Sukses

4 Tips Membuat Wajah Terlihat Lebih Simetris Tanpa Operasi

Liputan6.com, Jakarta Memperbaiki wajah yang tidak simetris mungkin terdengar mustahil tanpa menjalani operasi. Namun, pada kenyataannya ada cara yang lebih mudah dilakukan untuk mengatasinya.

Walaupun butuh waktu yang lama, namun cara ini kemungkinan besar tidak akan menimbulkan efek samping yang parah. Sebelum membahas beberapa tipsnya, perlu diketahui bahwa wajah yang tidak simetris adalah 100 persen normal. Setiap orang memiliki beberapa tingkat asimetris di wajah mereka.

Dilansir melalui Collins Dentistry & Aesthetics, pada Rabu (30/11/2022), wajah asimetris adalah bentuk wajah seseorang yang tidak sejajar dan memiliki perbedaan ukuran pada mata, telinga, gigi, dan lain sebagainya.

Ketika kalian melihat wajah seseorang yang simetris, itu berarti bahwa orang tersebut memiliki kualitas yang sama persis di kedua sisinya. Penelitian juga menemukan bahwa kesimetrisan wajah seseorang dapat memengaruhi seberapa menarik penampilan mereka bagi orang lain. Meskipun sebagian besar wajah asimetris bersifat genetik, namun ada berbagai faktor lainnya yang dapat menyebabkan wajah tidak simetris, berikut di antaranya:

Sering Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari memang berdampak baik bagi kulit apalagi ketika di pagi hari, tetapi sinar UV yang berlebihan sangat berbahaya sehingga dapat membakar melanin di kulit, mengurangi elastisitas, dan mempercepat penuaaan dini.

Kebiasaan Gaya Hidup

Bentuk wajah asimetris bisa dipengaruhi dari gaya hidup seseorang. Misalnya, kebiasaan buruk merokok dapat membuat wajah secara langsung terpapar oleh racun dan menyebabkan masalah pembuluh darah. Selain itu, kebiasaan tidur tengkurap dan terlalu sering menyandarkan pipi ke tangan juga bisa membuat wajah kalian tidak simetris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Memperbaiki Wajah Asimetris?

Ada berbagai cara untuk memperbaiki wajah asimetris, tetapi sebagian besar melibatkan perawatan invasif bahkan operasi yang menyakitkan. Faktanya, ada satu cara untuk memperbaiki wajah asimetris secara alami tanpa membutuhkan dana dan tidak menyakitkan, yakni dengan melakukan senam wajah.

Senam wajah berupa Face Yoga, terdiri dari gerakan berulang dan ekspresi berlebihan untuk mengaktifkan dan membangun otot. Anggap saja, hal ini sebagai latihan ketahanan untuk wajah.

Pertama, senam wajah berfungsi sebagai latihan kekuatan wajah kita. Dengan memperkuat otot dasar rahang, pipi, dagu, dan sebagainya, hal ini dapat meningkatkan otot lebih kencang.

Otot-otot yang semakin kencang ini dapat mencegah serta memperbaiki kulit yang kendur. Mengapa demikian? Karena kulit yang kendur dan tidak rata muncul melalui pemecahan timbunan lemak antara otot dan kulit.

Kedua, senam wajah membantu merangsang produksi kolagen alami tubuh kita. Sebagai protein paling banyak di tubuh kita, kolagen bertanggung jawab atas elastisitas kulit. Semakin banyak kolagen yang dihasilkan, maka semakin kencang kulit kita dan semakin sedikit kerutan di wajah.

3 dari 4 halaman

4 Latihan Senam Wajah untuk Wajah Asimetris

1. Mengecangkan Pipi

Wajah asimetris dapat membuat satu sisi pipi lebih kecil dari sisi lainnya. Ketidakseimbangan seperti itu sangat mudah dilihat orang lain. Oleh karena itu, dengan latihan mengencangkan pipi maka dapat memperbaiki keselarasan pipi sehingga bsia membuat senyum menjadi simetris.

Caranya dengan tekan pipi bagian atas dengan tiga jari dari masing-masing tangan. Kemudian, gunakan jari untuk mendorong otot ke arah rahang sambil tersenyum. Tahan tekanan tersebut dalam beberapa detik untuk memanipulasi jaringan pipi. Perlu diperhatikan, jangan gerakkan kepala selama melakukan senam wajah ini.

2. Setengah Kedipan Mata

Latihan senam yoga ini dapat membantu melatih jaringan halus di sekitar mata bagian bawah dan pipi bagian atas. Kalian bisa melakukannya dengan menahan setengah kedipan dengan satu mata. Kemudian, dorong jari kalian ke dalam kulit pelipis dan tarik sedikit kulit ke belakang. Hal ini bisa kalian coba sebanyak 20 kali pada setiap mata.

4 dari 4 halaman

3. Peregahan Wajah

Kalian bisa mencobanya dengan cara melihat ke atas dan menutup gigi dengan bibir. Memang sedikit terasa tidak nyaman, karena kalian sedang mengaktifkan otot yang biasanya tidak aktif. Dengan gigi tertutup, kalian tetap harus tersenyum selebar mungkin untuk menciptakan perlawanan di sekitar mulut.

4. Menggembungkan Pipi

Pose latihan seperti ini biasa dinamakan check puffer. Mirip dengan pose mengencangkan pipi, namun perbedaannya, kalian harus melakukan dengan menarik napas dalam-dalam dan menahan udara di pipi selama 5 detik.

Pose ini dapat membantu memperkuat otot pipi dan mencegah rahang yang tidak seimbang. Perlu diingat kembali, seperti halnya rutinitas kesehatan dan kebugaran apapun, konsistensi adalah kuncinya.

Empat latihan wajah di atas sangat cocok untuk pemula, namun untuk manfaat yang lebih signifikan, kalian harus mengikuti serangkaian program yang disesuaikan dengan wajah dan peningkatan yang kalian targetkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS