Sukses

Ingin Tampak Muda, Yuk Rutin Konsumsi 4 Sayur Ini!

Makanlah sayur-sayuran ini secara teratur untuk menjaga kulit kamu tampak muda.

Liputan6.com, Jakarta - Penuaan mungkin tidak bisa dihindari, tetapi ada cara untuk membantu kulit kamu terlihat muda dengan nutrisi yang tepat.

Faktanya, kulit kita adalah organ yang terus beregenerasi dan menumbuhkan sel-sel baru. Dengan pilihan nutrisi yang sehat, kamu sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan kulit kamu dari waktu ke waktu.

Meningkatkan kualitas kulit kita dimulai dengan pilihan gaya hidup sehat seperti tidur yang cukup, mengurangi alkohol, makan banyak buah dan sayur, serta berolahraga secara teratur.

Namun, nutrisi sendiri memainkan peran besar dalam kesehatan kulit. Beberapa nutrisi terbaik untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah penuaan adalah vitamin C, vitamin A, zinc, dan antioksidan.

Mengutip Eat This Not That, Kamis (22/12/2022), berikut empat sayuran yang mampu pemperlambat penuaan kulit:

1. Paprika

Paprika kaya akan vitamin A dan C. Salah satu sumber vitamin C terkaya, paprika merah mengandung hampir 170 persen dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. 

Mendapatkan vitamin C yang cukup membantu produksi kolagen, komponen untuk membangun lapisan kulit baru yang sehat. Kamu bisa potong-potong paprika merah ini untuk camilan dengan dipping sauce kesukaanmu.

2. Brokoli

Jeruk terkenal karena kandungan vitamin C-nya, tapi setengah cangkir brokoli sebenarnya mengandung lebih banyak daripada buah jeruk. Brokoli juga merupakan sumber zinc dan lutein, yang keduanya berkontribusi pada kulit yang lebih sehat.

Zinc adalah antioksidan yang membantu kulit kita sembuh dari cedera, termasuk kerusakan akibat sinar matahari. Lutein adalah sejenis karotenoid seperti vitamin A yang membantu meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tomat

3. Tomat

Tomat adalah sumber nutrisi alami, dengan vitamin C dan likopen sebagai nutrisi paling padat dalam tomat. Apakah Anda membelinya dalam bentuk kalengan atau segar, tomat adalah sumber vitamin.

Baik kamu membelinya dalam bentuk kalengan atau secara langsung, tomat tetap menjadi sumber vitamin yang meningkatkan kualitas kulit.

Tomat segar memiliki lebih banyak vitamin C daripada yang dimasak, tetapi tomat yang dimasak sebenarnya melepaskan lebih banyak likopen, yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan kulit lainnya.

Likopen adalah antioksidan yang membantu membatalkan kerusakan kulit dan dapat menghaluskan perubahan tekstur kulit dari waktu ke waktu.

 

3 dari 4 halaman

Kol Ungu

4. Kol Ungu

Sayuran yang semarak ini penuh dengan antioksidan dan vitamin untuk kesehatan kulit. Kol ungu mengandung Vitamin A, C, dan antosianin, merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit setelah kerusakan akibat sinar UV dari matahari.

Secangkir kol ungu mengandung lebih dari 50 persen asupan harian vitamin C yang direkomendasikan. Tanpa vitamin C yang cukup, produksi kolagen akan menurun dalam tubuh.

Kolagen bertanggung jawab atas faktor elastisitas kulit kita yang membuat kulit kita tampak kenyal dan dapat berkontribusi pada tampilan yang lebih muda.

Fakta menariknya, memasak sayuran hangat seperti kol ungu akan membuat ukurannya menyusut hampir setengahnya. Satu cangkir porsi kubis yang layu menjadi hanya setengah cangkir porsi setelah dimasak.

4 dari 4 halaman

Pengin Awet Muda, Yuk Rutin Konsumsi 6 Buah Ini

Tak hanya sayuran, buah-buahan pun bisa kamu konsumsi untuk memperlambat penuaan pada kulit. Menurut ahli nutrisi dan pendiri Dietitian Doc, Annelie Vogt von Heselholt, RD, kekuatan buah terletak pada antioksidannya, yakni molekul yang menetralisir radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

Tetapi karena tidak semua buah memiliki jenis antioksidan yang sama, penting untuk memiliki variasi dalam diet kamu. 

Untuk mengetahui buah mana yang berada di daftar teratas dalam hal mengurangi peradangan dan memperlambat penuaan, berikut beberapa pilihan yang disetujui para ahli.

1. Blueberry

2. Jeruk Bali

3. Stroberi

4. Delima

5. Raspberry

6. Buah Ceri

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.