Sukses

4 Alasan Penting Harus Sering Mengganti Sarung Bantal

Sarung bantalmu bersentuhan langsung dengan kulitmu, dan ahli medis menyarankan untuk menggantinya 2 hingga 3 kali per minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada yang bisa menimbulkan perasaan nyaman seperti tempat tidur yang bersih. Selain perasaan nyaman saat meletakkan kepala di atas sarung bantal yang berih, sebenarnya ada lebih banyak alasan untuk menggantinya secara teratur.

Sarung bantalmu bersentuhan langsung dengan kulitmu, dan ahli medis menyarankan untuk menggantinya 2 hingga 3 kali per minggu. 

Oleh karena itu, ketahui alasan penting harus mengganti dan mencuci sarung bantal, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (21/2/2023).

1. Bisa menarik tungau debu

Setiap malam saat Anda tidur, Anda akan memindahkan keringat, sisa makeup dan 50 juta sel kulit mati ke sepraimu. 

Keringat dan sel kulit mati menciptakan lingkungan yang sempurna bagi tungau debu yang memakannya dan berkembang biak. 

Jika Anda tidak cukup sering mengganti sarung bantal, Anda membuat dirimu terkena tungau jahat yang sangat berbahaya bagi kesehatanmu.

2. Membuatmu berjerawat 

Menghapus makeup sebelum tidur menjadi langkah penting untuk mendapatkan kulit sehat dan bersih. Meski Anda telah membersihkan wajah, terkadang masih ada beberapa produk yang tersisa di wajahmu yang akan menempel di bantal dan akan menetap sampai dicuci.

Dikombinasikan dengan keringat dan minyakmu, ini memungkinkan bakteri dan jamur berkembang biak, yang bisa mengiritasi kulitmu, membuatnya lebih rentan dan berjerawat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Merusak rambut

Anda mungkin telah menghabiskan banyak uang untuk sampo dan perawatan rambut, tapi kemungkinan besar Anda tidak terlalu memperhatikan jenis sarung bantal tempat Anda tidur. 

Saat Anda tidur bolak-balik, kain katun yang kasar bisa menimbulkan gesekan dan menyebabkan kerusakan. Dan jika sarung bantalmu kurang bersih, Anda bisa meningkatkan risiko mengiritasi kulit kepalamu, yang pada gilirannya bisa memengaruhi kesehatan dan kecantikan rambutmu. 

4. Memengaruhi tidur

Jika Anda sudah cukup lama tidak mengganti sarung bantal, gas yang dikeluarkan oleh semua kuman dan tungau debu di atasnya bisa menyebabkan alergi dan kesulitan bernapas.

Ketika Anda tidak bisa bernapas dengan benar, hal itu bisa memengaruhi tidurmu, menyebabkan Anda merasa lelah di pagi hari.

3 dari 4 halaman

Waktu yang Dibutuhkan Kebanyakan Orang untuk Tidur Menurut Ahli

Saat Anda memikirkan perawatan diri dan kebiasaan hidup sehat, Anda cenderung menunjuk pada makan dengan baik, berolahraga secara teratur, dan cukup tidur. 

Sayangnya, banyak orang yang melewatkan waktu tidur mereka lantaran terlalu sibuk dan stres mulai menumpuk. Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda perlu tidur tujuh jam atau lebih setiap malam untuk mendapatkan kondisi terbaik Anda, tetapi kapan waktu terbaik untuk tidur dan apakah itu penting?

Adalah normal untuk mengkhawatirkan detail tentang tidur karena melakukannya dengan benar sangat penting untuk semua alasan. Jelas, tidak aman untuk mengemudi saat Anda tidak waspada. Tetapi Anda mungkin juga melihat penurunan fokus dan produktivitas saat Anda sangat lelah. 

Seiring waktu, kurang tidur kronis dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, obesitas, nyeri, kondisi kesehatan mental, kelainan hormonal, dan penurunan kekebalan tubuh, menurut Sleep Foundation.

Di sini, seorang ahli tidur menguraikan mengapa penting untuk memiliki rutinitas tidur yang konsisten dan sehat dan apa yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan kualitas tidur malam demi malam.   

4 dari 4 halaman

Berapa jam tidur yang Anda butuhkan?

Dilansir dari Women’s Health, American Academy of Sleep Medicine (AASM) merekomendasikan agar orang dewasa tidur setidaknya tujuh jam per malam. "Tidur tujuh hingga delapan jam di malam hari biasanya cukup bagi kebanyakan orang dewasa untuk merasa terjaga dan cukup istirahat di siang hari," kata Mehwish Sajid, MD, seorang rekan kedokteran tidur di University of Michigan Health Sleep Disorders.

Jumlah total jam tidur yang dibutuhkan seseorang bervariasi dari individu ke individu, katanya. Misalnya, jika Anda adalah orangtua, Anda mungkin sangat menyadari bahwa anak-anak dan bayi membutuhkan lebih banyak tidur. 

Bahkan jika Anda menemukan bahwa Anda tetap bisa menjalani hari dengan baik pada rentang waktu tidur yang sedikit kurang dari yang disarankan, Anda harus tetap berusaha untuk mencapai angka itu ketika Anda bisa, dan jika Anda menemukan bahwa Anda dapat menggunakan satu jam ekstra atau bahkan tidur siang, tentu saja, lakukan itu.

Namun, jika Anda bangun dengan perasaan lelah atau tidak segar setelah tidur malam penuh seperti biasanya, Dr. Sajid merekomendasikan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk memastikan tidak ada hal lain yang terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.