Sukses

Cuti Bersama Lebaran Ditambah, Warganet: Padahal Udah Beli Tiket Mudik, Suka Bingung Sama Pemerintah

Penambahan cuti bersama lebaran membuat kebingungan di kalangan warganet

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah resmi menambah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dari yang awalnya dimulai pada 21-26 April 2023, menjadi dimulai 19-25 April 2023.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa hal tersebut diputuskan setelah mempertimbangkan tingkat arus mudik Lebaran 2023 yang diprediksi bakal sangat tinggi. Karena itulah, pemerintah memutuskan untuk memajukan cuti bersama untuk mencegah penumpukan.

Meski demikian, hal tersebut menimbulkan pro dan kontra di antara masyarakat terutama di antara warganet. Hal ini dianggap membingungkan masyarakat terlebih bagi para warga yang telah membeli tiket mudik Lebaran.

Bagi mereka yang pro, sangat setuju dengan penambahan cuti bersama lebaran dengan tujuan untuk mencegah penumpukan pemudik yang pulang ke kampung halaman, maupun ke kota tempat mereka mencari nafkah.

"Cocok bungkus biar arus balik dan arus mudik nya tidak menumpuk," cuit @fr_ud***.

"Tanggung amat. Sampe akhir bulan sekalian. Cincay lah!" cuit @indra***.

"Tumben gw kali ini setuju dgn omongannya," cuit @Upik***.

Namun bagi mereka yang kontra, alasan utama mereka adalah sudah membeli tiket mudik. Tentunya, tidak mudah untuk membatalkan tiket yang sudah dibeli atau mengubah jadwal mudik yang sudah direncanakan. Warganet menganggap informasi yang diberikan pemerintah sering kali membingungkan atau pun telat.

"sebenernya bikin regulasi gini itu juga mempertimbangkan yg naik transportasi umum dan tiketnya hrs dibeli di jauh hari gak sih? Kan gak semua pemudik naik kendaraan pribadi yg bisa sewaktu² brgkt, bapak ibu pemangku kebijakan yg terhormat," cuit @Ciiilvi***.

"Pak lha terus gmna yang udah pesen tiket, mau dibatalin ya gak bisa. Pesen tiket aja susahnya minta ampun. Gek saya pesen tiket balik nya tgl 26 lagi, hadeh, buat info gini ya jangan ndadak dong. Kuingin marah," cuit @novia***.

"Kadang bingung ama pemerintah, kenapa selalu ngubah ditengah-tengah -_- apa ngga merhatiin orang-orang yang udah jauh-jauh hari beli tiket warr, mana harga tiketnya langsung di up'in ke harga tertinggi lagi," tulis @roselatte***.

"Ya ampun pak, udah ngewar sampe jam 3 ya masa cuti bersama direvisi. Udah nyari duit susah, libur susah, cuti bersama setahun tinggal 4, skrg batalin tiket kena 25%, nyari duitnya dari pagi smpe mlm, mudiknya setahun sekali. Sedih jadi rakyat yg gak punya duit banyak," ujar @Im_ivon***.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Penambahan Cuti Bersama Lebaran 2023: Arus Mudik Diprediksi Tinggi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, keputusan memperpanjang cuti bersama lebaran karena mempertimbangkan arus mudik lebaran 2023 diprediksi tinggi. Sehingga, pemerintah memutuskan memajukan cuti bersama untuk mencegah penumpukan.

"Itu alasannya apa, karena secara tradisional keinginan untuk mudik ini tinggi sekali, dengan volume yang banyak dan kalau dilihat itu tertuju sama hanya tanggal 21, maka terjadi penumpukan yg luar biasa," jelasnya, Jumat (24/3/2023).

Budi Karya menyatakan, cuti bersama Lebaran akan dimajukan dimulai pada 19 hingga 25 April 2023.

"Sehingga dengan dimajukan itu pemudik bisa mulai (mudik) dari tanggal 18 sore, 19, 20, 21, ada 4 hari mereka mudik," sambung Budi Karya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di Bandung, memerintahkan seluruh jajaran Korlantas Polri untuk sejak dini menyiapkan strategi pengamanan dan penjagaan yang baik terkait pelaksanaan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2023 mendatang.

