Sukses

Ladies, 16 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dimasukkan ke Kulkas

Berikut ini makanan-makanan yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas

Liputan6.com, Jakarta Meskipun menyimpan makanan di lemari es tampaknya merupakan cara yang jelas untuk menjaganya tetap segar, tetapi tidak semua makanan memerlukan pendinginan. Bahkan, untuk beberapa makanan, bisa jadi lebih buruk. Udara dingin lemari es dapat berdampak negatif pada nilai gizi beberapa makanan.

Berikut adalah daftar makanan yang tidak boleh Anda simpan di kulkas, dan mengapa lebih baik meninggalkannya pada suhu ruangan. Dihimpun dari India Times, ini dia.

1. Tomat

Jika tomat disimpan di lemari es, rasanya yang kaya dan tajam akan hilang. Untuk mencegahnya menjadi tidak berasa dan teksturnya seperti tepung, tomat harus dikeluarkan dari lemari es.

2. Pisang

Pisang membutuhkan suhu sedang untuk bisa matang. Namun, Anda dapat meninggalkannya di lemari es jika ingin tetap hijau.

Jika sudah berwarna hitam, mereka akan berubah menjadi hitam dengan kecepatan tinggi di dalam kulkas. Lebih baik menyimpannya di udara terbuka di tempat yang kering dan dengan sedikit bungkus plastik di bagian ekor untuk umur yang lebih lama.

3. Alpukat

Alpukat hampir selalu perlu matang setelah pembelian. Menyimpannya di lemari es akan memperlambat proses ini. Alpukat akan tetap enak dan matang secara alami jika disimpan di tempat kering di atas meja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Semangka

Jika semangka dimakan segar, maka harus dipotong dan dimasukkan ke dalam lemari es di saat-saat terakhir, saat menyiapkan makanan misalnya. Terlalu lama di lemari es Anda, itu akan kehilangan antioksidannya.

5. Terong

Terong adalah sayuran yang sensitif terhadap suhu, dan terlalu lama disimpan di lemari es bisa berbahaya. Suhu di bawah 10°C dapat merusak tekstur serta cita rasa terong. Mereka harus disimpan pada suhu kamar dan jauh dari buah dan sayuran lainnya.

6. Madu

Jika madu dapat disimpan selama bertahun-tahun, itu terutama berkat gula yang dikandungnya. Memasukkannya ke dalam lemari es hanya akan mengeraskannya dan membuatnya tidak bisa dimakan. Hal yang hebat tentang madu asli adalah dapat disimpan tanpa batas waktu dan tidak perlu didinginkan.

 

3 dari 5 halaman

7. Bawang putih

Bawang putih tidak dibuat untuk lemari es; hawa dingin akan membuatnya berkecambah dan membuatnya tidak dapat dicerna seperti karet dan berjamur; bahkan mungkin mulai bertunas. Ini adalah makanan lain yang membutuhkan sirkulasi udara. Ini akan tetap bagus selama lebih dari sebulan di ruang terbuka di keranjang.

8. Cokelat

Ketika kita melihat lapisan putih pada cokelat setelah disimpan di lemari es, kita sering dituntun untuk percaya bahwa itu adalah jamur. Faktanya, cokelat mengandung lemak secara alami!

Oleh karena itu tidak menimbulkan risiko apa pun bagi kesehatan kita, tetapi tidak terlalu baik untuk rasanya yang kehilangan dimensi. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menyimpan tempat persembunyian kecil untuknya di tempat kering yang terlindung dari sinar cahaya.

9. Kentang

Kentang rasanya paling enak jika disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Mereka juga tidak perlu dicuci sebelum digunakan. Suhu di lemari es akan menyebabkan pati membusuk, yang akan membuat kentang terasa kasar bahkan manis. Jika kentang telah didinginkan, kulitnya bisa menjadi gelap sebelum waktunya saat dimasak.

 

4 dari 5 halaman

10. Melon

Seperti halnya semangka, melon harus dipotong dan dimasukkan ke dalam lemari es cukup lama untuk mendinginkannya agar dapat dinikmati segar. Itu harus disimpan pada suhu kamar.

11. Kemangi

Menyimpan kemangi di lemari es bukanlah pilihan yang baik, karena berisiko menyerap bau dan layu terlalu cepat! Oleh karena itu disarankan untuk menyimpannya seperti karangan bunga: di udara terbuka dalam wadah dengan sedikit air. Anda bisa mengawetkannya dengan merendam akarnya dalam segelas air.

12. Bawang merah

Mereka tidak suka lemari es. Bawang sering menjadi lunak, dan terkadang bahkan berjamur, jika disimpan di lemari es. Mereka bertahan lebih lama saat disimpan di konter. Bawang membutuhkan sirkulasi udara dan dapat disimpan di jaring tempat mereka sering dijual.

13. Telur

Seperti di supermarket, telur tidak boleh dimasukkan ke dalam lemari es. Tempatkan mereka di tempat yang kering untuk konservasi yang lebih baik.

 

5 dari 5 halaman

14. Stroberi

Saat terkena hawa dingin, stroberi kehilangan gulanya dan menjadi tekstur pucat. Simpan di udara terbuka dan jauh dari sinar matahari langsung. Yang terbaik adalah membelinya untuk memakannya dengan cepat.

15. Kopi

Kopi perlu diletakkan di tempat yang kering jauh dari panas agar tetap segar. Suhu kulkas biasanya terlalu dingin. Kopi juga harus disimpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kualitas tinggi. Biji kopi harus disimpan pada suhu kamar dan jauh dari panas, lembab, dan cahaya.

16. Roti

Suhu dingin cenderung memiliki efek pengeringan pada banyak makanan. Roti akan menjadi kering dan basi jika didinginkan. Ini juga dapat memiliki tekstur yang lembut jika disimpan terlalu lama di lingkungan yang dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.