Sukses

5 Daftar Kemenangan Kontroversial Acara Musik dari Idol KPop

Setiap idola KPop akan membawakan lagu, konsep dan koreografi terbaik dalam setiap penampilan yang mereka lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Sekarang ini industri KPop makin meluas dan tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Akibatnya tuntutan untuk menjadi seorang idol KPop yang nantinya akan mendapatkan perhatian yang banyak dari para penggemar menjadi lebih sulit.

Hal tersebut karena persaingan yang terjadi antara idol satu dengan lainnya menjadi lebih ketat.

Setiap idola KPop akan membawakan lagu, konsep dan koreografi terbaik dalam setiap penampilan yang mereka lakukan.

Kemenangan dalam sebuah penghargaan, tangga lagu dan acara musik menjadi hal yang penting karena dapat mengukur kehebatan dan kesuksesan suatu idol dalam mempertahankan eksistensinya dan membuktikan bahwa karya mereka memang banyak diminati.

Setiap grup KPop atau solois bermimpi untuk menang di acara musik Korea, yang merupakan indikator pertama bahwa seorang artis menjadi sukses di dunia musik.

Banyak juga terdapat para idol KPop yang telah membawa pulang beberapa piala dengan lagu-lagu hit mereka di masa lalu, yang sebagian besar merupakan momen emosional, terutama kemenangan acara musik pertama para artis.

Namun, ada beberapa kasus ketika stasiun penyiaran yang mengadakan acara musik salah menghitung atau diduga memanipulasi skor dan memberikan piala kepada artis yang salah yang mengakibatkan kontroversi didalamnya.

Mengutip laman Kpop Starz, Rabu (14/12/2022) berikut lima daftar kemenangan kontroversial acara musik dari artis KPop:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. LE SSERAFIM dan Lim Young Woong

Salah satu kemenangan acara musik kontroversial pada tahun 2022 ini adalah kemenangan LE SSERAFIM pada episode 13 Mei dari "Music Bank" KBS. Grup rookie ini menang melawan penyanyi trot Lim Young Woong meskipun Lim Young Woong mengungguli grup ini dalam hal kinerja digital dan penjualan album.

Skor paling "mencurigakan" yang menjadi fokus netizen adalah skor siaran: Lim Young Woong mendapatkan 0, sementara LE SSERAFIM mendapat 5.348 poin.

Faktanya, situasi ini menjadi sangat kontroversial sehingga seorang warga sipil mengajukan pengaduan ke polisi untuk menyelidiki skor yang mencurigakan. Polisi sejak itu telah merilis pembaruan tentang penyelidikan.

3 dari 6 halaman

2. Kep1er dan Nayeon (Twice)

Kemenangan acara musik terkenal lainnya dari girl grup rookie tahun ini adalah Kep1er melawan TWICE Nayeon pada siaran 1 Juli dari "Music Bank" KBS.

Netizen mengkritik sistem poin dari program musik tersebut, mempertanyakan poin yang diberikan kepada Nayeon untuk SNS, yang hanya 1 poin (dibandingkan dengan Kep1er yang memiliki 31 poin). ONCE menunjukkan bahwa Nayeon melakukannya dengan baik terkait pengaruh media sosial, khususnya di YouTube.

Selain itu, warganet mengungkapkan kecurigaannya bahwa anggota TWICE tersebut kalah dari girl grup rookie ketika dia memiliki poin yang lebih tinggi dalam hal kinerja digital dan penjualan fisik.

4 dari 6 halaman

3. BLACKPINK dan EXO-SC

Selain kasus tahun ini, ada juga kemenangan acara musik kontroversial di masa lalu. Misalnya, pada episode "Music Bank" 24 Juli 2020, "How You Like That" BLACKPINK menang melawan "1 Billion Views" (feat. MOON) EXO-SC.

Namun, ada kesalahan dalam menghitung poin para kandidat untuk tempat pertama. EX-SC awalnya mendapat 269 poin untuk skor siaran, tetapi "Music Bank" mengungkapkan bahwa itu sebenarnya 1.031 poin.

Akibatnya, EXO-SC berada di posisi pertama dan BLACKPINK berada di posisi kedua.

5 dari 6 halaman

4. Gfriend

Kemenangan GFRIEND di "Show Champion" adalah kemenangan acara musik lain yang memicu kontroversi pada tahun 2020. Pada tanggal 22 Juli, "Apple" GFRIEND menang melawan "How You Like That" BLACKPINK, "1 Billion Views" EXO-SC (feat. MOON), "Summer Hate" Zico (feat. Rain), dan "Maria" HWASA.

Grup ini dikatakan telah menerima "kemenangan yang disayangkan", mengingat lagu mereka "Apple" kurang sukses dibandingkan dengan nominasi lainnya.

6 dari 6 halaman

5. TWICE dan AOA

Kasus terakhir dalam daftar kami melibatkan TWICE dan AOA. Keduanya dinominasikan untuk tempat pertama pada episode 27 Mei 2016 dari "Music Bank" KBS.

"Good Luck" dari AOA menang atas "Cheer Up" dari TWICE. Namun kemenangan AOA menjadi subyek kontroversi, dengan banyak yang menganggap skor albumnya bermasalah.

Namun dua hari kemudian, stasiun penyiaran mengungkapkan bahwa ada kesalahan dalam menghitung skor, sehingga pada akhirnya, TWICE diumumkan sebagai pemenang akhir.

Tetapi, produser Shin Mi Jin dari KBS mengatakan bahwa mereka tidak akan mengambil piala dari AOA untuk diberikan kepada TWICE.

Sebaliknya, TWICE akan menerima piala baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.