Sukses

9 Sayuran Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Berikut ini 9 jenis sayuran yang bisa membantu menurunkan berat badan

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentunya ingin memiliki berat badan ideal dan sehat. Karena itu, berbagai cara dilakukan demi mendapatkan berat badan ideal, mulai dari rutin olahraga hingga mengatur pola makan sehat selama diet menurunkan berat badan.

Dilansir dari laman The Healthy, Selasa (7/2/2023), sayuran bisa menjadi salah satu menu pilihan yang tepat bagi pejuang diet. Pasalnya, sayuran termasuk panganan yang mengandung rendah kalori dan karbohidrat, namun kaya akan kandungan serat, mineral, dan vitamin.

Sejumlah kandungan tersebut berperan penting dalam membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan serat pada sayuran juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga terhindar dari makan yang berlebihan.

Lantas, sayuran apa saja yang cocok dikonsumsi saat diet dan bisa membantu turunkan berat badan?

Berikut ini 9 sayuran yang bisa membantu menurunkan berat badan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber. Namun, penting untuk diingat jika Anda juga perlu memerhatikan asupan makanan tambahan lainnya dan pastikan tubuh mendapatkan gizi yang seimbang, ya!

1. Kembang Kol

Kembang kol dikenal sebagai sumber asam folat dan vitamin C. Selain itu, kembang kol juga mengandung phytonutrient sulforaphane yang bsia membantu memperlancar pencernaan. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, kembang kol cocok wajib masuk ke dalam daftar menu makanan.

Dalam satu porsi 100 gram kembang kol hanya mengandung 23 kalori, 1,81 gram karbohidrat bersih, dan 2,3 gram serat. Tak hanya itu, kandungan fitokimia dalam kembang kol juga mampu membantu pembakaran lemak dalam tubuh sehingga obesitas dapat dicegah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan selada menjadi pilihan yang cocok Anda masukkan ke dalam menu makan untuk program diet. Pasalnya, sayuran hijau ini dikenal sebagai sumber mikronutrien luar biasa dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Selain rendah karbohidrat, sayuran hijau juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Kandungan nutrisi yang tinggi pada sayuran hijau ini telah terbukti dapat membantu membakar lemak tubuh. Anda bisa memasaknya dengan cara direbus atau dikukus.

3. Kubis Brussel

Selain rasanya yang renyah dan enak, kubis brussel ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan dalam kubis brussel dipercaya dapat mengurangi risiko kanker, mengurangi peradangan, dan mengontrol gula darah.

 

3 dari 5 halaman

4. Brokoli

Brokoli mengandung phytochemicals yang bisa memaksimalkan proses pembakaran lemak. Meskipun karbohidratnya lebih tinggi, kandungan serat brokoli juga terbilang cukup tinggi sekitar 3,88 gram per 100 gram. Jumlah tersebut masih terbilang aman untuk Anda yang sedang menjalani diet keto karena kandungan karbohidrat brokoli tidak lebih tinggi dari kandungan seratnya.

5. Wortel

Wortel dikenal sebagai salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Nyatanya, sayuran yang mengandung serat larut dan tak larut ini juga baik Anda konsumsi saat sedang menjalani program diet. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dikukus atau bisa juga mengolahnya menjadi jus yang enak, segar, dan sehat.

 

4 dari 5 halaman

6. Timun

Selain kaya akan kandungan serat dan air, timun juga mengandung rendah kalori sehingga baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Apabila ingin mendapatkan lebih banyak manfaat dari kandungan serat, vitamin K, dan potasium dari timun usahakan untuk tidak mengupas kulitnya, ya!

7. Asparagus

Sayuran yang biasa diolah menjadi sup ini dipercaya bisa membakar lemak dan membantu program menurunkan berat badan.

Hal ini karena asparagus mengandung asparagin yang merupakan alkaloid, senyawa yang bekerja langsung pada sel untuk memecah lemak dalam tubuh. Selain itu, sifat diuretik asparagus juga dapat membantu memperlancar saluran urin sehingga baik untuk kesehatan ginjal.

 

5 dari 5 halaman

8. Lobak

Lobak dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, lobak juga menyimpan manfaat lainnya, yaitu membantu menurunkan berat badan. Ini karena dalam satu porsi atau 100 gram lobak hanya mengandung 16 kalori dan 1.8 gram karbohidrat saja.

Jumlah tersebut masih dalam kategori aman untuk Anda konsumsi saat program diet. Menariknya, lobak juga memiliki sifat diuretik alami yang dapat membantu menyingkirkan retensi cairan berlebih dalam tubuh.

9. Labu

Labu merupakan sayuran yang padat nutrisi dan serat, tetapi rendah kalori. Apabila ingin memasukkan labu sebagai menu diet, Anda bisa mengolah labu dengan cara merebusnya sebagai sup atau sebagai lalapan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.