Sukses

8 Khasiat Petai Bagi Kesehatan, Si Bau yang Dapat Atasi Depresi hingga Masalah Pencernaan

Apa saja sih manfaat atau khasiat petai bagi kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta - Hayo, siapa yang tidak suka makan petai karena baunya yang terlalu menusuk? 

Bisa dimaklumi mengapa tak semua orang suka petai. Namun, kalian juga perlu tahu, di balik aromanya yang gak banget itu, tersimpan banyak khasiat petai bagi kesehatan karena ternyata terkandung beragam nutrisi di dalamnya.

Melansir Health Benefits Times pada Senin (26/12) petai mengandung zat besi, vitamin C, protein, vitamin B2, dan karbohidrat. Bahkan, kalori dari petai hanya 124 kilokalori. 

Berikut 8 manfaat petai yang baik bagi tubuh, melansir Health Benefits Times dan Jewel Pie.

1. Mengatasi Depresi

Menurut penelitian MIND, banyak orang yang menderita gangguan depresi merasa lebih baik setelah makan petai. Hal itu disebabkan oleh zat triptofan yang terkandung di dalamnya.

Triptofan merupakan sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang dapat membuat Anda rileks, meningkatkan suasana hati, dan dapat membuat Anda merasa lebih nyaman.

 2. Mengendalikan Tekanan Darah

100 gram petai mengandung 224 mg potasium. Potasium berguna dalam kontraksi otot dan trasmisi saraf sekaligus berguna untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dr KW Ng dari Institute for Medical Research, Kuala Lumpur, menyarankan agar makan petai dan kacang-kacangan seperti kacang panjang karena mengandung proporsi asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Mengobati Sembelit

Serat yang terkandung pada petai, dapat membantu memulihkan aktivitas usus normal, membantu mengatasi sembelit tanpa menggunakan obat pencahar kimia. Artinya petai bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi sembelit. 

3 dari 4 halaman

5. Menyembuhkan Mabuk

Anda dapat mengonsumsi petai untuk mengatasi mabuk. Caranya, dengan cara membuat minuman kocok dari petai, madu, dan susu.

Mengapa harus seperti ini? Sebab, campuran tersebut dapat dengan mudah meningkatkan kadar glukosa darah dan menenangkan perut, sekaligus memperbaiki kadar cairan dalam tubuh Anda.

6. Membantu Berhenti Merokok

Tahukah Anda, petai dapat membantu seseorang untuk berhenti merokok. Petai dapat dijadikan alternatif yang lebih murah untuk menggantikan nikotin patch.

Vitamin B6 dan B12 yang terkandung dalam petai, bersama dengan potasium dan magnesium yang ada di dalamnya, membantu tubuh Anda mengatasi pengurangan nikotin.

4 dari 4 halaman

7. Memperbaiki Pencernaan

Petai menagndung serat, serat berguna membantu pencernaan makanan. Bagi siapa saja yang sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, mengonsumsi petai dapat membantu mengurangi sembelit. Petai memiliki efek antasida alami dalam tubuh. 

8. Menyehatkan Mata

Petai mengandung vitamin A cukup tinggi yaitu 200 IU per 100 mg. Seperti diketahui, vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan kornea mata. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.