Sukses

5 Fakta Tak Terduga Tentang Rambut Manusia, Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta - Setiap manusia pastinya memiliki rambut di tubuh mereka. Di kepala, wajah, anggota badan, dan di tempat-tempat tersembunyi juga merupakan bagian alami dari tubuh manusia.

Seiring berjalannya waktu seiring dengan evolusi kita, rambut telah bertransisi dari bagian penting dari kelangsungan hidup manusia dengan menjaga manusia agar tetap hangat dan menjadi alat yang kita gunakan untuk mengekspresikan kepribadian kita.

Apakah kalian pernah bertanya-tanya mengapa kita memilikinya, atau apa gunanya? Dan mengapa rambut harus mendapatkan suatu perawatan terbaik yang kadang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Banyak juga terdapat produk-produk perawatan tubuh yang berfokus pada rambut yang terdapat dalam berbagai macam bentuk.

Rambut juga menggambarkan kepribadian seseorang, kita bahkan dapat mengenali seseorang dan apa yang mereka sukai dengan melihat gaya rambut yang mereka gunakan.

Ada banyak gaya dan model rambut yang ada di dunia ini dan masing-masing memiliki evolusi dari waktu ke waktu. Untuk itu rambut juga dikenal sebagai "mahkota tubuh" karena memberikan banyak sekali pengaruh bagi manusia.

Ekstensi rambut pada tubuh kita ini lebih menarik daripada yang mungkin pernah kalian pikirkan. Ada banyak fakta-fakta yang mungkin saja belum kalian ketahui seputar rambut manusia.

Mengutip dari laman The Fact Site, Selasa (17/03/2022) berikut lima fakta tak terduga tentang rambut manusia:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Manusia Punya Lebih dari 100.000 Helai Rambut

Tahukah kalian bahwa rata-rata manusia dewasa memiliki lebih dari 100.000 helai rambut? Tidak hanya itu, kita juga memiliki hingga 150.000 folikel rambut hanya di kepala kita dan sekitar 5 juta di seluruh tubuh kita.

Seseorang terlahir dengan jumlah folikel rambut yang pasti di tubuh mereka dan tidak bertambah banyak seiring bertambahnya usia. Jumlah folikel yang kalian miliki bersifat turun-temurun dan dapat bervariasi tergantung pada warna rambut kalian.

Orang dengan rambut pirang alami cenderung memiliki lebih banyak folikel, dengan perkiraan 150.000 helai rambut di kepala mereka, sementara orang yang lahir dengan rambut hitam cenderung hanya memiliki sekitar 90.000 folikel.

Ada hal-hal lain yang dapat memengaruhi jumlah rambut yang kalian miliki di tubuh kalian, tetapi sebagian besar ini adalah karena campur tangan manusia.

Hal ini bisa dalam bentuk pencabutan rambut, minum obat tertentu untuk penyakit seperti kanker atau bahkan melalui stres.

3 dari 6 halaman

2. Informasi Dapat disimpan di Rambut

Sekarang kalian mungkin berpikir ini terdengar gila, rambut kita tidak memiliki hard drive atau "awan" untuk menyimpan sesuatu, jadi bagaimana ini bisa benar?

Saat rambut kita tumbuh, rambut kita membawa susunan biologis kita bersamanya. Misalnya ketika kuku kita tumbuh dan kita melihat tanda putih, itu adalah indikasi kurangnya nutrisi atau vitamin dalam tubuh pada saat bagian kuku itu terbentuk.

Hal ini telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai cara untuk melihat apakah seseorang kekurangan gizi atau kekurangan sesuatu dalam diet mereka.

Namun pada rambut, perubahan-perubahan ini tidak terlihat secara kasat mata, tetapi ada metode pengujian yang memungkinkan kita untuk melihat perubahan yang terjadi pada sehelai rambut ketika rambut itu tumbuh.

Kita dapat melihat dari sampel rambut jika obat-obatan tertentu dikonsumsi, jika ada kekurangan vitamin dan nutrisi pada suatu titik waktu dalam diet seseorang.

Berikut adalah tahapan bagaimana rambut kita menyimpan informasi tentang apa yang telah kita konsumsi. Ketika kita mengkonsumsi sesuatu yang dipecah menjadi partikel-partikel, elemen-elemen tertentu masuk ke dalam aliran darah.

