikan dalam TPS dan tes literasi. Banyak sumber belajar yang bisa dimanfaatkan, seperti buku-buku, video pembelajaran, atau kursus online.

Kedua, lakukanlah latihan soal secara teratur untuk memperkuat pemahaman dan meningkatkan kecepatan dalam mengerjakan soal. Peserta dapat mencari soal-soal latihan di buku-buku referensi atau di situs-situs pendidikan.

Ketiga, berusahalah untuk menjaga kondisi fisik dan mental dengan baik selama proses persiapan. Istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan olahraga ringan dapat membantu menjaga kesehatan fisik, sedangkan melakukan aktivitas yang menyenangkan atau berbicara dengan orang yang menyemangati dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Keempat, saat mengerjakan soal di hari ujian, usahakan untuk membaca dengan cermat dan teliti setiap pertanyaan dan pilihlah jawaban yang paling tepat. Hindari terlalu banyak membuang waktu pada satu soal dan berusahalah untuk menyelesaikan semua soal dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Jurus Belajar Anti Bosan

Terkadang, 4 hal di atas dapat membuat belajar kamu jadi monoton dan cepat bosan. Jika itu terjadi, ada langkah yang bisa kamu coba untuk memerangi rasa bosan dalam belajar, sebagai berikut.

1. Bergabung dengan Kelompok Studi

Bergabung dengan kelompok studi bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi rasa bosan. Kamu bisa bertukar informasi atau diskusi bersama mereka mengenai materi yang sedang dipelajari. Dalam kelompok studi, kamu juga bisa memperoleh motivasi dari teman-teman untuk terus belajar dan mengatasi rasa bosan.

Cobalah untuk mencari metode belajar yang tepat untuk kamu. Misalnya, jika kamu lebih suka belajar melalui gambar atau video, maka kamu bisa mencari sumber belajar yang menyediakan materi dengan format tersebut. Hal ini dapat membantu kamu memahami materi dengan lebih baik dan mencegah rasa bosan dalam belajar.

2. Belajar dengan Metode yang Tepat

3 dari 3 halaman

3. Menerapkan Self-Reward

Self-reward adalah salah satu cara yang efektif untuk memotivasi diri sendiri dalam belajar. Dengan memberikan reward atau hadiah untuk diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan suatu tugas atau mencapai tujuan tertentu, kamu dapat memperoleh kepuasan dan motivasi yang lebih tinggi dalam belajar. Reward bisa berupa apa saja, misalnya makan makanan favorit, menonton film, atau membeli barang yang diinginkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa reward yang diberikan haruslah realistis dan tidak mengganggu produktivitas belajar. Misalnya, jangan memberikan reward dengan bermain game selama berjam-jam setelah menyelesaikan satu bab materi. Hal ini justru akan mengganggu konsentrasi dan menghambat produktivitas belajar.

Dengan menerapkan 3 poin tersebut, kamu dapat mengatasi rasa bosan dalam belajar dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi Ujian UTBK-SNBT 2023.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini