Sukses

Pengertian, Tujuan dan Jenis-Jenis Poster Serta Langkah Membuatnya

Meskipun sebagian besar dari kita semua sering melihat poster, tapi banyak yang belum mengetahui lebih mendalam tentang pengertian, tujuan serta jenis-jenis poster itu sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu sering melihat poster. Poster sendiri bisa kita temui di berbagai tempat umum seperti di jalan, sekolah, tempat kerja, mall, dan lainnya. 

Meskipun sebagian besar dari kita semua sering melihat poster, tapi banyak yang belum mengetahui lebih mendalam tentang pengertian, tujuan serta jenis-jenis poster itu sendiri. 

Seperti yang kita ketahui poster merupakan suatu media publikasi yang berisi tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak. 

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang bisa berupa pengumuman atau iklan. 

Poster biasanya berisi ajakan, promosi, informasi, ataupun berita-berita penting yang ada di dalamnya yang dibuat sedemikian rupa untuk menarik minat orang lain untuk membacanya. 

Tujuan poster tersebut harus tersampaikan kepada masyarakat banyak, itu mengapa poster kerap terpampang jelas di tempat-tempat umum. Tujuan poster dibuat di antaranya sebagai media publikasi, tujuan komersil, serta media informasi. Dilansir dari laman Sumber Belajar Kemdikbud, poster memiliki ciri-ciri, di antaranya:

  1. Poster umumnya memuat komposisi huruf dan gambar.
  2. Dibuat dengan menggunakan bahasa yang singkat padat, dan jelas.
  3. Poster berisi sesuatu yang menarik perhatian orang.
  4. Ukurannya disesuaikan dengan tempat pemasangan.
  5. Menggunakan perpaduan warna yang kuat dan kontras.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Poster

Setelah mengetahui tujuan dan ciri-cirinya, penting pula untuk kita mengetahui jenis-jenis poster. Jenis-jenis poster dibedakan menjadi dua, yaitu jenis poster berdasarkan isi dan jenis poster berdasarkan tujuan. 

1. Jenis Poster Berdasarkan Isi

Berdasarkan isi di dalamnya, poster dapat digolongkan menjadi berbagai jenis:

  • Poster niaga yaitu poster yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan barang dan/atau jasa.
  • Poster layanan masyarakat yaitu poster yang memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum tentang suatu hal.
  • Poster kegiatan yaitu media untuk memberitahukan tentang suatu kegiatan yang akan diselenggarakan.
  • Poster pendidikan yaitu poster yang memiliki tujuan untuk mendidik masyarakat. Biasanya berhubungan dengan dunia pendidikan dan dipasang di sekolah-sekolah.

2. Jenis Poster Berdasarkan Tujuan

Sementara itu, jika melihat tujuan pembuatannya poster dapat digolongkan menjadi berbagai jenis sebagai berikut:

  • Poster kampanye: Jenis poster yang digunakan untuk menarik simpati masyarakat terhadap partai politik serta calon yang akan maju dalam pemilihan umum.
  • Poster 'cheesecake': Sebutan untuk poster yang digunakan untuk menarik perhatian dan minat publik.
  • Poster film: Poster yang dibuat khusus untuk mempromosikan suatu film yang akan atau sedang tayang di bioskop.
  • Poster buku atau komik: Memiliki pengertian yang sama dengan poster film. Kesamaan tersebut yaitu untuk mempopulerkan suatu buku atau komik yang dijual di toko buku.
  • Poster propaganda: Poster yang berisikan kalimat yang bertentangan dengan pemerintahan berwenang.
  • Poster 'dicari' (dalam Bahasa Inggris poster 'wanted'): Jenis poster memuat informasi penjahat yang sedang menjadi buronan, orang hilang, atau bahkan mengenai lapangan pekerjaan.
  • Poster riset: Poster yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai sebuah kegiatan riset.
  • Poster afirmasi: Poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pembaca.
  • Poster komersial memiliki pengertian yang sama dengan poster niaga: Poster untuk mempromosikan suatu produk agar makin dikenal masyarakat dan meningkatkan angka penjualan.
3 dari 4 halaman

Tujuan dan Fungsi Poster

Poster juga memiliki tujuan pembuatan, di antaranya:

  • Masyarakat menjadi tahu tentang kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan.
  • Menjadikan produk atau jasa kita dikenal dan digunakan oleh masyarakat.
  • Mengingatkan masyarakat tentang hal yang seharusnya dilakukan.
  • Mengingatkan masyarakat agar menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Tak hanya itu poster juga memiliki fungsi sebagai berikut:  

  • Fungsi poster adalah untuk menyampaikan informasi.
  • Fungsi poster adalah media promosi barang ataupun jasa.
  • Sarana bagi para desainer grafis untuk berkreativitas.
4 dari 4 halaman

Cara Membuat Poster

Dalam pembuatan poster tentu ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan antara lain:

1. Tentukan Topik & Tujuan

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah Anda harus menentukan apa yang ingin dibahas dalam poster tersebut, apakah membahas tentang kegiatan sosial, mempromosikan film, atau menjual produk kecantikan. Tentukan pula alasan Anda membuat poster tersebut. Apakah Anda membuatnya untuk promosi atau hanya sekedar sosialisasi.

2. Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Memberikan Sugesti

Poster umumnya dibaca secara sekilas oleh orang. Sedikit sekali pejalan kaki atau pengendara yang berlama-lama di suatu tempat, hanya untuk membaca sebuah poster.  

Untuk itu, Anda sebaiknya membuat kalimat yang singkat agar bisa dibaca dan dipahami hanya dalam waktu beberapa detik saja. Nantinya, melalui bahasa singkat tersebut maka pesan yang ditulis bisa tersampaikan dengan baik. Namun, jangan sampai kata-kata tersebut malah menjadi ambigu dan membuat para pembaca kebingungan ya. 

3. Gunakan Gambar

Gambar merupakan salah satu alat penyampai pesan yang paling menarik. Proporsi gambar yang lebih besar dari tulisan pada sebuah poster menjadi strategi yang bisa menarik pembaca. Penggunaan warna-warna mencolok juga dapat Anda gunakan sebagai salah satu strategi untuk menarik pembaca.

4. Gunakan Media yang Tepat

Media akan menentukan apakah poster Anda akan banyak dilihat pembaca atau tidak. Jika Anda menempelkan poster di dinding-dinding yang ada di pasar, kemungkinan poster tersebut memiliki kesempatan dibaca oleh lebih banyak pengunjung dibandingkan jika ditempel pada dinding-dinding di perumahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.