Sukses

4 Tanda Sudah Waktunya untuk Mengakhiri Hubungan Anda

Berikut ini beberapa tanda bahwa sudah waktunya bagi Anda untuk mengakhiri hubungan

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali alasan mengapa hubungan bisa gagal, tetapi mengambil langkah pertama untuk menjalani kehidupan yang Anda inginkan bisa menakutkan . Berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan Anda sebaiknya mengakhiri hubungan asmara yang tengah dijalin. Dilansir dari bodyandsoul.com.au, ini dia.

 

1. Kamu bertahan karena kamu terlalu takut untuk melepaskan

Konselor hubungan Clinton Power mengatakan jika Anda tahu ini sudah berakhir, mengapa memperpanjang yang tak terhindarkan?

"Bersikaplah jelas dan terus terang dengan pasangan Anda bahwa Anda akan pergi dan buatlah rencana untuk perpisahan. Akan bermanfaat bagi Anda berdua untuk melakukan ini sebagai orang dewasa tanpa melukai satu sama lain."

Setelah perpisahan itu, terapis perkawinan dan keluarga Katherine Parker menyarankan untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia, yang memelihara Anda, dan membantu Anda memproses perasaan Anda.

Karena, ada lebih banyak hal indah yang datang dengan perpisahan daripada mantan pasangan itu sendiri. Mungkin pindah, kehilangan ikatan yang Anda miliki dengan orang yang mereka cintai, atau bahkan persahabatan yang merupakan bagian dari paket.

Parker ingin Anda memprioritaskan perawatan diri, yang mungkin termasuk terapi, pesta Netflix, jalan-jalan malam bersama teman, dan bahkan istirahat, tetapi cobalah untuk menghindari tidur berlebihan. "Ini dapat mengganggu tanggung jawab Anda dan membuat Anda merasa pening dan tidak sehat," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Anda bertindak kecil untuk membuat dia nyaman

Apakah Anda terus-menerus perlu meningkatkan ego mereka, menekan kepribadian dan emosi Anda, 'melakukan apa yang diperintahkan', atau meminta maaf secara teratur, inilah saatnya untuk keluar dari hubungan itu.

Pelatih hubungan bersertifikat Anna Swoboda memberi tahu Body+Soul, "Bahkan jika Anda tidak melakukan kesalahan, Anda merasa seolah-olah Anda harus meminta maaf; ini bisa menjadi tanda bahwa pasangan Anda mematikan sinar Anda dan merupakan ciri utama dari hubungan sepihak. Jika Anda dibuat merasa tidak berharga atau tidak kompeten sehingga Anda harus meminta maaf untuk diri sendiri, maka inilah waktunya untuk mengepak barang-barang Anda."

Penting juga untuk jujur ​​pada diri sendiri setelah meninggalkan hubungan di mana Anda diremehkan, tetapi jangan menjadi gencar.

"Penting bagi Anda untuk jujur ​​pada diri sendiri tentang penderitaan yang Anda alami, tetapi terus-menerus berfokus pada atribut negatif pasangan Anda dan berdiam diri dalam kemarahan tidak ada gunanya," jelas ahli Life Supports.

"Faktanya, kemarahan semacam itu secara aktif merusak kesehatan mental Anda. Itu juga sering bertindak sebagai kamuflase untuk perasaan cinta yang tersisa, terutama jika Anda merasa telah disakiti atau dikhianati dengan cara apa pun."

 

3 dari 6 halaman

3. Jika dia pergi atas kemauannya, Anda akan lega

Sekali lagi, mengapa menunda hal yang tak terelakkan? Setelah percakapan selesai, rasakan beban yang sangat berat terangkat dari bahu Anda.

Jika Anda peduli dengan pasangan Anda dan tidak ada permusuhan di antara Anda, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan perasaannya juga. Jika itu membantu, buat poin titik pada alasan di balik keputusan Anda - ini akan memberi Anda kepercayaan diri untuk melanjutkan obrolan.

Merencanakan pemulihan Anda sendiri juga penting. Perpisahan bisa berarti perubahan gaya hidup yang besar, bahkan jika itu adalah sesuatu yang Anda rindukan.

"Memulihkan dari putus cinta membutuhkan waktu - mungkin lebih dari yang Anda inginkan," jelas Healthline.

"Tetapi cobalah untuk mengingat bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih mudah seiring berjalannya waktu. Sementara itu, bersikaplah lembut pada diri sendiri dan jangan ragu untuk menghubungi jika Anda membutuhkan dukungan."

