Sukses

Ini Risikonya Jika Anda Menyiram Toilet dengan Keadaan Terbuka

Ternyata, penelitian menunjukkan bahwa kita harus menutup tutup toilet sebelum menyiramnya, tidak peduli seberapa bersih toilet Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau kamar mandi penuh dengan kuman. Tak heran jika kita semua secara teratur mencuci tangan setelah menggunakan toilet dan memiliki sejumlah produk pembersih yang ampuh untuk membuat toilet kita bersih berkilau. 

Tapi ada satu hal yang mungkin tidak semua orang sependapat yaitu apakah kita harus menutup toilet sebelum menyiramnya? Ternyata, penelitian menunjukkan bahwa kita harus menutup tutup toilet sebelum menyiramnya, tidak peduli seberapa bersih toilet Anda. 

Lagi pula, toilet memiliki tutup karena suatu alasan. Jadi, jika Anda belum menutup toilet sebelum menyiramnya, inilah yang perlu Anda ketahui tentang mengapa Anda benar-benar harus melakukannya.

Signifikansi penularan bakteri selama penyiraman toilet telah menjadi radar komunitas ilmiah selama beberapa waktu. Dilansir dari Better Homes and Gardens, menurut tinjauan literatur tahun 2012, para ilmuwan mulai menguji apakah bakteri yang berasal dari limbah mungkin ada di udara di sekitar area yang terkontaminasi sejak tahun 1907, dan produksi bioaerosol selama pembilasan toilet pertama kali dilaporkan pada tahun 1950-an. Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa aerosol ini mengendap ke permukaan sekitarnya dari waktu ke waktu, mengakibatkan penyebaran organisme tinja pada permukaan di sekitar toilet.

Saat ini, para ilmuwan terus mempelajari dan mengeksplorasi topik yang sekarang disebut "toilet plume aerosol" serta potensi risikonya, khususnya terkait dengan penyebaran penyakit menular.

Pandemi COVID-19 melihat peningkatan minat publik terhadap topik ini karena orang-orang khawatir tentang potensi penyakit virus corona menyebar melalui pembilasan toilet dan permukaan yang terkontaminasi, dan banyak penelitian baru bermunculan tentang topik tersebut.

Sementara kita tahu banyak lebih lanjut tentang penyiraman toilet daripada yang pernah kita lakukan, kebenarannya adalah bahwa para ilmuwan masih mempelajari topik tersebut dan mengeksplorasi potensi risikonya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yang perlu Anda ketahui tentang Toilet Plume Aerosol

Tinjauan global yang diterbitkan baru-baru ini menemukan bahwa menyiram toilet dapat menyebarkan partikel aerosol yang terkontaminasi sejauh 1,5 meter dan penelitian menunjukkan bahwa kuman ini dapat bertahan di udara hingga 6 jam. 

Jadi bagaimana perbedaan jumlah bakteri yang menyebar saat pembilasan dengan toilet tertutup dan terbuka? Hampir 12 kali lipat, menurut studi tahun 2011 dari Journal of Hospital Infection. Coba lihat di kamar mandi Anda apa yang Anda letakkan dalam jarak 1,5 meter dari toilet Anda? Anda mungkin memiliki produk kecantikan, sabun tangan, handuk, atau bahkan sikat gigi Anda di dalam zona itu. Sekarang bayangkan barang-barang ini tercakup dalam kotoran mikroskopis yang disebarkan dari toilet Anda. 

Selain faktor penyebab utama, apakah pembilasan toilet yang tertutup menimbulkan ancaman nyata bagi kesehatan kita? Bisakah penyakit menular seperti coronavirus, norovirus, atau influenza menyebar melalui aerosol toilet plume? 

3 dari 4 halaman

Memiliki risiko kesehatan

Sebenarnya, para ilmuwan masih mempelajari pertanyaan-pertanyaan ini, meskipun beberapa penelitian telah menemukan bahwa bioaerosol yang dihasilkan selama pembilasan toilet dapat menimbulkan risiko penularan penyakit. 

Ada banyak faktor yang memengaruhi kemungkinan penularan semacam itu, mulai dari dosis menular virus hingga apakah penyakit itu ditemukan atau tidak pada tinja atau muntahan tetapi yang perlu Anda ketahui, untuk saat ini, adalah sejauh ini tidak ada kasus penularan penyakit yang ditularkan melalui udara karena pembilasan toilet yang ditemukan dalam literatur.

Intinya menyiram toilet tanpa ditutup mungkin menimbulkan sedikit, jika ada, risiko bagi kesehatan Anda selain fakta bahwa itu agak menjijikkan. Dengan semua waktu dan energi yang kita habiskan untuk membersihkan kamar mandi kita, jangan membuang semua kerja keras itu ke toilet dengan tidak menutup tutupnya setelah Anda buang air. Dan yang terpenting pastikan sikat gigi Anda tidak berjarak 1,5 meter dari toilet Anda.

4 dari 4 halaman

Sejarah Diciptakannya Toilet, Siapa yang Menemukannya?

Dunia modern telah memberi manusia banyak kemudahan. Misalnya hal-hal yang berhubungan dengan kebersihan seperti wastafel, sabun, tisu, dan toilet. Benda-benda tersebut memiliki sejarah panjang dan kaya inovasi yang dibuat oleh para ilmuwan dan perintis yang namanya terkadang sering diabaikan.

Toilet siram modern mungkin merupakan kenyamanan sehari-hari yang paling mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari kita. Seorang tukang ledeng asal Inggris Thomas Crapper banyak dikenal sebagai pria yang menemukan toilet.

Namun, toilet yang belum sempurna sejatinya telah ada jauh sebelum eksistensi Crapper, beberapa ribu tahun sebelumnya. Bahkan toilet siram sudah sejak beberapa abad ada sebelum Crapper.

Jadi, siapa sebenarnya yang menemukan toilet? Toilet paling awal yang diketahui berasal dari sekitar 5.000 tahun yang lalu di Mesopotamia kuno, dilansir dari Live Science, Minggu (5/1/2023).

Toiletnya berbentuk pispot bergaya lubang yang dilapisi dengan serangkaian tabung keramik panjang untuk menjaga agar isinya tidak larut ke tanah di sekitarnya, dan juga memungkinkan cairan merembes keluar perlahan melalui lubang kecil. Sayangnya, nama yang merancangnya hilang dari sejarah.

Toilet yang lebih kompleks pertama kali pun muncul hampir satu milenium kemudian, di peradaban Minoan kuno di Pulau Kreta (kemudian diambil alih oleh orang Yunani Mycenaean).

Toilet umum ini menunjukkan bukti pertama penggunaan air untuk membuang limbah, sebuah praktik yang kemudian dilakukan oleh orang Romawi. Walaupun jamban Romawi sangat mirip dengan pendahulunya di Yunani, menampilkan deretan kursi bangku dengan lubang yang ditempatkan di atas saluran pembuangan, mereka memang memiliki satu inovasi canggih, dan itu adalah pemipaan terpusat, jelas Christoph Lüthi, seorang perencana sanitasi dan infrastruktur di Federal Swiss Institute of Aquatic Science and Technology.

Ini berarti bahwa daripada setiap individu mencuci limbah mereka dengan pot keramik terdekat yang berisi air, semua bahan yang tidak diinginkan disalurkan ke selokan terpusat dengan air yang bergerak lambat, di mana limbah tersebut terbawa ke sungai atau aliran yang sama.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.