Berdasarkan pernyataan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), lanjutnya, bahwa jumlah pemudik pada 2023 akan lebih besar dibandingkan 2022, dengan perkiraan sebanyak 123 juta masyarakat akan bepergian.

"Jadi artinya tentu kita bisa bayangkan bagaimana kalau rekayasa lalu lintas yang kita persiapkan ke depan tidak kita laksanakan secara maksimal. Pengalaman kemarin, mudik di 2022 yang tadinya kita perkirakan bahwa akan terjadi kemacetan luar biasa. Alhamdulilah bisa kita atasi," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Cuti Bersama Lebaran 2023 Dimajukan, Pemerintah Minta Perusahaan Beri THR Lebih Awal

Pemerintah mengimbau perusahaan swasta memberikan tunjangan hari raya (THR) lebih awal kepada pegawainya. Hal ini menyusul dimajukannya cuti bersama Lebaran 2023, dari 19 sampai 25 April 2023.

"Satu hal yang kita imbau terutama berkaitan dengan swasta, agar memberikan THR lebih awal," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers usai rapat mengenai arus mudik Lebaran 2023 bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/3/2023).

 Dia menyarankan agar perusahaan swasta membagikan THR selambat-lambatnya tanggal 18 April 2023. Dengan begitu, pegawai dapat memulai perjalanan mudik pada tanggal 18 April 2023 malam hari.

"Sehingga pada saat tanggal 18 (April) dipastikan mereka sudah terima THR dan mereka bisa melakukan suatu perjalanan mulai 18 malam," jelasnya.

Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah awalnya dimulai pada 21 sampai 26 April 2023. Namun, pemerintah mengubah susunan cuti bersama menjadi dimulai 19 sampai 25 April 2023.

Budi Karya menjelaskan hal ini diputuskan dengan mempertimbangkan tingkat arus mudik Lebaran 2023 yang diprefiksi akan tinggi. Sehingga, pemerintah memutuskan memajukan cuti bersama untuk mencegah penumpukan.

"Itu alasannya apa, karena secara tradisional keinginan untuk mudik ini tinggi sekali, dengan volume yang banyak dan kalau dilihat itu tertuju sama hanya tanggal 21, maka terjadi penumpukan yg luar biasa," tutur dia.

"Sehingga dengan dimajukan itu pemudik bisa mulai (mudik) dari tanggal 18 (April) sore, 19, 20, 21, ada 4 hari mereka mudik," sambung Budi Karya.

4 dari 4 halaman

Ini Jadwal Cuti Bersama dan Libur Nasional Lebaran 2023 Setelah Dimajukan oleh Presiden Jokowi

Cuti bersama Lebaran 2023 yang sebelumnya diputuskan dalam Surat Keputusan Bersama 3 Menteri, bahwa cuti bersama dan libur nasional di tanggal 21 April hingga 26 April 2023, jadi dimajukan setelah digelarnya rapat terbatas soal mudik.

Keputusan Presiden Jokowi tentang perubahan cuti bersama Lebaran 2023 ini pun bikin bingung warganet. Mereka bertanya-tanya kapan jadwal pasti cuti bersama Lebaran 2023.

Agar warganet tak bingung dan bertanya-tanya kapan jadwal pasti cuti bersama Lebaran 2023, berikut adalah jadwalnya, mengutip keterangan Menhub Budi Karya Sumadi:

Jadwal Cuti Bersama Lebaran 2023:

  • Semula cuti bersama Lebaran 2023 menurut SKB 3 Menteri dijadwalkan pada 21 April, 24 April, 25 April dan 26 April 2023 atau total cuti bersama Lebaran 2023 sebanyak 4 hari.
  • Kini setelah diubah, cuti bersama Lebaran 2023 berlaku dari 19 April, 20 April, 21 April, 24 April dan 25 April 2023 atau sebanyak 5 hari. Menhub Budi mengatakan, masuk kerja setelah cuti bersama Lebaran 2023 dilakukan pada 26 April 2023.
  • Jadwal Libur Nasional Idul Fitri 22 April dan 23 April 2023 atau sebanyak dua hari. 

Oleh karena itu, jadwal libur cuti bersama Lebaran 2023 dan libur nasional Idul Fitri 2023 secara total sebanyak 7 hari, yakni dari 19, 20, 21, 22, 23, 24, dan 25 April 2023. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.