Sukses

7 Tanda yang Harus Diperhatikan Saat Teman Iri dan Cemburu pada Pencapaianmu

Berikut beberapa tanda yang harus diperhatikan saat orang iri dan cemburu padamu

Liputan6.com, Jakarta Kecemburuan yang tidak diperhatikan atau diabaikan dapat meningkat menjadi perilaku beracun yang dapat mengubah teman Anda secara drastis, Anda bahkan mungkin tidak mengenalinya lagi. Masalahnya di sini adalah kebanyakan orang menyembunyikan perasaan ini jauh di lubuk hati, dan sulit bagi kita untuk mengetahui apakah mereka cemburu pada kita atau tidak.

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah teman Anda atau seseorang menyimpan perasaan negatif tentang Anda. Berikut ini beberapa tanda yang dapat Anda perhatikan seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Mereka memuji Anda dengan hinaan

Jika teman Anda cemburu pada Anda, mereka akan melakukan apa saja untuk bersikap mendukung dengan menyerang Anda dengan pujian. Tetapi perhatikan apa yang mereka katakan karena mungkin Anda bisa salah tangkap. Perhatikan ekspresi pasif-agresif.

Misalnya, Anda mungkin mendapatkan pekerjaan baru dan teman Anda memuji Anda dengan mengatakan, "Luar biasa, tetapi tidak biasa bagi mereka untuk mempekerjakan orang yang kurang pengalaman, tetapi selamat."

2. Mereka menertawakan kesalahan Anda

Bahkan jika itu adalah satu kesalahan yang Anda buat di masa lalu, atau Anda baru saja menghadapi kerugian, seorang teman yang cemburu pada Anda akan menjadi orang pertama yang memberi tahu Anda, "Sudah kubilang."

Mereka mungkin merasa senang dan puas ketika Anda mengalami kegagalan. Setiap orang yang menikmati kegagalan orang lain bukanlah orang yang ingin Anda pertahankan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mereka membuat alasan untuk menjauh dari Anda

Perhatikan apakah teman Anda mencoba menarik diri. Jika mereka cemburu, mereka mungkin menolak kesuksesan Anda. Mereka mungkin mulai mengatakan bahwa mereka "sibuk" sepanjang waktu atau mencari alasan lain untuk tidak menemui Anda. Juga, Anda mungkin memperhatikan bahwa mereka meluangkan waktu untuk bersama orang lain di lingkaran sosial Anda.

4. Mereka bergosip tentang Anda

Kadang-kadang, bahkan teman Anda tidak akan menyadari bahwa mereka cemburu pada Anda. Kemungkinan besar akan dimulai dengan perasaan "tidak suka", terutama jika Anda mencapai sesuatu yang selalu mereka inginkan untuk diri mereka sendiri.

Jadi, Anda mungkin mulai mendengar dari orang lain bahwa "teman" Anda menyebarkan kabar buruk tentang Anda. Mereka senang merendahkan Anda di depan orang lain sehingga mereka tampak lebih baik dari Anda.

Jika Anda memutuskan untuk mengonfrontasi teman Anda tentang hal itu, dia mungkin punya alasan, seperti mengatakan bahwa Anda telah menjadi "berbeda" atau "sombong".

 

3 dari 4 halaman

5. Mereka memberi tahu Anda bahwa Anda beruntung

Dapat dimengerti untuk mengatakan, "Oh, kamu beruntung," dalam konteks positif (seperti saat kamu memenangkan permainan). Tetapi jika teman Anda mengatakan bahwa Anda beruntung hanya karena Anda dipekerjakan untuk posisi pekerjaan yang mereka tahu Anda telah bekerja keras, itu bukan pertanda baik.

Itu juga bisa diterapkan pada status hubungan Anda, terutama jika Anda memiliki pasangan yang baik. Itu bukan karena cinta - orang ini hanya cemburu padamu. Mereka melakukan ini, kemungkinan besar, untuk membuat diri mereka merasa lebih baik.

6. Mereka mengurangi pencapaian Anda

Teman yang cemburu kemungkinan besar akan merasa buruk tentang diri mereka sendiri sehingga mereka akan menurunkan prestasi Anda. Jika Anda memiliki kabar baik, mereka mungkin mulai mencari sesuatu yang negatif untuk dikatakan agar Anda merasa tidak pantas menerimanya. Sesuatu seperti, “Jangan merayakannya dulu, kita masih ada beberapa ujian lagi sampai akhir tahun.”

Ada cara lain seorang teman yang cemburu dapat mengurangi pentingnya kesuksesan Anda. Mereka mungkin mengomentari sesuatu sambil menekankan fakta bahwa mereka memiliki lebih dari Anda. Misalnya, mereka mungkin berkata, “Suatu kali, saya mendapat nilai tertinggi untuk mata pelajaran yang jauh lebih sulit daripada yang ini.”

 

4 dari 4 halaman

7. Mereka selalu ingin berada di dekat Anda

Meskipun ada orang-orang pencemburu yang akan berusaha menghindarimu, ada orang lain yang akan berusaha bersamamu setiap detik. Sebenarnya, dalam beberapa penelitian disimpulkan bahwa kecemburuan ini dapat menyatukan orang, tetapi tidak dengan cara yang baik. Itu tidak sama dengan perasaan bersama teman sejati.

Saat seorang teman yang cemburu mencoba mengikuti Anda ke mana pun, sepertinya mereka membuntuti Anda. Misalnya, jika Anda berada di lingkungan sosial dan Anda mengintip untuk melihatnya, Anda akan melihat bahwa mereka akan segera membuang muka. Mereka akan benar-benar mencoba memanfaatkan kualitas Anda dan mengambilnya untuk diri mereka sendiri, dan itu tumbuh menjadi obsesi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.