Sukses

6 Kesalahan Makeup Ini Sebabkan Jerawat di Wajah

Berikut ini kesalahan memakai makeup yang sebabkan jerawat di wajah

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda terjebak dalam perangkap terus-menerus untuk wajah yang breaking out atau berjerawat? Nah, selain dari makan makanan berlemak, paparan polusi, dan perubahan kadar hormon, kesalahan makeup juga bisa berkontribusi pada lingkaran setan jerawat.

Sebenarnya, makeup atau riasan dimaksudkan untuk membuat kulit Anda terlihat lebih baik, bukan lebih buruk. Namun, beberapa kosmetik memiliki bahan yang mempromosikan jerawat, dan bagaimana Anda menggunakan produk tersebut juga dapat menjadi faktor penyebab munculnya jerawat.

Mari kita cari tahu kesalahan apa yang harus Anda hindari saat merias wajah untuk mencegah jerawat. Dilansir dari Healthshots, ini dia.

1. Tidur dengan riasan

Jika Anda hanya menggunakan tisu penghapus riasan di malam hari untuk menghapus riasan Anda, Anda tidak melakukannya dengan cukup. Penting untuk menghapus make up dengan benar sebelum tidur.

Pakaian siang hari dapat menahan kotoran dan minyak, meningkatkan risiko berjerawat. Gunakan penghapus makeup dengan bahan khusus daripada tisu makeup, atau membersihkan wajah Anda dua kali sebelum keluar di malam hari.

 

2. Menggunakan produk kadaluarsa

Tidak membuang makeup yang sudah lama dibuka atau yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa juga dapat berimbas pada jerawat di wajah. Umur simpan riasan yang diterapkan pada wajah memiliki batas, dan itu belum tentu selama yang Anda pikirkan.

Anda harus mengganti maskara setiap tiga bulan, dan eyeliner, serta eyeshadow setiap enam hingga dua belas bulan. Umur simpan riasan wajah, alas bedak, dan bedak lainnya biasanya 12 bulan. Atau Anda harus selalu merujuk pada tanggal kedaluwarsa yang disebutkan pada produk.

Pelanggar terburuk adalah kosmetik berbahan dasar cair atau krim, yang bila digunakan setelah tanggal kedaluwarsa dapat menahan mikroorganisme. Jika Anda terus menggunakan riasan lama itu, kulit Anda akan terkena bakteri tambahan saat menyebar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Menggunakan tangan kotor untuk merias wajah

Jika Anda tidak mencuci tangan sebelum merias wajah, Anda mungkin memindahkan bakteri dan kotoran dari ujung jari ke wajah Anda. Ini adalah salah satu penyebab tercepat munculnya jerawat. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah merias wajah dan gunakan kuas rias untuk mengaplikasikannya.

4. Berbagi produk makeup dan tidak mencucinya dengan benar

Apakah Anda juga berbagi kuas makeup dan spons dengan orang lain dan tidak sering mencucinya? Salah satu kesalahan kosmetik terbesar yang dapat menyebabkan jerawat adalah yang satu ini.

Anda harus selalu berusaha menghindari berbagi riasan dengan orang lain. Menggunakan alat atau produk orang lain membuat Anda terpapar minyak dan kumannya, yang bisa berbahaya bagi kulit Anda.

Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan wabah jerawat. Juga menjaga kebersihan kuas dan spons riasan sangat penting untuk mencegah jerawat karena aplikator yang terkontaminasi dapat menyebarkan kuman penyebab jerawat ke seluruh wajah Anda.

 

3 dari 4 halaman

5. Menutupi jerawat dengan riasan

Membiarkan jerawat yang ada semakin parah dengan menutupinya dengan riasan tanpa melindungi kulit dengan tabir surya, pelembap, dan krim anti jerawat juga merupakan salah satu kesalahan riasan yang menyebabkan munculnya jerawat.

Rawat kulit Anda yang terkena jerawat sebelum mengaplikasikan alas bedak apa pun. Selain itu, jauhi riasan pada pori-pori yang terbuka karena dapat menyebabkan infeksi. Biarkan kulit Anda sembuh dulu, baru gunakan riasan.

 

4 dari 4 halaman

6. Tidak membiarkan kulit Anda bernafas dengan memberikan hari bebas makeup

Sering menggunakan riasan membuat kulit Anda tidak menerima cukup udara untuk bernapas, seperti halnya memakai terlalu banyak dapat menyebabkan atau memperparah jerawat. Kulit Anda akan mendapat manfaat dari istirahat jika Anda dapat mencoba bebas riasan setidaknya seminggu sekali.

Jadi ladies, pastikan Anda tidak mengulangi kesalahan ini lagi jika ingin menghilangkan jerawat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.