Sukses

Top 3: Sunnah tentang Anjuran Beribadah pada Malam Nisfu Syaban

Artikel tentang sunnah tentang ajuran beribadah pada malam Nisfu Saban menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta Menurut kalender Hijriyah, malam Nisfu Syaban jatuh pada hari Rabu, 8 Maret 2023. Tepatnya, pada tanggal 15 di bulan Syaban.

Malam nisfu syaban termasuk salah satu malam yang penting bagi umat Islam karena begitu besar keutamannya. Malahan, ini disebut sebagai malam pengampunan karena Allah SWT memenuhi malam ini dengan rahmat serta kebaikan.

Artikel tentang sunnah tentang ajuran beribadah pada malam Nisfu Syaban menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang sosok Tonny Sumartono, suami Sri Mulyani.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang 3 amalan malam nisfu syaban.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Malam Nisfu Syaban Menurut Sunnah, Ini Dalil yang Anjurkan Mengamalkannya

Buku Malam Nisfu Syaban karya Hanif Luthfi mengemukakan sejumlah dalil yang menyunnahkan solat di malam nisfu syaban. Dalil-dalil tersebut yakni:

PertamaImam Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulum ad-Din menulis:

وليلة النصف من شعبان ففيها مائة ركعة يقرأ في كل ركعة

بعد الفاتحة سورة الإخلاص عشر مرات كانوا لا يتركونها

Malam Nishfu Sya'ban di dalamnya ada sholat 100 rakaat, setelah baca al-Fatihah baca Surat al Ikhlas 10 kali, mereka tidak pernah meninggalkannya.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mengenal Sosok Tonny Sumartono, Suami Sri Mulyani yang Jarang Tersorot

Sebagian besar dari kalian tentu tak asing dengan nama Sri Mulyani. Ya, beliau adalah Menteri Keuangan negara Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Sri Mulyani telah menjabat sebagai Menkeu selama tiga periode. Tak heran jika Sri Mulyani dikenal sebagai salah satu wanita paling inspiratif di Indonesia.

Sri Mulyani telah menduduki kursi Menteri Keuangan selama dua periode pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Sementara itu, sebelumnya wanita kelahiran Lampung, 26 Agustus 1962 itu menduduki posisi yang sama saat Indonesia berada di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Namanya sangat mentereng di Indonesia, namun hal ini tentu tak terlepas dari peran penting sang suami yaitu Tonny Sumartono. Sayangnya, sosok Tonny Sumartono sendiri jarang tersorot kamera. 

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Malam Nisfu Syaban Jatuh Hari Ini, Berikut 3 Amalan yang Dianjurkan

Bulan Syaban merupakan bulan setelah Rajab dan sebelum Ramadhan. Sebelum bulan Ramadhan tiba, kaum muslimin menyiapkan diri pada bulan Syaban. Banyak ketutamaan pada bulan Syaban, salah satunya adalah pada malam Nisfu Syaban yang jatuh pada pertengahan bulan Syaban.

Malam Nisfu Syaban jatuh pada Selasa, 7 Maret 2023 hingga Rabu, 8 Maret 2023. Malam ini sangat dinantikan oleh umat muslim bagi yang ingin mendapatkan keutamaannya. Malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai malam pengampunan, karena pada malam tersebut dipenuhi dengan rahmat dan kebaikan-kebaikan Allah SWT.

Melansir laman resmi NU Online, Senin (06/03/2023), Al-Imam Al-Qasthalani (wafat 923 H) menjelaskan awal mula adanya peringatan malam Nisfu Syaban dalam kitabnya Al-Mawahib Al-Laduniyah sebagai berikut:

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.