Sukses

Pertama Kalinya, Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Cadangan bagi Timnas Portugal di Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo untuk pertama kalinya menjadi pemain cadangan di ajang Piala Dunia. Cristiano Ronaldo diketahui telah mengikuti turnamen sepak bola bergengsi ini sejak Piala Dunia 2006 dan tidak pernah absen di enam edisi Piala Dunia.  

Dalam laga Portugal melawan Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022, CR7 menjadi pemain cadangan. Padahal sebelumnya di setiap laga Piala Dunia yang diikuti, pria kelahiran 5 Februari 1985 ini selalu jadi pemain inti yang main dari awal pertandingan dimulai. 

Dilansir laman Foxsport.com, Rabu (7/12/2022),  Ronaldo menjadi pemain cadangan dan posisinya digantikan oleh Goncalo Ramos. Pemain berusia 21 itu berhasil membuka skor gol dalam 17 menit pertama. 

Meski duduk di jajaran pemain cadangan Portugal, wajah Ronaldo tampak semringah saat bek tengah yang berusia 39 tahun, Pepe, berhasil mencetak gol di menit ke-32. Skor ini sekaligus menggandakan poin Portugal atas Swiss. 

Gawang Swiss dijebol lagi oleh Goncalo Ramos di menit ke-50, disusul oleh Raphael Guerreiro yang mencetak gol di menit ke-54. Pada menit ke-66, untuk ketiga kalinya, Goncalo Ramos berhasil mencetak gol. 

Terakhir, pemain muda Portugal, Rafael Leao berhasil mencetak satu gol. Kemenangan Portugal atas Swiss ditutup dengan skor akhir 6-1. 

Meski saat bermain di 17 menit terakhir menggantikan Joao Felix, tapi  Ronaldo tampaknya tidak mengalami masalah serius dengan jajaran pemain dan sang pelatih, Fernando Santos. 

"Saya menyadari terkadang orang tidak senang, dan kami harus menghadapi ini," kata Santos kepada wartawan, usai pertandingan. 

Menurut Santos, menjadikan Ronaldo sebagai pemain cadangan saat melawan Swiss di Piala Dunia bukan suatu tindakan untuk menghukumnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Alasan CR7 Digantikan dengan Goncalo Ramos

Santos bersikeras mencadangkan Ronaldo melawan Swiss itu bagian dari strategi. Ronaldo merupakan pemain mewah saat ini dalam karier legendarisnya.

Di dalam kotak penalti, Ronaldo tetap menjadi finisher yang andal. Akan tetapi di luar itu, dia tidak akan melakukan pertahanan seperti yang dibutuhkan dari stiker modern. 

"Cristiano Ronaldo dia bertahan di satu area, sekarang bermain ke arah kotak, sedangkan Ramos memiliki karakteristik yang berbeda. Dia dinamis melihat peluang," kata Santos. 

3 dari 4 halaman

Ronaldo Kapten Penting

Ramos yang menunjukkan performa maksimalnya saat melawan Swiss, memungkinkan bahwa dia tidak akan kembali ke bangku cadangan. Meski begitu, belum dikonfirmasi bahwa Ronaldo akan menjadi pemain cadangan lagi.

"Cristiano Ronaldo sebagai kapten kami melakukan apa yang seharusnya dia lakukan, dia membantu kami, menyemangati saya dan rekan-rekan saya," kata Santos. 

Dia juga menambahkan bahwa Ronaldo adalah pemain yang sangat penting yang dimiliki tim. 

4 dari 4 halaman

Hasil Jajak Pendapat, 70 Persen Responden Ingin Ronaldo Jadi Cadangan

Baru-baru ini, terdapat polling jajak pendapat yang dilakukan oleh surat kabar Portugal, A Bola. Hasil dari jajak pendapat itu menunjukkan bahwa 70 persen responden menginginkan Ronaldo menjadi pemain cadangan. 

Akan tetapi, Ronaldo tidak sepenuhnya hanya berdiam sepanjang jalannya permainan dini hari tadi. Pada babak kedua dia mulai melakukan peregangan untuk ikut bermain di 17 menit terakhir.

Meski begitu dari awal pertandingan, Ronaldo menjadi sorotan dan daya tarik utama laga Piala Dunia ini. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS