Sukses

4 Zodiak Paling Manipulatif, Jago Memainkan Pikiran Orang Lain

Ketahui zodiak apa saja yang paling manipulatif dan ahli dalam memainkan pikiran orang lain menurut astrologi.

Liputan6.com, Jakarta - Individu yang manipulatif melakukannya dengan sangat halus, sehingga menyulitkan korban untuk mengidentifikasi apakah mereka sedang dimanipulasi atau tidak.

Kontrol emosional atas seseorang ini adalah pertunjukkan emosi dan perasaan yang tidak sehat. Ini mengarahkan ke arah negatif lebih dari posesif atau kecemburuan dalam suatu hubungan.

Mereka adalah orang-orang yang tidak peduli dengan perasaan seseorang dan terus menyebabkan rasa sakit dan luka pada orang-orang terdekat dan tersayang.

Mereka menyimbukkan pikirannya dalam perencanaan dan selalu menemukan strategi untuk memanipulasi orang yang mereka cintai.

Baginya, taktik seperti itu tidak hanya membuat pikirannya sibuk, tapi juga membuat mereka merasa pintar tentang dirinya sendiri.

Oleh karena itu, ketahui zodiak apa saja yang paling manipulatif dan ahli dalam memainkan pikiran orang lain menurut astrologi, seperti melansir dari Pinkvilla, Jumat (3/2/2023).

1. Scorpio

Scorpio dikenal sosok yang intuitif dan tertutup, mereka juga ahlinya dalam memainkan pikiran.

Sisi super lembut dan intens membuatnya terhubung secara intens dengan orang-orang, jadi mereka memanfaatkan hal yang sama.

Begitu mereka mengetahui rahasia orang lain, mereka akan melibatkan orang terdekatnya dalam obrolan palsu dan membuat orang lain melakukan apa yang mereka inginkan.

2. Aries

Aries menikmati kompetisi dan keegoisannya yang ekstrim untuk menang, itu yang membuatnya bermain permainan pikiran.

Pemilik zodiak ini sangat impulsif dan bagi mereka berburu itu menyenangkan, jadi mereka selalu menjaga pikirannya aktif untuk sukses dalam permainan berburu.

Mereka juga tidak pernah ragu untuk memengaruhi orang terdekat dan tersayang hanya demi memenuhi keinginannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Aquarius

Aquarius tidak mau memikirkan hukuman atas perbuatannya. Karena orang-orang ini secara emosional tetap jauh dari orang lain, mereka tidak peduli betapa berbahaya dan menyakitkannya manipulasinya.

Mereka menjadi sangat arogan dan melepaskan ikatan untuk memenuhi tujuannya.

4. Cancer

Cancer adalah jiwa super emosional yang memainkan permainan pikiran untuk mengetahui niat sebenarnya dan tingkat cinta pasangannya.

Manipulasi mereka biasanya tidak berbahaya, tapi hal itu tentu membuat pasangannya sangat murung dan jengkel.

Pemilik zodiak ini menyiapkan rencana dan pertanyaan dalam pikirannya untuk mendapatkan jawaban spesifik dari orang yang mereka cintai.

3 dari 3 halaman

Perilaku Manipulatif yang Sulit Ditebak

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis perilaku manipulatif yang harus diwaspadai.

Gaslighting

Gaslighting menjadi salah satu bentuk manipulatif yang menyesatkan seseorang untuk keuntungan pribadi. Mengutip dari Wellandgood, istilah 'gaslighting' berasal dari drama tahun 1938, Gas Light, oleh Patick Hamilton yang diubah menjadi film ikonik Gaslight (1944).

Dalam film ini menceritakan di mana seorang suami memanipulasi istrinya sampai dia yakin dia akan lost contact (kehilangan kontak) secara nyata.

Saat itulah individu yang melakukan kekerasan akan mengabaikan pengalaman korban. Akibatnya, korban akan mulai mempertanyakan bahkan menyalahkan diri mereka sendiri.

Silent Treatment

Seorang konselor kesehatan mental, Leon Garber, mengungkapkan bahwa dalam skenario ini manipulator berhenti berbicara kepada orang lain karena menelan rasa emosi.

Namun, mereka akan menggunakan keheningan ini dengan maksud untuk mempertahankan kekuasaan. 

"Korban dibuat percaya bahwa mereka telah melakukan tindakan mengerikan yang hanya bisa dimaafkan melalui upaya yang menyeluruh," katanya. 

Salah satu ahli juga memberikan persepsinya bahwa sengaja tidak menanggapi pesan teks atau telepon dengan maksud membuat seseorang menunggu untuk menimbulkan kecemasan atau mempertahankan kendali adalah tanda manipulasi yang sangat besar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.