Sukses

Inilah Waktu yang Dibutuhkan Kebanyakan Orang untuk Tidur Menurut Ahli

Seorang ahli tidur mengungkapkan berapa lama idealnya orang tidur setiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda memikirkan perawatan diri dan kebiasaan hidup sehat, Anda cenderung menunjuk pada makan dengan baik, berolahraga secara teratur, dan cukup tidur

Sayangnya, banyak orang yang melewatkan waktu tidur mereka lantaran terlalu sibuk dan stres mulai menumpuk. Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda perlu tidur tujuh jam atau lebih setiap malam untuk mendapatkan kondisi terbaik Anda, tetapi kapan waktu terbaik untuk tidur dan apakah itu penting?

Adalah normal untuk mengkhawatirkan detail tentang tidur karena melakukannya dengan benar sangat penting untuk semua alasan. Jelas, tidak aman untuk mengemudi saat Anda tidak waspada. Tetapi Anda mungkin juga melihat penurunan fokus dan produktivitas saat Anda sangat lelah. 

Seiring waktu, kurang tidur kronis dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, obesitas, nyeri, kondisi kesehatan mental, kelainan hormonal, dan penurunan kekebalan tubuh, menurut Sleep Foundation.

Di sini, seorang ahli tidur menguraikan mengapa penting untuk memiliki rutinitas tidur yang konsisten dan sehat dan apa yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan kualitas tidur malam demi malam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berapa jam tidur yang Anda butuhkan?

Dilansir dari Women’s Health, American Academy of Sleep Medicine (AASM) merekomendasikan agar orang dewasa tidur setidaknya tujuh jam per malam. "Tidur tujuh hingga delapan jam di malam hari biasanya cukup bagi kebanyakan orang dewasa untuk merasa terjaga dan cukup istirahat di siang hari," kata Mehwish Sajid, MD, seorang rekan kedokteran tidur di University of Michigan Health Sleep Disorders.

Jumlah total jam tidur yang dibutuhkan seseorang bervariasi dari individu ke individu, katanya. Misalnya, jika Anda adalah orangtua, Anda mungkin sangat menyadari bahwa anak-anak dan bayi membutuhkan lebih banyak tidur. 

Bahkan jika Anda menemukan bahwa Anda tetap bisa menjalani hari dengan baik pada rentang waktu tidur yang sedikit kurang dari yang disarankan, Anda harus tetap berusaha untuk mencapai angka itu ketika Anda bisa, dan jika Anda menemukan bahwa Anda dapat menggunakan satu jam ekstra atau bahkan tidur siang, tentu saja, lakukan itu.

Namun, jika Anda bangun dengan perasaan lelah atau tidak segar setelah tidur malam penuh seperti biasanya, Dr. Sajid merekomendasikan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk memastikan tidak ada hal lain yang terjadi.

3 dari 4 halaman

Lantas jam berapa waktu yang ideal untuk tidur?

Sebuah studi baru-baru ini dari Inggris menyarankan bahwa waktu terbaik untuk tidur adalah jam 10 malam, tetapi itu bukanlah aturan yang ketat. “Waktu terbaik untuk tidur di malam hari adalah saat Anda merasa mengantuk,” catat Dr. Sajid. 

"Kadang-kadang, orang bisa membuat kesalahan dengan naik ke tempat tidur sebelum mereka lelah, dan kemudian mengalami masalah berbaring di tempat tidur dengan harapan bisa tertidur."

Namun, jika Anda harus bangun sangat pagi, akan bermanfaat bagi Anda untuk menjadikannya bagian dari rutinitas Anda untuk tidur cukup awal untuk mendapatkan tidur tujuh jam yang direkomendasikan hampir setiap malam. 

Jika Anda merasa kesulitan, Dr. Sajid merekomendasikan untuk meminimalkan paparan cahaya (terutama dari perangkat elektronik genggam, seperti ponsel Anda) satu hingga dua jam sebelum tidur, dan bahkan tidak berpikir untuk membawanya di kasur bersama Anda. 

 

4 dari 4 halaman

Apakah Anda perlu tidur pada waktu yang sama setiap malam?

Anda harus menjadikan waktu tidur apapun yang sesuai untuk Anda sebagai kebiasaan, kata Dr. Sajid. “Tidur pada waktu yang sama setiap malam memungkinkan Anda menjaga ritme sirkadian yang konsisten, yang merupakan jam tidur dan bangun alami tubuh Anda,” jelasnya. "Ritme sirkadian Anda mengontrol dorongan Anda untuk tidur dan memengaruhi kewaspadaan di siang hari."

Ini juga penting karena menyimpang dari jadwal normal dapat mempersulit Anda untuk tertidur di malam hari, yang mungkin Anda sadari saat begadang selama akhir pekan.

“Pola tidur ini disebut 'jet lag sosial', dan dapat menyebabkan kurang tidur dari waktu ke waktu, yang dapat memengaruhi kinerja Anda secara negatif di siang hari, menyebabkan perubahan suasana hati, penambahan berat badan, dan bahkan tekanan darah dan gula darah yang lebih tinggi,” ujar Dr. Sajid. Anda mungkin pernah tergoda untuk menunda waktu tidur Anda karena Anda tidak harus bangun keesokan harinya, usahakan untuk mempertahankan jadwal tidur yang sama dengan yang Anda miliki selama seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.