 

4 dari 6 halaman

4. Anda tidak lagi terkejut dengan perilakunya, hanya lelah

Apakah pasangan Anda seorang penipu? Suka berpesta tanpa henti? Tidak mau tumbuh dan menjadi dewasa? Malas? Para ahli di Relationships NSW mengatakan ketika tidak ada kepercayaan dalam suatu hubungan, hal itu dapat menyebabkan kecemasan, ketakutan, dan kegelisahan.

"Kepercayaan adalah fondasi dari hubungan yang berkomitmen, dan kurangnya kepercayaan menggerogoti hubungan dari dalam. Jika Anda merasa tidak dapat mempercayai orang di sudut Anda, itu adalah penghalang jalan yang mencegah hubungan yang berarti."

 

Mengenal Gaslighting dan 4 Cara Mengatasinya

Istilah gaslighting memang sering digunakan dalam keadaan sebuah hubungan asmara, namun gaslighting bisa dilakukan oleh siapa saja dan kepada siapa saja.

Gaslighting adalah salah satu bentuk manipulasi psikologis di mana pelaku gaslighter akan membuat korbannya merasa bingung dan ragu akan kewarasan dirinya sendiri. Itu bukan sesuatu yang bisa diabaikan dan sayangnya, itu bisa merugikan psikologis korban.

Orang yang mencoba hal ini benar-benar ingin membuatmu bingung atau ingin menciptakan situasi di mana Anda meragukan dirimu sendiri apa pun yang Anda katakan untuk memenuhi kebutuhan orang yang meng-gaslightingmu.

Jika Anda seseorang yang selalu minta maaf, merasa ditolak atau diabaikan, mulai meragukan diri sendiri, merasa tersesat atau dimanipulasi, atau rasa bersalah dalam mengekspresikan emosimu, maka ini menjadi tanda-tanda peringatan bahwa Anda sedang di gaslighting.

Jika itu masalahnya, waspadalah dan tangani dengan paling dewasa. Oleh karena itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gaslighting, seperti melansir dari Pinkvilla, Minggu (5/2/2023).

5 dari 6 halaman

1. Beristirahatlah dari situasi tersebut

Rasa ikatan emosional yang kuat bisa dialami saat mengalami gaslighting. Tapi jangan biarkan emosi tersebut membuatmu mengambil reaksi langsung yang buruk.

Singkirkan amarah, frustasi dan kesedihan dalam dirimu dan cobalah untuk tetap tenang agar bisa menghadapi situasi tersebut secara efektif.

Hal ini bisa mendorong orang lain untuk lebih memanipulasimu, dan begitu mereka tahu Anda mengetahui trik yang mereka mainkan, mereka tidak akan menjadikanmu korbannya.

Tetap tenang dalam situasi ini karena akan membuatmu sadar mengenai kebenaran sambil menjernihkan pikiran. Karena itu Anda bisa membuat keputusan dengan sadar.

2. Merawat diri sendiri

Merawat diri sendiri dengan baik akan meningkatkan kesejahteraan mentalmu sambil memberimu padangan lebih jelas tentang situasinya.

Terkadang, berada di ruang yang sama dan memikirkan hal serupa bisa membingungkan pikiran sekaligus menyesatkanmu.

Cobalah berbicara dengan diri sendiri secara positif, dan afirmasi positif, dan atur emosimu saat berhubungan dengan orang lain untuk melawan strategi gaslighting.

6 dari 6 halaman

3. Cobalah mencari bantuan

Jangan ragu dan berpikir bahwa membagikan pemikiranmu akan menciptakan drama. Malah baik untuk membagikan perasaanmu dan meminta dukungan dari orang yang benar-benar Anda percayai.

Ini akan memotivasimu sambil membimbingmu di jalan yang benar. Selain itu, juga akan memperjelas bahwa Anda tidak bingung atau gila.

4. Bicaralah dengan sangat percaya diri

Pastikan Anda mengumpulkan bukti faktual termasuk gambar, atau rekap dialog dengan kutipan langsung untuk menunjukkan kebenaran.

Pastikan Anda berbicara dengan percaya diri tanpa keraguan untuk membuat orang yakin bahwa Anda berbicara tentang kenyataan.

Cobalah untuk tetap tenang setelah Anda mengenali tanda-tanda gaslighting dan mulailah mengumpulkan bukti-bukti dari saat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.