Sukses

Mengenal Tech Neck, Rasa Sakit di Leher yang Tak Dapat Dijelaskan dan Solusi Mengobatinya

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda terbangun dalam keadaan linglung setelah menghabiskan berjam-jam memeriksa media sosial? Atau mungkin Anda telah bersumpah pada diri sendiri untuk tidak menghabiskan waktu menggunakan ponsel tapi Anda malah asyik membuka Tiktok berjam-jam?

Tidak peduli untuk apa Anda menggunakan ponsel, selain dapat menghambat produktivitas Anda ini juga dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh Anda. Jika Anda mengalami sakit leher yang tidak dapat dijelaskan, Anda mungkin mengalami apa yang dikenal sebagai tech neck.

Apa itu tech neck?

Jari-jari Anda mungkin bukan satu-satunya yang sakit setelah lama bermain ponsel. Akumulatif waktu yang dihabiskan untuk menatap layar mungkin memberi Anda apa yang oleh para ahli medis disebut tech neck.

"Tech neck adalah kondisi yang disebabkan oleh menjulurkan leher sambil menatap smartphone, tablet, atau perangkat genggam lainnya," kata Neel Anand, MD, direktur trauma tulang belakang di Cedars-Sinai Spine Center seperti dilansir dari Bestlife.

"Melakukan ini secara panjang lebar mendorong posisi kepala yang tidak wajar yang meningkatkan tekanan pada leher, punggung atas, dan lengan."

Meskipun melihat ke bawah ke ponsel Anda mungkin tidak tampak seperti masalah besar, ketegangan yang ditimbulkannya pada leher Anda dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan ini bukanlah sesuatu yang harus Anda abaikan.

"Gerakan sederhana melihat ke bawah untuk melakukan sesuatu di ponsel Anda tidak memerlukan banyak tenaga sehingga mungkin tidak terlihat berbahaya, tetapi durasi dan pengulangan bekerja melawan mekanisme tubuh yang membuat kita siap untuk rasa sakit dan potensi cedera," kata Anand.

Berikut ini beberapa hal yang dapat meringankan rasa sakit dan mencegahnya terjadi lagi di masa mendatang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Latih postur tubuh yang baik

Salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk membantu otot leher Anda adalah melatih postur tubuh yang baik. Dan meskipun mungkin perlu waktu, ini akan membantu meredakan ketegangan yang Anda alami di otot leher.

"Postur adalah salah satu hal yang semakin baik jika Anda berlatih," kata Anand. "Awalnya mungkin terasa tidak nyaman, tetapi saat kita terus menyelaraskan tubuh kita dengan postur yang sehat, kita melatih otot yang tepat. Mereka, pada gilirannya, menjadi lebih kuat dan mengembangkan muscle memory untuk mempertahankan tubuh kita pada posisi yang tepat."

Tubuh Anda akan terbiasa dengan posisi baru ini dalam waktu singkat, jadi mendapatkan postur tubuh yang lebih baik tidak akan terasa lama. "Tegakkan kepala, bahu ke belakang, dan dagu sedikit ditekuk," kata Anand. "Setiap kali Anda merasa tersesat, tarik tubuh Anda kembali ke posisi ini sepanjang hari."

 

3 dari 5 halaman

2. Beralih posisi Anda saat di ponsel Anda

Penting untuk mengubah posisi Anda pada hari-hari di mana mungkin terpaku pada ponsel Anda. Untungnya, perubahan sederhana dalam cara Anda duduk akan memberi Anda kelegaan yang efektif.

"Memegang ponsel Anda setinggi mata mungkin tidak membuat Anda terlihat keren, tapi pasti akan menghilangkan ketegangan dari leher Anda. Tapi jangan abaikan lengan Anda saat melakukan ini," saran Anand.

Dukung lengan dan siku Anda dengan menopangnya di atas meja atau sandaran tangan sambil duduk, atau saat berdiri, cobalah untuk tidak menaikkannya lebih dari ketinggian meja. Memperhatikan penempatan lengan Anda dapat secara dramatis mengurangi ketegangan pada bahu.

Anda bisa berkreasi dengan posisi Anda, dan Anda juga tidak perlu duduk.

"Jika Anda berada di lokasi yang nyaman seperti rumah Anda, berbaring telentang saat mengerjakan perangkat adalah cara yang bagus untuk menghilangkan tekanan pada leher," kata Anand. "Bersantailah di sofa atau tempat tidurmu dengan beberapa bantal."

 

4 dari 5 halaman

3. Ambil istirahat yang sangat dibutuhkan

Jika Anda tampaknya tidak dapat membatasi jumlah waktu dan frekuensi Anda menggunakan ponsel, Anand mengatakan untuk "beristirahat di sela-sela untuk mengubah posisi dan menyesuaikan kembali postur tubuh Anda".

Meskipun istirahat diperlukan, apa pun jenis layar yang Anda lihat, ini sangat penting saat Anda menderita cedera leher yang umum ini.

"Istirahat tiga menit setiap 15-20 menit dapat membantu meluruskan kembali tulang belakang Anda dan memberi kesempatan pada otot leher dan punggung atas untuk beristirahat," kata Anand.

"Anda bahkan dapat menggunakan alarm di perangkat Anda untuk mengingatkan Anda kapan harus beristirahat dari menatap ponsel Anda. Melakukan ini juga akan membantu mata Anda."

 

5 dari 5 halaman

4. Berolahraga lebih sering

Stephen Dunn, MPT merekomendasikan "memulai latihan Pilates untuk memperkuat otot core dan postural Anda."

Pilates, bersama dengan latihan lain yang meregangkan dan mengendurkan otot, seperti yoga, akan membantu meredakan ketegangan yang Anda rasakan pada otot leher. Ini akan memperkuat otot-otot yang bertanggung jawab untuk memperbaiki postur tubuh Anda.

Berolahraga dan menjaga tubuh Anda tetap bergerak akan membantu meredakan nyeri otot, dan tentu saja kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Mungkin sudah waktunya meletakkan telepon dan membuka matras yoga.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS