Sukses

6 Camilan Berserat Tinggi Ini Membantumu Menurunkan Berat Badan

Makanan berserat tinggi memiliki beragam manfaat, seperti menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh manusia membutuhkan asupan serat. Serat ini memiliki beragam manfaat bagi diri kita. Melansir Good Housekeeping Home, Kamis (29/12/2022), Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) merekomendasikan agar wanita mengonsumsi setidaknya 25 gram serat per hari, dan 38 gram per hari untuk pria.

Tetapi Tanya Zuckerbrot, seorang ahli diet terdaftar dalam praktik pribadi di New York City dan Pendiri F-Factor Diet yang populer, mengatakan bahwa penelitian menunjukkan hanya sekitar lima persen orang yang memenuhi rekomendasi ini. 

"Serat memiliki manfaat manajemen berat badan dan kesehatan yang paling luar biasa, karena serat membuat kamu kenyang selama berjam-jam dan memungkinkan kamu untuk makan karbohidrat dan tetap menurunkan berat badan," kata Zuckerbrot.

Serat diketahui tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga ukuran tinja. Zuckerbrot juga menambahkan bahwa, "Serat membengkak di dalam usus, yang menyebabkan peningkatan perasaan kenyang jika dibandingkan dengan karbohidrat olahan. Serat juga merupakan prebiotik yang memainkan peran mendasar dalam kesehatan usus."

Serat juga dapat membantu memperlambat penyerapan gula dan karbohidrat, yang dapat menyebabkan kontrol glikemik yang lebih baik terutama pada penderita diabetes.  Ditambah lagi, sebagian besar makanan berserat tinggi cenderung padat nutrisi, tetapi energi yang relatif rendah sehingga bisa menjadi alat penurunan berat badan yang bagus. 

Selain itu, makanan berserat tinggi bisa meningkatkan rasa kenyang dan dapat membuat kamu kenyang lebih lama daripada makanan berserat rendah.

Berikut ini enam camilan berserat tinggi untuk melancarkan buang air besar dan bisa bantu berat badan turun:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Oatmeal

Oat dan oatmeal memiliki kandungan serat yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan jantung, menyeimbangkan gula darah, dan membantu kamu mengelola berat badan. Setengah cangkir oat kering mengandung empat gram serat makanan.

2. Alpukat

Penelitian menunjukkan bahwa makan alpukat secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Cobalah setengah alpukat untuk lima gram serat dalam salad tuna. 

3 dari 4 halaman

3. Raspberry

Semua buah beri dikemas dengan polifenol antioksidan dan vitamin, tetapi raspberry benar-benar unggul dalam hal serat. Dengan delapan gram serat per cangkir, raspberry menjadi camilan rendah kalori namun padat nutrisi yang sempurna.

4. Keripik Buah

Bahkan pemakan sehat dengan niat terbaik pun mungkin melupakan buah segar di lemari es. Kamu masih dapat memenuhi asupan tanpa khawatir tentang masa simpan dengan menikmati keripik buah atau varietas buah kering tanpa tambahan gula.

4 dari 4 halaman

5. Popcorn

Percaya atau tidak, popcorn dianggap sebagai biji-bijian utuh dan merupakan sumber serat yang baik. Beli sekantong besar popcorn dan membaginya sendiri ke dalam kantong-kantong kecil untuk disimpan selama seminggu.

6. Kacang-kacangan

Semua kacang-kacangan mengandung serat, tetapi kacang almond khususnya memiliki sekitar 3,5 gram serat per ons yang lebih banyak dari kebanyakan kacang-kacangan. Kacang almond yang sudah diiris sangat cocok untuk disajikan di atas oatmeal atau yogurt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.