Ketika partikel-partikel tersebut bergerak di sekitar tubuh kita, mereka dapat disimpan ke dalam folikel rambut yang sedang tumbuh.

Partikel-partikel kimiawi tetap berada di tempat mereka disimpan dalam folikel dan saat helai rambut mulai tumbuh, partikel-partikel tersebut disimpan ke dalam korteks helai rambut itu sendiri.

Begitu rambut mulai tumbuh ke atas dan keluar dari tubuh, rambut membawa partikel kimiawi ini bersamanya, karena partikel-partikel ini adalah bagian dari helai rambut ketika terbentuk. Partikel-partikel kimiawi ini tetap menjadi bagian dari helai rambut itu selamanya.

4 dari 6 halaman

3. Rambut Manusia Bersifat Elastis dan Kuat

Meskipun rambut manusia tidak sekuat baja, namun rambut manusia begitu kuat sehingga bisa menahan beban lebih berat daripada sepotong kawat tembaga yang panjang dan lebarnya sama dengan sehelai rambut.

Dikatakan bahwa seluruh rambut kepala yang digabungkan dapat menopang berat sekitar 12.345 hingga 18.518 pound (5.600 hingga 8.400 kilogram), atau setara dengan berat dua ekor gajah. Berat rata-rata yang dapat ditahan oleh sehelai rambut manusia adalah 3 ons (85 gram).

Rambut manusia juga sangat elastis. Kalian mungkin telah memperhatikan hal ini jika kalian memiliki rambut keriting, kalian dapat meregangkannya hingga menjadi lurus, tetapi rambut semua orang meregang pada titik tertentu.

Rambut kering dapat meregang sampai tiga kali panjang aslinya dan memiliki kemampuan untuk kembali ke panjang normalnya. Ketika rambut kita basah, rambut kita bisa meregang lebih banyak lagi dan kadang-kadang sampai 1,5 kali panjangnya dari rambut biasa.

5 dari 6 halaman

4. Siklus Pertumbuhan Folikel Rambut

Langkah pertama adalah pertumbuhan rambut. Sekitar 85 hingga 90 persen folikel rambut akan berada dalam tahap pertumbuhan pada saat yang sama.

Setelah rambut tumbuh sepenuhnya, rambut memasuki tahap transisi. Di sinilah rambut berhenti tumbuh tetapi tetap berada dalam folikel sampai siap untuk rontok. Sehelai rambut bisa memiliki masa hidup rata-rata sekitar 5 tahun sebelum rontok.

Meskipun jumlah folikel tetap sama sepanjang hidup di sepanjang hidup kalian, namun seiring dengan bertambahnya usia, rambut kalian secara alami mengalami rontok.

Ini berarti kalian secara fisik akan memiliki lebih sedikit rambut di kepala atau tubuh kalian, tetapi folikelnya masih ada. Ini karena siklus pertumbuhan folikel memiliki tahap istirahat. Di sinilah folikel akan merontokkan rambut.

Jika ada gangguan pada siklus ini dapat menyebabkan tubuh merontokkan lebih banyak rambut daripada yang diproduksi dan dapat menyebabkan penipisan. Rata-rata orang kehilangan antara 50-100 helai rambut setiap hari.

6 dari 6 halaman

5. Suhu bisa Memengaruhi Pertumbuhan Rambut

Ada mitos bahwa iklim yang lebih hangat membuat rambut kalian tumbuh lebih cepat. Dalam beberapa penelitian telah terbukti bahwa hal ini bisa terjadi, tetapi tidak ada cukup bukti kuat untuk menjadikannya fakta karena ada banyak variabel yang perlu dipertimbangkan.

Namun kami tahu bahwa di iklim yang lebih dingin, rambut kalian dapat terpengaruh oleh hal itu. Udara dingin dapat membuat rambut kalian kering karena kurangnya kelembaban di udara. Hal ini dapat menyebabkan rambut bercabang karena rambut menjadi rapuh.

Di iklim dingin kita akan merasa merinding atau menggigil yang terjadi ketika otot-otot di sekitar folikel rambut mengencang untuk membuat rambut berdiri.

Tubuh kita melakukan hal ini ketika kita kedinginan sehingga udara hangat dapat terperangkap di antara rambut, menciptakan kehangatan. Hal ini dikenal sebagai piloerection.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS