Sukses

Studi: Orang Pencemburu Lebih Jago dalam Mengungkap Perselingkuhan

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa bersalah melihat-lihat ponsel pasangan Anda? Atau mungkin Anda dikenal sangat iri ketika melihat pasangan Anda berbicara dengan tidak berbahaya kepada orang asing.

Menjadi terlalu cemburu biasanya dilihat sebagai tanda bahaya yang menandakan insecure, tetapi jika pasangan Anda tidak setia, sifat ini sebenarnya menguntungkan Anda. 

Perselingkuhan lebih umum daripada yang Anda kira

Siapa pun yang telah diselingkuhi tahu betapa menyakitkannya jenis pengkhianatan ini; dan siapa pun yang ketahuan selingkuh tahu betapa sulitnya mendapatkan kembali kepercayaan pasangan setelah perselingkuhan. Tapi ini tidak berarti itu tidak terjadi setiap saat.

"Perselingkuhan tersebar luas, dengan perkiraan keterlibatan seumur hidup dalam urusan ekstra-relasional sekitar 20 persen untuk pasangan menikah dan hingga 70 persen untuk pasangan yang belum menikah," lapor National Institutes of Health (NIH).

"[Ini] salah satu penyebab perceraian yang paling sering dilaporkan dan salah satu masalah paling sulit untuk ditangani oleh terapis pasangan."

Jika Anda memiliki firasat bahwa Anda sedang diselingkuhi, itu mungkin bukan hanya karena Anda adalah orang yang pencemburu. Menurut sebuah penelitian baru, mungkin itu sebabnya Anda bisa memilah-milah kebohongan pasangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Para peneliti menganalisis kecemburuan

Dalam studi tahun 2022 yang dilakukan oleh Apostolou dan Antonopoulou, para peneliti merekrut lebih dari 900 peserta dari Republik Siprus melalui media sosial. Usia rata-rata mereka adalah 32 tahun untuk wanita dan 35 tahun untuk pria. Sebagian besar peserta (56 persen) sedang menjalin hubungan atau menikah, sementara 38 persen lajang, dan 6 persen menandai status mereka sebagai lainnya.

Menurut Psychology Today, para peneliti mengukur kecemburuan romantis, serta jawaban para peserta untuk tes kepribadian "5 Besar", yang mengukur tingkat ekstraversi, keramahan, kesadaran, neurotisme, dan keterbukaan terhadap pengalaman baru.

Mereka juga bertanya kepada peserta tentang apakah mereka telah berselingkuh atau diselingkuhi dalam hubungan mereka sebelumnya atau saat ini.

 

3 dari 4 halaman

Orang yang cemburu cenderung lebih jago mendeteksi perselingkuhan

Menurut penelitian, individu yang mendapat skor lebih tinggi dalam kecemburuan, khususnya kecemburuan romantis, lebih mungkin mendeteksi jika pasangan mereka selingkuh — dan banyak ahli setuju.

"Ada banyak alasan mengapa orang yang cemburu lebih cenderung menemukan perselingkuhan, sebagian besar terkait dengan perilaku yang dilakukan oleh orang yang cemburu," kata Ellie Borden, direktur klinis Mind by Design kepada Best Life.

"Misalnya, seseorang yang cemburu lebih cenderung skeptis terhadap pasangannya, kurang percaya, dan akan sering berasumsi bahwa perselingkuhan terjadi meskipun sebenarnya tidak. Jadi, dibandingkan dengan seseorang yang lebih percaya dan terbuka, mereka akan mencari bukti. dan secara konsisten mencari perselingkuhan sehingga lebih mungkin tertangkap."

Jessica Miller, LMHC, dari PsycheMag mengatakan bahwa seseorang yang kurang mempercayai pasangannya cenderung lebih sadar akan keberadaan dan pola pasangannya sehari-hari. "Orang yang sangat cemburu sangat sadar akan pasangannya dan mengamati setiap gerakan [mereka]," katanya.

Tentu saja, seperti yang dicatat oleh para peneliti sendiri, ada alasan untuk bersikap skeptis terhadap temuan ini—dan tidak ada yang mendukung perilaku cemburu.

Menurut Psychology Today, para penulis juga menyajikan skenario ayam atau telur,: "Meningkatnya kecemburuan romantis dapat merusak hubungan yang ada, sehingga sebenarnya menyebabkan peningkatan ketidaksetiaan dan peningkatan deteksi perselingkuhan dalam hubungan yang lebih cemburu."

 

4 dari 4 halaman

Ciri-ciri kepribadian lain yang dapat membantu mendeteksi perselingkuhan

Para peneliti dalam studi tersebut menemukan bahwa mereka yang memiliki lebih banyak neurotisme lebih cenderung cemburu, sehingga lebih mungkin menangkap pasangannya selingkuh.

"Individu dengan neurotisme juga lebih cenderung memperhatikan isyarat halus dan perubahan perilaku pasangannya, yang dapat berfungsi sebagai tanda bahaya untuk perselingkuhan," kata Crystal Jackson, LPC dan penulis di The Truly Charming.

Misalnya, seseorang dengan neurotisme mungkin memperhatikan bahwa pasangannya mulai lebih memperhatikan penampilannya atau mulai mengubah kebiasaan biasanya. Perubahan ini, yang mungkin diabaikan oleh seseorang dengan tingkat neurotisme yang lebih rendah, dapat berfungsi sebagai bukti perselingkuhan kepada seseorang dengan sifat kepribadian ini.

Di sisi lain, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa mereka yang lebih terbuka terhadap pengalaman baru memiliki tingkat kecemburuan yang lebih rendah—sehingga mengarah pada kemungkinan yang lebih kecil untuk menemukan perselingkuhan.

Sementara keterbukaan adalah kualitas yang dikagumi banyak orang dan merupakan kunci untuk hubungan yang kuat, penelitian mengatakan itu mungkin tidak membantu jika pasangan Anda meninggalkan Anda. Jelas lebih banyak penelitian perlu dilakukan di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.